• Home »
  • Kuliner »
  • Buka Puasa Ramadan di Harris Hotel Batam, Ini loh Sederet Menu Favorit Kami

Buka Puasa Ramadan di Harris Hotel Batam, Ini loh Sederet Menu Favorit Kami

My little family bersantap buka puasa Ramadan di Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

SELASA (22/5/2018) atau tepatnya di Ramadan hari ke – 6, saya mendapat undangan untuk menikmati buka puasa bersama di Harris Hotel Batam Centre bersama tiga blogger lainnya dan keluarga mereka.

Ada Mas Danan dan Kak Rina serta Mbak Dian and her little family. Saya datang bersama my little family juga.

Tempat buka puasanya berada di restoran lantai dasar, tepat di belakang meja resepsionis.

Karena Ramadan, dekorasi hotel disilap dengan nuansa Ramadan sesuai dengan tema yang diangkat yakni Jalur Mudik Ramadan.

Meja resepsionis Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Begitu masuk ke lobi, di sisi kanannya, tampak gapura besar dan tinggi bertulisan Ramadan. Di pintu restoran terdapat banyak stall – stall makanan yang bernuansa kampung, tepatnya disebut gerobak makanan.

Isinya ada banyak, di antaranya gerobak mi lendir (mi ini enak bangets, kaldunya begitu terasa. Makan semangkuk pengin nambah, tapi gak jadi, hahaha), empek-empek, martabak telur, gorengan, dan aneka es khas nusantara serta bubur dan kolak.

Dekorasi Ramadan ala Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Di dalam restoran, tersaji makanan yang sangat banyak. Mulai dari takjil dan makanan pembuka berupa kurma dan kue-kue manis tradisional. Ada pula aneka cake dan donat yang disajikan dengan gaya yang ciamik.

Tidak ketinggalan menu utama berupa nasi dengan lauk ayam begana, daging lada hitam, tahu dan tempe, ikan, sayur capcay, dan soto betawi. Melengkapi hidangan menu utama, ada stall khusus lalapan lengkap dengan aneka sambalnya.

Sebagai menu penutup, tersedia aneka cake, buah potong, rujak, asinan bandung, dan ice cream. Untuk minuman, ada aneka jus, teh obeng, dan minuman panas, plus jamu.

Lihat videonya di sini ya!

Favorit Kami

1. Mi Lendir

Stall Mi Lendir di Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Menu pertama yang paling nyentak di lidah dan susah dilupakan adalah mi lendir. Mi ini merupakan masakan tradisional Melayu.

Bedanya, mi yang disajikan di sini sudah dimodifikasi dari sajian aslinya karena dilengkapi dengan aneka sayur, termasuk toge dan sawi, serta tambahan seafood olahan. Yang membuatnya terasa sangat nikmat adalah kaldunya yang susah dilupakan.

Saking nikmatnya, pengin nambah semangkuk lagi, tapi gak jadi karena sudah full perut rasanya. Menu ini juga menjadi favorit teman-teman blogger yang lainnya loh!

2. Empek-empek

Kalau makanan yang satu ini bertekstur lembut dan sedikit kenyal. Ikannya begitu terasa. Lagi, yang membuatnya sempurna di lidah adalah kuah cuka atau cukonya dengan rasa pedas dan manis yang pas.

Selain empek-empek, stall ini juga dilengkapi dengan saudaranya yakni tekwan.

3. Daging dan Ayam

Menu utama menjadi favorit my duo crucils. Azka and Kenzie begitu menikmati makan malam mereka berupa nasi putih dengan lauk daging lada hitam dan ayam begana.

Selain rasanya yang disukai mereka, teksturnya juga lembut. Jadi duo crucils tidak kesulitan mengunyahnya.

3. Lupis Legit dan Rujak

Stall rujak dan asinan di Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Untuk makanan penutup, favorit saya adalah lupis dan rujak. Keduanya punya rasa yang manisnya pas.

Untuk lupis, teksturnya lembut dan kenyal ditambah kuah gula merahnya yang kental. Sepertinya kuahnya tidak hanya pakai gula merah tetapi dicampur madu. Bentuknya tidak seperti lupis umumnya yang segi tiga, lupis di sini persegi empat. Untuk lupis dan empek-empek, ehmmm teman-teman blogger lainnya juga sangat suka!

Lupis yang legit dan risoles di Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Demikian juga dengan rujaknya. Bumbunya kental dengan rasa pedas dan manis yang pas.

Untuk duo crucils, mereka sih sukanya cake yang manis-manis plus ice cream. Ada bolu gulung, tart, donat, dan banyak lagi. Ada gulali juga loh, dibikin sendiri dengan bantuan staf restoran.

Stall aneka cake di Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Tiga menu di atas memang menjadi favorit kami, tapi bukan berarti menu-menu yang lain gak nyammi ya…. Karena keterbatasan kapasitas lambung dan banyaknya makanan yang disajikan, kami tak bisa mencicipinya satu per satu.

Nah, satu lagi nih yang seru ya, di sini banyak stall yang makanannya kudu diracik sendiri oleh tamu.

Kata Mbak Dila Bachmid selaku Cluster Marketing Communications Manager, pihaknya sengaja membuat begitu agar lebih seru dan makanan yang dipilih sesuai dengan keinginan tamu sendiri.

Bersama teman-teman blogger dan Mbak Dila (baju putih) saat santap buka puasa Ramadan di Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Selain itu, khusus untuk anak-anak, juga memberikan edukasi bagaimana menyajikan makanan, walaupun bentuknya sederhana, seperti membuat gulali, meramu es campur, dan lainnya.

“Dengan Cara begini, kami juga jadi tahu bahan makanan mana yang paling disukai tamu dan kurang disukai tamu,”katanya seraya menemani kami bersantab.

Tempat Sholat yang Ciamik

Harris Batam Centre memang tidak memiliki musholah khusus, namun selama Ramadan mereka menyiapkan tempat sholat di depan ball room, tidak begitu jauh dari restoran.

Musholah pria di Harris Hotel Batam Centre. Foto by menixnews.com

Tempatnya bersih dan adem. Untuk Pria dan Wanita dipisah. Yang paling saya suka adalah tempat sholat prianya karena dinding sebelah kirinya punya dekorasi yang ciamik, cocok untuk futu-futu bagi penggemar selfie dan wefie atau groupie.

Paket Ramadan

Untuk menikmati buka puasa Ramadan di hotel ini, pastinya tidak sulit. Cukup reservasi atau datang langsung juga bisa dan membayar sebesar Rp 148 ribu nett per orang dewasa. Untuk anak-anak usia 3-12 tahun, bayarnya 50 persen.

Untuk reservasi atau datang langsung ke sini ya !  (sri murni)

HARRIS Hotel Batam Center

Jl. Engku Putri, Batam Center, Batam – Indonesia | 0778 – 7498888

Baca juga review saya tentang Harris Resort Waterfront Marina Batam

Nikmatnya Berbuka Puasa Ditemani Sunset yang Indah di Harris Resort Batam

WOW SURPRISE! Nginap Semalam di Family Room Harris Resort Waterfront Batam Plus Berenang Ria Bikin Keluarga Bahagia

Inilah Tiga Resort di Batam yang Paling Asyik untuk Keluarga dan Kids Friendly