Tips Penting Jual Kopi ala Kafe

Secangkir kopi. Foto diambil dari bisnis.

KOPI merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Kopi digemari warga dunia karena rasa nikmat dan sejumlah manfaat yang didapat bagi peminumnya. Manfaat tersebut di antaranya adalah  memberikan rasa rilaks dan dapat meningkatkan inspirasi.

Selain itu, kopi juga dapat menjadi teman para pekerja saat harus bekerja lembur dan para mahasiswa yang memiliki tugas berjibun. Kandungan kafeinnya memang mampu membuat mata terjaga.

Karena kian hari peminat kopi koan banyak, tentu saja memotivasi banyak orang untuk membuka usaha jual beli kopi baik yang siap minum maupun yang masih mentah atau biji.

Bagi pecinta kopi, bisa mendatangi beberapa tempat berikut ini:

1. Kucingan yang merupakan tempat pertama penyedia kopi yang dapat dipilih oleh pelanggannya untuk menemani hidangan nasi kucing, gorengan, dan berbagai menu lainnya.

2. Warung kopi pinggir jalan yang merupakan tempat populer ngopi banyak orang. Biasanya buka dari pagi hingga malam. Warung kopi ini mempunyai harga yang murah dan terjangkau untuk masyarakat umum.

3. Kafe siap saji yang ada di pusat perbelanjaan yang biasanya melabel harga lebih mahal karena menyajikan kopi merek-merek terkenal.

4. Kafe kopi yakni kedai kopi khusus yang menjual berbagai variasi kopi dan juga makanan ringan seperti martabak, waffle, dan cemilan lainnya.

Penjualan kopi di kedai khusus seperti kafe kini memang menjadi tren, terutama bagi masyarakat perkotaan. Para pecinta kopi biasnya mencari tempat yang bisa digunakan untuk menikmati kopi yang lezat dan nyaman.

Sebab itu, kafe kudu membuat kreasi dan inovasi agar mampu menarik pelanggan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Agar kopi yang disajikan banyak diminati banyak orang, pemilik bisnis perlu perhatikan tips-tips berikut ini:

1. Tema dan konsep 

Ketika akan membuka kafe kopi, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah konsep kafe tersebut. Ada banyak kafe yang berjualan kopi, sehingga apabila ingin membuka kafe harus mempunyai konsep yang berbeda dari yang sudah ada.

Buatlah kafe yang mempunyai tema unik seperti di dalam bekas truk, menyediakan buku untuk bahan bacaan, kafe berkonsep retro, atau konsep lainnya.

2. Kenyamanan

Hal selanjutnya yang kudu diperhatikan ketika akan membuat kafe kopi adalah kenyamanan pelanggan. Buatlah kenyamanan kafe yang berbeda misalnya apabila ada bagian dalam dan luar, maka kafe yang ada di sisi luar terbebas dari nyamuk sehingga pelanggan akan nyaman. Pertimbangan pula pelanggan sudah ada dan yang akan datang sehingga tersedia tempat yang cukup untuk menampung semuanya.

3. Menu dan Barista

Jika ingin jual kopi dalam berkonsep kafe tentu saja menu kopi yang ditawarkan menjadi kunci utama. Pilihlah barista yang handal untuk dapat meracik kopi yang nikmat sehingga nantinya akan banyak pelanggan yang datang. Selain itu pilih juga kafe kopi yang berbeda dan mempunyai rasa yang enak untuk dapat menarik pelanggan. (*)