• Home »
  • Cafe »
  • Kongkow Asyik di Tea Box Cafe Batam, Makanannya Lekker Bangets!

Kongkow Asyik di Tea Box Cafe Batam, Makanannya Lekker Bangets!

Kongkow bareng awak Blogger Kepri di Tea Box Cafe, Khasanah Plaza, Sukajadi, Batam. Foto by bloggerkepri

RASANYA sudah lama juga gak kongkow-kongkow di kafe bareng personel Blogger Kepri (BK). Alhamdulillah, Minggu (7/5/2017) dapat undangan untuk icip-icip di Tea Box Cafe yang baru soft opening sehari sebelumnya. Kafenya terletak di sebelah pintu masuk utama Khazanah Plaza, Sukajadi, Batam. Kongkow kali ini barengan dengan teman-teman youtuber, selebgram, dan wartawan. Juga datang ketua BK Teh Lina Sasmita.

Kak Yosi, satu di antara pemilik kafe dan didampingi Sosmed Staf, Kak Nia, saat welcome speech. Foto by menixnews.com

Meskipun nama kafenya Tea Box yang berarti Kotak Teh, ternyata menunya itu tidak hanya teh. Sesuai dengan tag line-nya “More Than Just a Tea”, kafe ini menyajikan menu-menu yang tidak biasa, perpaduan antara western dengan nusantara.

Bahkan, saya menemukan ada menu western yang dipadukan dengan resep khas Melayu Kepulauan Riau (Kepri) yakni Squid Ink Spaghetti by Shereen alias spageti dimasak tinta hitam. Menu ini sengaja diberi embel-embel nama artis ternama ibukota Shereen Sungkar karena saat ini menjadi partner dari Tea Box Cafe.

Squid Ink Spaghetti by Shereen patut dicoba. Warnanya hitam, rasanya NYUSSSS. Foto by menixnews.com

Warna hitam pada spageti tersebut berasal dari tinta cumi-cumi. Resep asli masakan ini adalah Cumi Dimasak Hitam yang menjadi menu khas masakan nelayan di kepualauan. Sesuai dengan namanya, spageti ini memang berwarna hitam dengan topping cumi-cumi goreng di atasnya.

Saya sangat terkesan dengan menu yang satu ini. Selain kombinasi western dan lokal yang begitu khas, rasanya juga nendang bangets.  Terutama rasa pedasnya itu loh!. Sendokan pertama, pedasnya terasa biasa saja tapi, untuk sendokan kedua dan seterusnya, huha huha huha… pedasnya bikin susah move on!

Mengapa rasanya pedas? Kata Kak Yosi Marlinda, satu diantara pemilik kafe ini, pihaknya sengaja membuat spageti rasa pedas karena masakan pedas adalah kesukaan orang Indonesia.

“Cabainya ini menggunakan cabai setan jadi pedasnya memang perlahan tapi pasti,”kata Kak Yosi saat menyaksikan saya dan beberapa teman lainnya asyik menyantap pedasnya Squid Ink Spaghetti. Pantaslah Kak… pedasnya WOW! Meskipun pedas, rasa keju yang menjadi ciri utama masakan Italia tidak ketinggalan, bahkan masih sangat kerasa.

Sebagai obat pedas, sangat pas jika disandingkan dengan minuman hot tea. Teori tukang kuliner (ini saya buat-buat sendiri saja ya) membuktikan, saat kita menyantap makanan yang pedas, obat paling ampuh menghilangkan pedas di mulut adalah minum yang hangat-hangat. Sebaliknya, jika minum yang dingin-dingin, rasa pedasnya justru semakin menggigit. (Sepertinya kamu juga setuju kan dengan teori tukang kuliner ini? Hehehe).

Hot tea (cangkir putih) bersanding dengan Shereen Meximises. (Abaikan modelnya… hihihi). Foto by menixnews.com

Selain menu spesial Squid Ink Spaghetti, tentu saja ada banyak menu lain yang disediakan. Kak Yosi bilang, menunya ada 30-an macam baik makanan maupun minuman.

Selama tiga bulan pertama ini, Tea Box Cafe memang menghadirkan dua menu spesial yang khusus memakai nama artis Shereen Sungkar. Selain Squid Ink Spaghetti by Shereen, ada satu minuman yakni Shereen Meximises.

Saya pun sempat mencicipi minuman dimaksud. Minuman ini memang istimewa karena terbuat dari milk shake plus coklat, dipadukan dengan cream serta tambahan topping berupa meses, butiran coklat chip, dan coklat Kit Ket. Rasanya mantabbbs! (efek ke saya, pastinya tambah lemak body, tapi gpp juga sih karena abis itu olahraga)

Ini bukan saya, tapi Koko Aji yang selalu ingin difoto dekatan dengan Si Nyummiii Shereen Meximises. Foto by menixnews.com

Masing-masing awak Blogger Kepri sengaja memesan menu-menu yang berbeda-beda sehingga bisa icip-icip banyak makanan. Makanan khas Italia tidak lupa kami coba. Ada satu yang sangat spesial hasil rekomendasi dari para pramusaji di sini. Namanya

Caneloni yang menggoda. Foto by menixnews.com

yang bisa dijadikan cemilan (bagi yang muatannya banyak) dan bisa juga dijadikan utama (karena porsinya cukup mengenyangkan bagi saya). Satu porsi ada tiga pcs Caneloni.

Tampilan Caneloni adalah sosis dibalut dengan kulit lumpia, kemudian digoreng. Setelah itu diberi keju lumer mozzarella dan saus tomat dicampur saus cabai dan taburan lada hitam. Rasa pedasnya juga terasa nikmat sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Yang tidak kalah seru dan cocok disantap ramai-ramai adalah menu khas Italia lainnya yakni Pizza…. Ada banyak rasa yang bisa dipilih, di antaranya seafood, ayam, dan bolognaise.

Satu lagi menu Italia yang pasti tidak bisa ditinggalkan adalah spageti rasa original dari negeri asalnya. Rasa spageti original juga ada beberapa loh. Yang sempat saya coba adalah Spaghetti Mozzarella yang kejunya benar-benar kerasa tanpa rasa pedas, dan Spaghetti Bolognaise. Untuk spageti yang terakhir ini rasanya nendang abis karena sesuai dengan lidah Indonesia, ada rasa pedas, dan tidak meninggalkan kekhasan Italia. Di atasnya tetap ada lumeran keju Mozzarella

 

Untuk menu khas Indonesia, juga banyak tersedia dari gado-gado sampai Soto Medan yang punya ciri kuah bersantan kental plus beranekaragam campuran. Isinya ada mie, toge, suwiran ayam, potongan daging dan jeroan, telur rebus, potongan tomat, daun seledri dan daun bawang. Tidak ketinggalan pergedel kentang, sambal jawai rawit, dan jeruk nipis. NYUMMM rempah-rempahnya sungguh kerasa….

Soto Medan. Foto by menixnews.com

Minuman Mancanegara

Bicara soal minuman, Tea Box Cafe punya aneka macam yang diadopsi dari sejumlah daerah dan negara. Selain ada Shereen Maximises yang menjadi minuman teristimewa, ada pula Kopi Vietnam, Latte, Red Velvet Latte, Cappuccino, Blackberry Juice, Mojito Strowberry, dan banyak lagi. Terlalu panjang jika disebutkan satu-satu. Nanti lihat di daftar menu di akhir tulisan ini ya!

Khusus untuk Kopi Vietnam, dari pengalaman saya meminumnya, memang ampuh sebagai obat ngantuk. Yang lagi banyak kerjaan dan perlu bergadang, memang gak salah jika meminumnya. Keistimewaannya dibanding kopi lain adalah cara penyajiannya yang langsung diseduh dengan menggunakan penyaring. Penyaring berisi kopi itu diletakkan di atas gelas, kemudian disiram air panas. Secara perlahan air kopi akan menetes di gelas yang ada di bawahnya. Kopi ini tidak pakai gula melainkan susu putih kental manis.

Demo Masak Shereen Sungkar

Meskipun baru soft opening, cafe ini sudah sangat nyaman untuk kongkow. Interiornya sudah hampir sempurna. Kata Kak Yosi, tinggal penyempurnaan yang nantinya akan ditambah spot-spot untuk berfoto. Ada dua lantai yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Sementara bagian terasnya masih direnovasi.

Secara resmi, soft opening nantinya akan dilakukan pada Selasa (16/5) dengan menghadirkan Shereen Sungkar. Acara itu akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. Nantinya Shereen akan demo masak menu khas yang memakai label namanya yakni Squid Ink Spaghetti by Shereen.

Selama masa soft opening ini, manajemen memberikan diskon khusus sebesar 10 persen untuk semua menu yang tersedia.

Kafe ini buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB dengan menu-menu untuk sarapan pagi, makan siang, makan malam, cemilan, dan aneka minuman. Tidak ketinggalan, kafe ini menyediakan wifi gratis bagi para pengunjungnya. (sri murni)

HAPPY CULINARY KELUARGA INDONESIA!