Ingin Hemat? Yuk Belajar Atur Keuangan Sekarang Juga

Ilustrasi pengaturan keuangan bulanan. Foto is taken from car

SEBAGAI orang yang mencari nafkah, kita tentunya memiliki berbagai impian dan rencana yang ingin diwujudkan dari uang hasil jerih payah tersebut

Rencana tersebut misalnya membeli rumah, liburan, memiliki mobil, menabung untuk kuliah dan masa depan anak, menghimpun dana pensiun, dan banyak lagi hal yang dicita-citakan.

Untuk dapat mewujudkan semua cita-cita tersebut, tentu saja perlu mengatur keuangan dengan baik. Sehingga, meskipun gaji kecil namun dengan pengaturan uang yang cermat, cita-cita bisa terwujud.

Adapun cara untuk mengatur keuangan dengan baik dan berhemat diantaranya adalah sebagai berikut.

Rencana Belanja Bulanan Itu Penting!

Seringkali, awal pemborosan terjadi saat kita melakukan belanja bulanan. Belanja bulanan yang seharusnya hanya membeli apa yang dibutuhkan, kadang merembet dengan membeli banyak hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan atau bahkan sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali.

Hanya karena bentuknya lucu atau karena sedang ada diskon, kita jadi tertarik untuk membelinya. Hal ini dapat ditekan dengan menyusun rencana belanja tiap bulan dengan rapi dan detail.

Jangan sampai hasrat belanja menguasai Anda dan membuat Anda membeli barang yang tidak penting. Buat list secara tertulis mengenai apa saja yang kita butuhkan atau ingin dibeli.

Barang-barang yang utama adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti deterjen, sabun mandi, bahan makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Beri kisaran pengeluaran yang akan diluarkan dalam list tersebut dan jumlahkan.

Kita akan tahu berapa uang yang harus disisihkan untuk belanja bulanan. Menulis anggaran belanja dan list belanja dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk menekan pengeluaran yang membengkak saat berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Tips yang mudah adalah dengan membuat rencana anggaran belanja bulanan dengan membagi kebutuhan menjadi dua, yaitu kebutuhan yang sangat penting yaitu kebutuhan primer, dan kebutuhan yang dapat disisihkan, atau kebutuhan sekunder maupun tersier. Dengan demikian, dapat ditentukan skala prioritas dan menekan belanja yang tidak perlu untuk ditabung.

Pilih Cicilan Rumah yang Sesuai

Jika berniat membeli rumah, akan sangat baik jika membeli rumah dengan sistem KPR. Ini karena rumah dengan sistem KPR memungkinkan kita untuk memiliki rumah sesegera mungkin.

Namun, kadang membeli rumah dengan cara KPR juga menimbulkan masalah keuangan dan membuat kesulitan untuk membuat keuangan stabil. Hal ini dapat terjadi jika gaji yang tidak terlalu besar sementara cicilan rumah yang cukup tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dipikirkan dengan baik rumah seperti apa yang dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan keuangan. Jika belum menikah, Anda dapat menyewakan salah satu kamar di rumah pada teman agar dapat memiliki penghasilan tambahan.

Jika memang penghasilan belum mencukupi, jangan paksakan diri membeli rumah. Pilihlah rumah kos atau mengontrak terlebih dahulu. Hal ini karena Anda tidak hanya membutuhkan uang untuk cicilan rumah saja, ada banyak hal lain yang perlu kita persiapkan, terutama dana darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Barang Second ? Siapa Takut!

Salah satu metode menghemat adalah dengan membeli barang second atau bekas pakai. Ada banyak barang second yang masih layak digunakan dengan harga yang jauh lebih murah.

Barang second yang dapat digunakan misalnya barang-barang elektronik seperti TV, refrigerator, dan sebagainya. Dengan demikian, kita dapat jauh berhemat dibandingkan dengan membeli baru.

Tidak semua barang bekas adalah barang yang sudah usang atau ketinggalan zaman. Ada banyak orang yang menawarkan barang bekas dalam kondisi nyaris baru. Misalnya saja karena penjualnya sudah bosan dengan barang tersebut atau tidak ingin menggunakan barang tersebut karena sudah memiliki barang yang lebih bagus.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita yang membutuhkan barang tersebut. Harganya yang jauh lebih murah membuat kita dapat lebih berhemat.

Pakai Kartu Kredit? Kontrol Hasrat Belanja Anda

Ada banyak jenis pinjaman uang, salah satunya adalah dengan menggunakan kartu kredit. Ya, kartu kredit adalah salah satu cara Anda untuk meminjam uang. Sehingga Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya. Uang yang Anda gunakan dalam kartu kredit adalah uang pinjaman bank, Anda akan membayarnya pada akhir bulan nanti saat jatuh tempo.

Jika Anda tidak bijak dalam menggunakannya, Anda akan kewalahan pada saat Anda jatuh tempo. Anda bisa menggunakan kartu kredit jika Anda sangat ingin membeli sesuatu yang sangat dibutuhkan, namun belum memiliki cukup uang.

Dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat melakukan pinjaman uang sementara untuk membeli kebutuhan Anda. Selain kartu kredit, ada juga sistem leasing dan sistem pinjaman lainnya yang dapat Anda gunakan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda dapat memilih sesuai dengan kemampuan.

Yuk Jalan Kaki

Menaiki kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan pemborosan. Terutama jika Anda hanya perlu pergi ke tempat yang dekat. Lebih baik berjalan kaki untuk menghemat bahan bakar kendaraan atau uang angkutan umum.

Selain menghemat biaya, Anda juga akan lebih sehat dengan banyak melakukan aktivitas fisik. Sambil menyelam minum air. Anda dapat berhemat sambil menjaga kesehatan Anda. Menarik bukan?

Masak Sendiri Itu Asyik!

Makan di luar akan membuat pengeluaran kita membengkak. Mari kita biasakan diri kita untuk masak sendiri dan membawa bekal. Hal ini akan membuat kita jauh berhemat dibandingkan dengan makan di luar.

Sekali makan, kita bisa mengeluarkan biaya puluhan bahkan ratusan ribu. Dengan masak sendiri di rumah, Anda dapat jauh lebih hemat. Anda juga dapat sekaligus mengasah kemampuan memasak Anda.

Walaupun sedikit merepotkan, namun, Anda dapat merasakan penghematan yang luar biasa dengan sering memakan makanan rumah dan mengurangi makan di luar. Jangan khawatir, Anda tetap dapat makan di restoran jika mau, tetapi, kurangi intensitasnya. Misalnya sebulan sekali.

Keuangan merupakan hal yang harus diatur dengan baik. Hal ini karena keuangan merupakan salah satu hal penting yang berkaitan dengan jalannya kehidupan kita. Pengaturan keuangan tidak hanya penting dilakukan di perusahaan besar saja.

Pengaturan keuangan yang baik juga perlu dilakukan terhadap penghasilan kita apalagi jika kita sudah membangun rumah tangga. Memiliki pengaturan keuangan yang baik akan membantu Anda mengetahui seberapa pengeluaran yang harus Anda keluarkan agar keuangan Anda tidak minus.

Seberapa besar pun gaji kita, jika kita tidak mampu mengatur dengan baik, kita akan selalu kekurangan. Orang yang memiliki gaji kecil, bahkan bisa menyisihkan uang nya untuk menabung jika mereka memiliki pengelolaan uang yang baik. Oleh sebab itu, pengaturan keuangan yang baik sangat penting untuk dilakukan. (*)