Ibis Style Hotel, Tempat Kece Liburan Keluarga di Tengah Kota Batam

IMG_20170311_164314
IBIS STYLE Hotel Batam merupakan hotel bintang empat yang baru beroperasi Januari 2017 lalu. Hotel ini dikelola oleh jaringan hotel internasional, Accor Group. Lokasi hotelnya berada di Jalan Yos Sudarso, Seraya, Batam. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat bisnis Nagoya, hanya sekitar lima menit naik mobil. Juga tidak jauh dari Pelabuhan Internasional Harbour Bay, Batuampar, hanya sekitar 10 menit naik mobil. Tempatnya memang kece untuk liburan keluarga dan berada di dalam kota Batam.
Apa saja keistimewaan hotel ini ?
Saya mengulasnya di sini setelah weekend lalu, Sabtu-Minggu (11-12/3/2017), berkesempatan menginap dua hari satu malam bersama hubby dan dua crucils saya, Azka dan Kenzie. Juga berbarengan dengan blogger lainnya yakni keluarga Teteh Lina Sasmita (pemilik blog linasasmita.com), Roy Vandi Tambunan (pemilik pesonakepri.id) dan Eka Handa (pemilik blog hijabtraveller.com).
Di lihat dari desain bangunannya, hotel ini memang kental dengan nuansa minimalis dan colorful. Desain minimalis juga sangat terasa ketika kaki kami melangkah ke areal lobi, dimanana meja resepsionis diletakkan di tengah ruangan.


Di lobi juga tersedia meja khusus welcome drink. Di sana tersedia minuman segar jus dan infused water (air mineral yang diberi potongan jeruk lemon), lengkap dengan gelas-gelas kaca berukuran mini.
Bagi para tamu, disediakan spot-spot sofa dan tempat duduk minimalis yang kece-kece ngegemesin untuk difoto-foto dan selfie-selfie.


Juga disediakan tempat yang nyaman untuk anak-anak bersantai sambil menunggu urusan check-in selesai. Di meja bagian belakang resepsionis tersedia pula dua komputer APPLE yang bisa dipakai para tamu untuk browsing dan searching.


Tepat di belakang areal lobi ini, terdapat restoran dengan tulisan “EAT” berukuran besar di depannya.
IMG_20170311_221447

Swimming Pool dan Play Ground

Bagi saya, Ibis Style ini merupakan hotel yang cocok untuk liburan keluarga, termasuk saat weekend. Meskipun dari jalan raya hotel ini tampak biasa-biasa saja, tetapi ternyata di dalamnya memiliki fasilitas yang menyenangkan bagi para crucils alias anak-anak.
Masih berada di lantai dasar dan berada di sebelah restoran, terdapat dua kolam renang yakni satu untuk dewasa dan satu untuk anak-anak. Kedua kolam ini ukurannya tidak terlalu besar, tetapi cukup nyaman untuk berenang dan bersenang-senang di kolam.

Pemandangan kolam renang dewasa dan anak dari rooftop Ibis Style Hotel Batam. Foto by menixnews.com

Pemandangan kolam renang dewasa dan anak dari rooftop Ibis Style Hotel Batam. Foto by menixnews.com

Kolam dewasa, bentuknya seperti labu atau angka delapan dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Sementara kolam anak, bentuknya bulat dengan diameter sekitar 10 meter. Kolam outdoor ini memang sangat nyaman ketika digunakan saat pagi, sore dan malam hari.
Melengkapi fasilitas kolam, manajemen telah menyiapkan bebek-bebekan berukuran besar yang bisa dinaiki oleh anak-anak di atas kolam. Juga tersedia beberapa matras berisi udara atau air bed untuk bersantai di atas air.


Yang paling membuat para crucils excited adalah play ground yang ada di areal kolam renang. Play ground ini berbentuk kapal layar yang memiliki beberapa jenis rintangan di dalamnya yang melatih ketangkasan, seperti : terowongan, tangga-gangga, dan seluncuran.

This slideshow requires JavaScript.


Bagaimana sebenarnya fasilitas swimming pool dan play ground ini secara jelas bisa ditonton di video IG saya ini.

Kolam renang ini tidak hanya untuk tamu hotel tetapi juga umum. Yang ingin berenang, bisa membayar paket berenang sebesar Rp 75 ribu, sudah termasuk gratis ice tea dan fasilitas gym.
IMG_20170311_152953

IMG_20170311_151521

 

Desain Lorong Unik Seperti Basement

Untuk desain kamar, saya memaparkannya mulai dari desain lorong yang mirip dengan basement. Di dinding-dinding sepanjang lorong menuju kamar, terdapat lemari-lemari berwarna abu-abu dengan handle besi panjang yang nempel di dinding.
Di bagian lantainya, dilapisi kayu parket. Di lantai ini erdapat tulisan-tulisan dengan kalimat yang bertemakan tentang cargo dan penerbangan, seperti Estimate time of departure, estimate time of arrival, General Cargo, Dangerous Cargo dan lainnya.
Untuk nomor kamar, letaknya juga di lantai. So, Anda jangan sampai celingak-celinguk seperti saya mencari nomor kamar di dinding dan di bagian atas, karena nomor kamar adanya di lantai.

Kamar Cozy dengan Shower Room dan Toilet Terpisah

Secara keseluruhan, hotel ini memiliki 187 unit kamar dengan empat tipe kamar yakni superior, deluxe, junior suite, dan family suite. Secara umum, view masing-masing kamar terbagi dua yakni menghadap jalan raya dan kolam renang.
Saya sendiri mendapatkan Deluxe Twin Room (dua tempat tidur) dengan satu extra bed. Nah, khusus untuk extra bed ini, ada tambahan bayar sebesar Rp 250 ribu. Kamar saya berada di lantai lima dengan nomor 505. Viewnya menghadap ke jalan raya Yos Sudarso, Seraya.


Dilihat dari interiornya, kamar superior tetap mengusung konsep minimalis. Di dinding kamar, tepatnya di atas tempat tidur terdapat tulisan dengan kalimat yang sama dengan yang ada di lorong. Demikian pula dengan lemari yang desainnya juga sama dengan yang ada di lorong.
Uniknya, kamar ini memiliki kamar mandi dan toilet yang dipisahkan. Jika biasanya, kamar mandi kamar di hotel lain menggabungkan antara toilet dan shower room, maka di sini dipisah. Tujuannya, pastinya memberikan kemudahan bagi penghuni kamar yang ingin menggunakan toilet dan shower room bersamaan waktunya.


Untuk harga kamar, dimulai dari Rp 500-an ribu. Untuk reservasi bisa langsung via website hotel atau agent-agent penjualan kamar hotel.

Menu Western dan Nusantara untuk Sarapan

This slideshow requires JavaScript.

Ibis Style Hotel menghadirkan menu sarapan pagi yang sungguh lengkap. Ada menu western dan nusantara. Namun, kebanyakan memang menu nusantara. Untuk western-nya ada salad, omelet, cereal and fresh milk, aneka bread and jam, pancake, kentang, keju, dan slice beef serta potongan buah segar.


Sementara menu nusantaranya sangat beragam. Ada nasi goreng, ayam goreng, ikan fillet sambal, telur sambal, sosis goreng, dan sayur lode.
Ditambah lagi pilihan mie ceker, bubur ayam, lontong sayur, bubur kacang hijau, pudding roti mentega, dan skoteng, serta aneka kue-kue manis sebagai dessert.

Promo Klenger Burger

Penyuka makanan burger, boleh mencoba tantangan makan burger yang ukurannya super besar. Saya menamainya Giant Burger tapi hotel ini menyebutnya Klenger Burger. Disebut Klenger Burger karena habis makan burger ini jadi klenger alias “pingsan” kekenyangan. Klenger itu bahasa Jawa Tegal yang artinya pingsan.


Bagaimana tidak, ukuran diameter bergernya sekitar 25 cm dengan tinggi sekitar 10 cm. Jenis burgernya ada ayam dan daging. Isi burger, selain daging dan ayam, tentu saja ada sayuran, telur, mayonnaise dan saus.
Kami pun sempat memesan burger ini dengan harga Rp 200.000 dan bisa cukup untuk 10 orang. Burger ini kami bawa untuk dimakan ramai-ramai bersama anggota Blogger Kepri saat mengunjungi Infinite Studio di Nongsa.
Lihat bagaimana serunya menyantap Klenger Burger di video IG saya ini.

Ibis Style Hotel Batam
Jalan Yos Sudarso, Seraya Batam, Kepri, Indonesia
Tel : +62-7785707000
Fax: +62-7785707001
Email: H9758@accor.com
Web: www.accorhotels.com

Untuk melihat banyak tempat liburan di Eropa, Anda bisa kunjungi blog teman saya ini jokka2traveller.com. Banyak cerita menarik dipaparkannya di sana.