• Home »
  • Bisnis »
  • 3 Cara Paling Gampang Merawat Kamera Smartphone agar Tetap Berkualitas untuk Traveling

3 Cara Paling Gampang Merawat Kamera Smartphone agar Tetap Berkualitas untuk Traveling

OPPO F7. Foto by oppo

ZAMAN Now, siapa ya yang tidak megang smartphone? Ehmmmm mungkin hanya aki-aki dan nenek-nenek aja kali ya! Bahkan sekarang tidak sedikit lansia yang pada pegang smartphone, ya kan?

Ngomongi soal smartphone,  berdasarkan hasil reset dari Lembaga Riset Digital Marketing Emarketer, diperkirakan pada 2018 ini, dari 250 juta penduduk Indonesia, sekitar 100 juta lebih merupaka pengguna aktif smartphone (kominfo.go.id).

Terbayang kan banyaknya pengguna telepon genggam pintar di negeri kita ini.

Nah, dari sekian banyak pengguna aktif smartphone, rata-rata setiap satu orang pasti punya minimal satu unit smartphone bahkan banyak yang punya lebih.

Biasanya yang punya lebih dari satu itu adalah orang yang memisahkan antara HP bisnis atau kerjaan dengan kepentingan pribadi atau keluarga.

Kamu sendiri, bagaimana? Pastinya punya satu kan ya, walaupun masih berstatus kredit. (hehehe)

Kebutuhan akan smartphone pada saat ini tidak hanya sekadar untuk komunikasi, melainkan lebih dari itu, sudah menjadi bagian dari gaya hidup atau lifestyle dan sebagai sarana untuk menjaga eksistensi diri di dunia maya.

Kepintaran perangkat smartphone, juga semakin luas dengan penambahan teknologi dan fitur di sana-sini.

Kepintarannya memang berbanding lurus dengan kemampuan pengguna untuk memaksimalkan kinerja si smartphone itu sendiri.

Untuk urusan bisnis, sudah tentu diperlukan smartphone yang berkemampuan cepat agar mudah melihat order-an dari konsumen, transfer sana-sini, dan foto bermacam-macam produk yang hendak dijual.

Sementara untuk urusan pribadi, biasanya mencari smartphone dengan kemampuan selfie atau swafoto yang mumpuni.

Bagi yang demen swafoto, pasti sangat bergantung dengan kualitas kamera smartphone ya kan? Apalagi jika kamu seoranga travel blogger yang memang sangat cinta jalan-jalan dan mengabadikan setiap momen yang ditemui. Apapun dan dimanapun pastinya cekrak-cekrek dan langsung upload.

Ya iyalah, gak mungkin swafoto dengan hasil wajah yang kusam, buram, apalagi bintik-bintik karena kamera yang beresolusi rendah. Jika perlu, untuk keperluan swafoto, dicari kamera yang berkemampuan sekali pencet bisa jepret beberapa kali dengan hasil yang cetar.

Sayangnya, seringkali masalah hasil jepretan smartphone tidak sesuai keinginan karena kemampuan kamera yang menurun.

Biasanya sih, kemampuan kamera smartphone turun lantaran banyak debu yang nempel. Selain itu, ada  goresan pada lensa kamera.

Penyebab utama masalah ini adalah kurangnya perawatan dari empunya smartphone. Nah, sayang dong jika sudah capek-capek selfie pake fitur AI Beauty 2.0 dari OPPO F7, hasilnya malah blur karena lensa kameranya ada goresan atau kotor.

Untuk mempertahankan kemampuan kamera smartphone, kamu kudu coba tips ini. Kamu wajib kamu dipraktekin ini ya gaes!

Pertama, kalau sudah berdebu harus langsung dibersihkan. Jangan tunggu kumpul dulu sampai terbentuk ‘partai debu’. Bersihkanlah pakai kain microfiber yang punya tekstur lembut. Dengan begitu, tidak bakal ada goresan saat kamu mengelapnya.

Membersihkan kamera smartphone.

Kedua, beli lensa protector. Tujuannya ya ngelindungi si lensa agar tidak terkena benturan atau sentuhan langsung ketika jatuh.

Lensa protector ini bisa dicari di online shop atau toko aksesoris terdekat.

Terakhir, gunakan soft dan hard case yang tidak hanya ngelindungi lensa tapi juga keseluruhan body smartphone kalian.

Sebuah pengalaman berharga dari saya ni  ya, berbulan-bulan kamera HP nge-blur dan bikin hasil selfie jadi jelek karena lensanya tergores. Sebelumnya memang, smartphone saya tidak dipasang soft-case, hasilnya ya menyesel kemudian.

So gaes, selagi kamera smartphone kamu masih OK, maka cepat-cepatlah dicari pelindungnya agar tetap awet sampai kamu bosan menggunakannya. (srimurni)