• Home »
  • Bisnis »
  • Ini Dia Strategi Menghindari Penipuan Saat Beli Tiket Kereta untuk Liburan

Ini Dia Strategi Menghindari Penipuan Saat Beli Tiket Kereta untuk Liburan

Ilustrasi monitor untuk pencetakan tiket kereta api. Foto milik anung camui.

MOMEN apa yang paling ditunggu-tunggu keluarga dalam setahun? Jawabnya adalah LIBURAN.

Ya, liburan adalah momen yang selalu dinanti-nanti keluarga dan hampir setiap orang.

Di momen begini, hampir semua orang memanfaatkan liburan bersama keluarga ataupun teman.

Tidak sedikit yang menggunakan alat transportasi umum seperti kereta api karena beberapa alasan.

Dan, sebelum hari keberangkatan pastinya Anda harus menyiapkan tiket kereta terlebih dahulu.

Pemesanan bisa dilakukan jauh-jauh hari karena jika tidak, musim liburan yang memang high season untuk angkutan umum, Anda bisa tidak kebagian tempat duduk.

Di zaman now yang serba online, pesan tiket kereta api tentu saja tidak sulit karena banyak layanan-layanan secara online yang lebih memudahkan para calon penumpang mendapatkan tiket keberangkatan maupun kepulangan.

Nah, satu yang perlu diingat, ketika mencari tiket kereta api, carilah di tempat yang benar, di tempat yang resmi dan bukan di calo, sehingga Anda terhindar dari aksi penipuan apapun namanya.

Agar tidak tertipu, sebaiknya Anda membeli tiket kereta api di tempat-tempat resmi seperti di bawah ini:

1. Website resmi KAI

Anda bisa memesan melalui website resmi KAI sendiri.  Untuk sistem ini Anda tidak perlu khawatir jika kurang update karena layanan online mempunyai kecepatan update yang lebih dari pada manual.

Anda bisa melakukan pemesanan empat bulan sebelum hari keberangkatan, karena umumnya PT KAI akan membuka pendaftaran tiket jauh-jauh hari.

2. Toko online

Sebuah market place atau toko online lebih identik dengan penyediaan barang-barang kebutuhan umum masyarakat.

Tetapi sekarang, banyak toko online yang menawarkan jasa pelayanan pembelian tiket untuk kereta secara online.

Hal ini tentu saja bertujuan mempermudah masyarakat dalam membeli atau melengkapi kebutuhan saat akan berpergian.

3. Aplikasi online

Tidak berbeda jauh dengan toko online yang memberikan layanan pembelian tiket secara online,  aplikasi-aplikasi online juga menawarkan khusus kebutuhan akomodasi Anda seperti tiket transportasi, pemesanan hotel ataupun lainnya yang Anda perlukan.

4. Minimarket

Selanjutnya, ada minimarket-minimarket yang telah menjalin kerjasama melalui penjualan berbagai jenis tiket kereta api secara umum.

Ini merupakan tempat kesekian yang dapat Anda jadikan sebagai tempat pemesanan tiket.

Namun, cara ini lebih susah dari pada lainnya karena tidak bisa dilakukan dari rumah melainkan harus datang langsung ke minimarket.

5. Kantor Pos

Kemudian ada tempat yang dahulunya identik hanya untuk jasa pengiriman surat, sekarang juga melayani berbagai kebutuhan pokok masyarakat. Satu di antaranya pembelian tiket.

Cara pembelian melalui Kantor Pos tidak berbeda jauh ketika melalui minimarket. Anda harus datang dan memilih sendiri jenis tiket apa yang diperlukan dan berapa jumlah pembelian ataupun identitas lainnya.

Meskipun kini sudah banyak media pemesanan melalui online yang lebih mudah tetapi tetap saja ada masyarakat yang memilih membeli secara konvensional atau langsung.

Alasan salah satunya adalah takut terkena penipuan akibat pembelian tiket melalui online.

Adanya anggapan tersebut karena mindset sejumlah orang yang menganggap pembelian online  tidak aman karena hanya melalui situs, tidak ada bukti yang real atau nyata.

Anggapan itu bisa jadi lantaran kurangnya informasi. Padahal, jika memilih toko online atau aplikasi yang sudah terpercaya, hal itu tidak akan terjadi.

Supaya keraguan kena tipu via online bisa hilang, Anda memang kudu mengenali ciri travel online atau toko online yang menjual tiket kereta tetapi tidak terpercaya.

Jika memang ada proses yang mengganjal lebih baik urungkan niat Anda dan pilih situs belanja online atau situs resmi KAI yang sudah jelas lebih aman. (*)