Mencegah Penyakit Jantung Tidak Sesulit yang Kita Bayangkan

Ilustrasi: Seorang yang terserang penyakit jantung secara tiba-tiba. Foto diambil dari kaskus.co.id

PENYAKIT jantung memang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Jumlah pengidapnya pun terus bertambah sepanjang tahun.

Ironinya lagi, gejala penyakit jantung kerap tidak disadari dan dianggap sebagai penyakit ringan. Sehingga risiko kematian akibat penyakit jantung pun semakin meningkat.

Sebenarnya mencegah penyakit jantung tidak sesulit yang kita bayangkan. Beberapa hal sederhana ini ternyata ampuh mencegah risiko penyakit jantung yang mengintai kesehatan :

Pergi Berlibur

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang pergi berlibur minimal dua kali setahun memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Kita tidak harus merencanakan perjalanan liburan mewah agar bisa terhindar dari stres. Berlibur ke luar kota pun sudah lebih dari cukup untuk memulihkan kesehatan dan semangat.

Membatasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Konsumsi makanan cepat saji memang praktis dan lezat. Tetapi kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jika dilakukan secara terus menerus. Sebab biasanya makanan cepat saji mengandung kalori dan zat aditif yang tinggi. Asupan kalori dan zat aditif secara berlebihan akan memicu penyakit jantung di masa mendatang.

Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Sebuah studi tentang pengaruh waktu tidur menyatakan bahwa orang-orang yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam biasanya memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Bahkan risikonya bisa mencapai 2 kali lipat dari orang-orang yang waktu tidurnya cukup. Oleh sebab itu, kita mesti mengusahakan waktu tidur yang cukup dan berkualitas mulai sekarang demi menjaga kesehatan diri sendiri.

Berjemur di Pagi Hari

Ternyata asupan vitamin D yang berasal dari sinar matahari pagi juga bisa meminimalkan risik penyakit jantung. Ketika punya waktu senggang, tidak ada salahnya jika kita berolahraga sembari berjemur di pagi hari. Maka tubuh pun akan terasa lebih bugar dan semangat sebelum melanjutkan aktivitas lainnya.

Jangan lupa pula melindungi diri dari risiko penyakit jantung melalui kepemilikan asuransi penyakit kritis. Biasanya asuransi penyakit kritis akan memberikan manfaat proteksi bagi beberapa penyakit kritis sesuai kesepakatan pada polis. Bila di kemudian hari kita mengidap penyakit kritis tersebut, maka kita akan mendapatkan perlindungan kesehatan yang kita butuhkan.

Beragam asuransi penyakit kritis sekarang bisa kita peroleh dengan mudah di Futuready. Supermarket asuransi yang satu ini memang bisa diandalkan untuk urusan memilih asuransi. Tanpa harus buang waktu dan merogoh kocek dalam-dalam, kita dapat segera memperoleh asuransi penyakit kritis sesuai kebutuhan. (*)