Mencegah Masalah Alergi Anak Secara Benar

Contoh alergi pada anak. Foto diambil dari www.cekalergi.com.

ALERGI adalah kondisi badan yang mengakibatkan tubuh mengalami beberapa gejala yang dapat terlihat dengan jelas. Alergi hanya akan timbul apabila seseorang yang mengidap alergi bersentuhan, mengkonsumsi, menelan, dan juga berhubungan langsung dengan sumber alergi yang dideritanya. Misalnya saja alergi terhadap bahan makanan tertentu, alergi nya akan kambuh apabila memakan secara sengaja maupun tidak bahan makanan yang seharusnya dihindari. Walaupun merupakan penyakit yang bisa dihindari akan tetapi alergi ini termasuk penyakit yang berbahaya terutama untuk masalah alergi anak.

Anak-anak memang sangat rentan terkena alergi karena di usia dini, biasanya sistem kekebalan tubuh anak belum berkembang secara sempurna sehingga belum sanggup untuk melindungi anak dari beberapa benda asing yang mungkin akan masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu hal tersebut menyebabkan anak-anak menjadi usia yang paling rawan mengalami masalah dengan alergi.

Akan tetapi ketika anak-anak tumbuh dewasa dan sistem imun nya sudah baik, biasanya beragam alergi juga dapat hilang, walaupun ada beberapa alergi yang tidak dapat hilang walaupun sudah tumbuh dewasa dan sistem kekebalan tubuhnya juga sudah baik. Alergi tersebut misalnya alergi yang diderita karena masalah keturunan. Bagi anak yang menderita jenis alergi yang sama dengan orangtua, kakek, ataupun anggota keluarga yang lain adalah jenis alergi yang tidak dapat hilang dengan mudah.

Salah satu gejala alergi pada anak.

Oleh karena itu pencegahan merupakan hal yang mutlak dilakukan. Alergi pada anak dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pertama adalah saat anak masih dalam kandungan. Cara pencegahannya cukup mudah yaitu ibu hamil hanya perlu untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Misalnya ibu hamil yang rutin mengkonsumsi kacang-kacangan biasanya anaknya akan terlepas dari alergi terhadap kacang saat sudah lahir.

Sedangkan cara pencegahan yang kedua tentang pemahaman alergi yang benar seperti menjaga kebersihan rumah. Terutama untuk tempat tidurnya, karena bagi anak yang alergi akan sangat sensitif dengan debu yang ada di sekitarnya. Selain itu juga menjauhi bahan makanan tertentu yang dapat menyebabkan alergi maupun alergi yang dideritanya dapat kambuh sewaktu-waktu. (*)