Jenis Tenaga Listrik yang Cocok untuk Indonesia

Cara kerja solar cell. Foto istimewa

KEBERADAAN tenaga listrik sangatlah krusial bagi kebutuhan dasar manusia. Untuk jenis pembangkitnya, ada banyak yang digunakan di Indonesia, mulai dari air, angin, gas, batu bara, nuklir, biotermal, sinar matahari, dan lainnya.

Semua sumber tenaga listrik tersebut dapat diterapkan di Indonesia karena mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Sehingga, dengan kekayaan tersebut secara maksimal bisa memberikan kesejahteraan pada rakyat Indonesia sendiri.

Karena itulah banyak power plant Indonesia dengan layanan service genset yang menggunakan banyak sekali jenis tenaga yang ada di berbagai daerah.

1. Tenaga Air

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak sekali tenaga pembangkit daya listrik yang salah satunya tentu saja adalah menggunakan air.

Pantai di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan mempunyai laut yang sangat luas bahkan lebih luas lautan daripada daratan.

Menyadari hal tersebut, salah satu tenaga yang dibutuhkan untuk pembangkit listrik yang sangat efektif di Indonesia tentu saja adalah pembangkit listrik tenaga air karena persediaan air banyak dan mudah ditemukan di Indonesia.

2. Tenaga Uap

Tenaga uap merupakan pembangkit listrik selanjutnya yang banyak ditemukan di Indonesia dan ada di berbagai daerah yang ada di negara ini. Pembangkit listrik tenaga uap menggunakan bahan bakar dari berbagai kekayaan alam yang ada di Indonesia. Tenaga uap ini memang melimpah dan banyak di Indonesia.

3. Tenaga Alternatif

Isu global warming menjadi ancaman sekarang ini sehingga banyak masyarakat yang mulai menciptakan sumber energi alternatif termasuk juga dalam pembangkit listrik.

Beberapa contoh sumber tenaga alternatif yang dapat di perbarui adalah tenaga surya yang banyak digunakan di negara besar.

Sewatama sebagai salah satu power plant Indonesia juga berfokus pada hal tersebut dengan upaya untuk menciptakan tenaga alternatif yang akan lebih ramah lingkungan.

Sejumlah sumber tenaga listrik di atas merupakan power plant Indonesia yang sudah ada di Indonesia saat ini. Jika membutuhkan tenaga diatas, segera hubungi perusahaan di bidang energi listrik disini. (*)