Mengapa Belanja Susu UHT di Alfamart?

alfa2

INI adalah cerita pengalaman hunting susu untuk si buah hati. Bagi keluarga saya, kebutuhan pokok itu, selain sembako dan lauk pauknya, susu adalah mutlak harus ada.

Alasannya, karena saya punya dua crucils, Azka dan Kenzie yang kini usianya 5,5 tahun dan 3 tahun.

Jika produk yang satu itu tidak tersedia, waduh…. sepanjang hari yang ada hanyalah rengekan. Ibu-ibu yang punya anak dan mereka masih mengonsumsi susu, pasti menghadapi situasi yang sama dengan saya.

Bisa sih, susu itu diganti dengan teh manis, dan saya pernah melakukannya beberapa kali karena memang kehabisan dan belum sempat membeli. Kedua anak saya mau minum the manis, tetapi hanya untuk sekali moment saja.

Selanjutnya, yang mereka minta tetaplah susu. Apalagi si Kenzie, peminum susu yang sangat ‘konsumtif’. Hehehe. Saya katakan konsumtif karena dia bisa minum susu dua jam sekali satu botol berkapasitas 200 ml. Dilihat dari frekuensinya minum susu, dia persis seperti bayi padahal usianya sudah tiga tahun.

Frekuensi minum susu si bungsu ini, biasanya agak berkurang jika saya ‘memaksanya’ banyak makan nasi. Tapi ya begitu, namanya anak-anak lebih sering susah makan ketimbang nafsu makan. Jadi susu adalah asupan pokoknya.

Jenis susu yang diminum Kenzie ini hanyalah UHT coklat yang brandnya bisa berganti-ganti. Ada empat merek yang biasa saya berikan yakni Indomilk, Frisian Flag alias Susu Bendera, Ultra, dan Diamond.

Mengapa saya berikan susu UHT?

Kenzie ini anak yang tumbuh dengan ASI super eksklusif. Saya katakan super eksklusif karena saya menyusuinya sampai usia 2,3 tahun tanpa dibantu susu formula (tentu saja dengan tambahan makanan sehat yang saya olah sendiri).

Nah, karena ASI tersebut, akhirnya Kenzie sulit untuk disape alias dipisahkan dari susu ibunya. Saya sih inginnya, dia bisa lepas ASI tepat ketika usia dua tahun. Sebab itu, menjelang usia dua tahun, saya dan suami memperkenalkan susu formula bubuk kepadanya.

Beragam merek susu bubuk untuk batita kami cobakan ke Kenzie dengan berbagai rasa, mulai yang paling mahal sampai yang paling murah. Sayangnya, sampai usia dua tahun, tidak satupun susu bubuk yang ia sukai. (Untung ada si Kakak Azka yang doyan segala susu. Jadi susu yang tidak terkonsumsi oleh si Kenzie, bisa dihabiskan kakaknya sehingga tidak mubazir).

Karena hampir kehabisan cara, dan badan si Kenzie juga mulai menyusut (faktor ASI yang sudah kurang berkualitas dan dia susah makan), kami memperkenalkan susu UHT dengan kemasan kotak-kotak kecil yang gambarnya macam-macam.

Awalnya, dia mau minum susu UHT kotak kecil karena faktor ada sedotan dan kotaknya bergambar. Ada gambar micky mouse, mini, guffy, sapi, beruang, dan lain-lain.

Perlahan namun pasti, (perlu waktu sekitar dua bulan) untuk membiasakan Kenzie minum susu UHT plus ASI yang hanya sebagai obat nangis. Saat usianya 2,3 tahun, Kenzie gemar susu UHT bahkan menjadi ‘penggila’.

Setelah ia terbiasa dengan UHT, saya pun sudah bisa melepas ASI 100 persen. Dengan susu itu, saya mendapati berat badan Kenzie mulai naik dan tidak ada masalah dengan pencernaannya (buang air besarnya lancar).

Sejak itu, kami menjadi pemburu susu UHT kemasan 1 liter di Alfamart. Mengapa Alfamart?

alfa3

Karena banyak promo barang harga murah di Alfamart. Untuk mengetahui apa saja promonya, toko ini menyediakan alfamart katalog promo sehingga memudahkan kita untuk memilih kebutuhan sesuai kekuatan kantong.

Belanja murah di Alfamart tidak hanya saat weekend. Biasanya periode promo dibikin setiap dua pekan sekali, tanggal 1-15 dan 16-30.

Promo Alfamart

Promo Alfamart

Kalau Jumat-Minggu, memang banyak produk  dijual harga murah dan terpampang di alfamart katalog promo.

Pengalaman saya, biasanya kalau sudah weekend, ada potongan harga tambahan. Susu UHT, misalnya, dijual dengan harga promo, 10-an ribu rupiah.

alfa2

Bahkan, Agustus lalu, susu UHT Frisian Flag dijual hanya Rp 9000 per kotak 900 ml. Saat harga semurah itu, kami datangi semua toko Alfamart yang ada di kawasan Bengkong, Batam (lebih dari 10 toko) untuk memborongnya.

Maklum saja, satu minggu, saya bisa membutuhkan 15 kotak susu UHT ukuran satu liter atau 900 ml.

“HAPPY SMART SHOPPING”