NYUUMM! Lezatnya Maglubah Rice & Aneka Hidangan Khas Palestina

Maglubah Rice. Foto diambil dari facebook Spaced Pumpkins Cafe.

SAYA termasuk orang yang jarang icip-icip makanan ala Timur Tengah. Sebab, di Batam makanan beginian juga rada susah didapat. Pada 2009 lalu, saat tinggal di Jakarta, saya dan temen-temen sih lumayan sering coba-coba masakan Timur Tengah, tapi di Batam sangat jarang saya lakukan. Paling-paling juga makan Nasi Briyani dan Kebab yang rasanya sudah disesuaikan dengan selera lokal Batam.

Nah, akhir tahun lalu, ketika saya dan duo crucils ikut program Rentak Selangor, kami diajak untuk menikmati kuliner ala Timur Tengah, khususnya dari Palestina. Tempat yang kami tuju adalah Spiced Pumpkins Cafe yang berlokasi di Kompleks KPPMS Lot 291, Jalan Ru 3/9A, Seksyen 3, 40000 Shah Alam, Malaysia.

Kafenya tidak terlalu besar tapi suguhan makanannya sungguh lezat bin lekker. Kafe ini memang mengkhususkan diri sebagai penyedia sajian makanan khas Malaysia dan Palestina, mulai makanan berat sampai cemilan dan minumannya.

Kami pun disajikan dengan menu andalan ala Palestina yang disebut dengan Maglubah Rice. Secara umum bisa saya gambarkan, makanan ini diolah dari basmathi (beras khusus yang banyak dikonsumsi orang-orang Timur Tengah dan India) yang dimasak sekaligus bersama rempah-rempah kari, sayur-sayuran (seperti wartel dan kentang) dan diberi lauk sekalian. Di dalamnya sudah ada potongan ayam dan daging sapi serta kambing. Bisa dikatakan hampir mirip dengan Nasi Briyani, namun lebih kaya rasa rempah.

Yang paling membedakan dengan nasi Briyani, Maglubah Rice memiliki topping yang sungguh beragam. Ada kacang almond, kacang tanah, kismis, daun seledri, dan lainnya.

Yang paling istimewa lagi, Maglubah Rice dihidangkan dengan posisi terbalik. Saat kami sudah berkumpul di meja makan bulat, para pramusaji membawa troli yang berisi bermacam-macam hidangan. Di atas troli ada satu dandang berukuran sedang yang isinya adalah nasi Maglubah. Kemudian, nasi tersebut dituangkan di atas nampan yang ada di atas meja.

Seorang koki Spiced Pumpkins Cafe sedang menghidangkan Maglubah Rice. Foto by menixnews.com

Begitu nasi dituang, bentuknya masih seperti dandang berukuran sedang tersebut. Tampak di bagian atasnya daging sapi, ayam, dan kambing berdesak-desakan dengan rempah-rempah. Ehmm…. baunya sungguh menggugah selera. Apalagi ketika itu hari sudah malam dan sedang hujan. Pas sekali rasanya, dingin-dingin menyantap nasi yang hangat seperti ini.

Kakak yang punya Spiced Pumpkins Cafe sedang menaburkan topping ke Maglubah Rice. Foto by menixnews.com

Kemudian, di atas nasi itu ditaburi bermacam-macam topping (kacang almond, kacang tanah, kismis, daun selederi, dan lainnya). Ketika itu kami disuguhi satu porsi Maglubah Rice berukuran besar yang bisa disantap sampai dengan 10 orang. NYUMMMMMMM rasanya memang luar biasa……

Lebih nikmat lagi saat menyantab nasi ini ditemani dengan sambal khas kreasi Spiced Pumpkins sendiri. Nama sambalnya “Sambal Raids Hot Sauce”. Kata yang empunya kafe, sambal tersebut hasil racikan sahabatnya. Resep-resepnya merupakan kolaborasi dari resep-resep sambal yang justru dari Indonesia.

“Kami itu penasaran, mengapa sambal di Indonesia itu sangat enak dan berbeda. Sebab itu, sahabat saya belajar dari Indonesia dan meraciknya sebagai sambal khas di sini,”kata Kakak yang punya kafe.

Sebenarnya, sebelum menyantap menu utama ini, kami sudah disuguhi salad sayur khas Palestina. Isinya macam-macam dan menggunakan minyak zaitun. Rasanya lezat dan berfungsi sebagai penggugah selera.

 

Setelah kenyang menyantap Maglubah Rice, kami masih disajikan hidangan penutup yang juga khas Palestina yakni Kunafa. Makanan ini merupakan khas dari Nablus, satu kota di Palestina. Isi dari Kunafa adalah kue yang kaya akan keju mozzarella yang lumer ditambah cream yang manis. Atasnya diberi puding rasa sirup jeruk berwarna orange. Sangat nikmat disantap saat hangat.

Azka sedang melahap Kunafa yang nyammiii. Foto by menixnews.com

Satu lagi hidangan penutup yang kami nikmati adalah Pita Nachos  yang merupakan hasil kreasi sendiri dari Spiced Pumpkins. Pita Nachos dibuat dari Nachos yang digoreng dengan herps spesial yang diberi rasa pedas. Lalu, disajikan bersama dengan saus khusus yang juga berasa pedas.

Pita Nachos. Foto by menixnews.com

Para travelers yang sedang melalak ke Malaysia, khususnya Shah Alam, wajib ni singgah ke Spiced Pumpkins Cafe. Tidak bakalan menyesal karena makanan yang disajikan memang delicious. RECOMMENDED bangets de!

Saat ini, kafe ini juga telah menyediakan menu-menu yang semakin beragam, termasuk sudah tersedia menu western. Bahkan, sudah ada menu kombinasi antara Palestina, Melayu, dan western. Namanya Nasi Kabsah. Isinya adalah Maglubah Rice yang diberi beragam tambahan lokal Melayu dan western.

Nasi Kabsah. Foto diambil dari facebook Spiced Pumpkins Cafe.

 

Jangan lupa ya singgah di kafe istimewa satu ini. Untuk reservasi bisa via Whatsapp 019 2728317.

BTW, para travelers muda apalagi single yang suka jalan-jalan menikmati petualangan lain dari sejumlah tempat wisata yang ada di Indonesia dan luar negeri, saya rekomendasikan untuk juga membaca blog teman saya yang cakep bernama Soleh ya! Noted ya dia masih single makanya nama blognya pun pejalansingle.com (sri murni)

 

HAPPY CULINARY

KELUARGA INDONESIA!