Mengenang Romantisme Bersama Pasangan via Langit Musik

GUYS…. Hidup itu memang hampa dan sepi tanpa musik ya! Setuju gak? Saya pribadi sih memang bukan music mania, tapi ternyata saya kerap membutuhkan musik untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Terutama nih, ketika emosi saya sedang tidak stabil, mood kerja hilang, stress, dan apalagi sedang marahan dengan suami. Ehm… ternyata mendengarkan lagu-lagu nostalgia, terutama lagu-lagu yang punya kenangan indah bersama suami, bisa menjadi obat mujarab untuk menghilangkan rasa kesal terhadap pasangan hidup.

Sedikit cerita nih ya, suami saya itu paling gemar dengan lagu-lagu bergenre Melayu Slow Rock dan ke-Malaysia-Malaysiaan yang lawas-lawas, tepatnya era 90-an. Tembang-tembang favoritnya adalah yang dinyanyikan oleh Sonia, Sultan, Thomas Arya, Asahan, Band Fenomena, Iwan Salman, Darmansyah, Gan Rose, Yelse, Rhiena, Farhat Najib, dan Rudiath RB.

Sultan, salah satu penyanyi bergenre Melayu slow rock.

Sultan, salah satu penyanyi bergenre Melayu slow rock.

Sekedar informasi, penyanyi dan group band ini, selama ini banyak yang mengira, mereka adalah musisi Malaysia, tapi sebenarnya tulen Indonesia, bahkan mayoritas di antaranya adalah orang Minang dari Sumatera Barat (Sumbar).

Karena suami cinta lagu-lagu bergenre slow rock itu dan hampir setiap saat diputarnya baik via MP3 player maupun DVD player, saya juga menjadi hafal beberapa lirik dari tembang-tembang milik penyanyi –penyanyi tersebut.

Alhasil, saat saya kesal dengan suami, salah satu “terapi psikologi” yang saya lakukan adalah mendengarkan lagu-lagu lawas kesayangannya . Efeknya sangat mujarab, saya jadi teringat masa-masa indah bersamanya dimana dia kerap memutarkan lagu-lagu itu dan ikut bernyanyi untuk merayu dan mengungkapkan rasa cintanya (Hahaha…. Jadi senyum-senyum dan tertawa sendiri). Rasa kesal itu pun perlahan sirna.

Jika selama ini saya dan suami lebih sering mendengarkan lagu-lagu kesayangan kami lebih banyak via DVD player (setelah MP3 player rusak), minggu lalu saya mencoba aplikasi baru bernama “LangitMusik”. Aplikasi ini merupakan layanan musik MP3 terbaru yang diluncurkan Telkomsel bekerjasama dengan PT MelOn Indonesia.

Asiknya, aplikasi ini tersedia di play store baik untuk smartphone android maupun komputer pribadi atau personal computer (PC). Via aplikasi ini, kita bisa mendengarkan lagu-lagu baik streaming maupun off line dengan lebih dahulu men-download-nya.

Sedikitnya ada lebih dari enam juta judul lagu dari generasi tempo doeloe sampai yang kekinian, baik dari dalam maupun luar negeri. So, bagi saya, terutama suami saya yang memang pecinta lagu-lagu lawas bergenre Melayu Slow Rock, LagitMusik merupakan “surga” entertainment baru.

Download LangitMusik

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menikmati layanan LangitMusik adalah mengunduh aplikasi yang sudah tersedia di play store atau google play. Ketik saja “LangitMusik” maka aplikasi tersebut akan langsung mucul ke layar Andorid kita, kemudian tinggal di-install.

Untuk bisa men-download aplikasi ini, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:

  1. Android minimal harus versi 4.4.0. Sekarang juga sudah tersedia aplikasi untuk Android versi terbaru 7.0
  2. Besaran data aplikasi ini sekitar 9,3 MB
  3. Saat mengunduh, akan dikenakan paket data regular atau tarif data yang berlaku.
  4. Kita bisa menikmati bebas kuota data untuk streaming dan mendengarkan lagu-lagu offline jika kita pelanggan Telkomsel dan berada di dalam jaringan Telkomsel.
  5. Saat sign up, diperlukan nomor Telkomsel dan password. Setelah memasukkan nomor HP, maka kita akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi. Setelah memasukkan kode tersebut, lalu masukkan nama kita, maka selanjutnya bisa langsung masuk ke menu explore dan mencari lagu-lagu yang ingin dinikmati.
  6. Jika setelah sign up, ternyata kita lupa password, maka tersedia bantuan Lupa Password dengan cara mengetik HELP (spasi) HELP dan kirimkan ke 96161. Kemudian, kita akan mendapatkan notifikasi SMS berisi password kita.
  7. Untuk melihat menu-menu yang tersedia, bisa menyentuh ikon garis tiga yang ada di bagian kiri atas. Di sana tersedia menu Taq Station, Trending, My Music, dan Notification. Kita juga bisa membuat playlist sendiri, lagu-lagu favorit, dan share ke orang-orang yang kita inginkan.
  8. Ada dua jenis member yang bisa dipilih yakni freemium atau gratis dan premium atau bayar. Masing-masing jenis member ini punya plus minus yang akan dipaparkan di bagian bawah.

Begitu Buka Langsung Disapa

Menu utama saat pertama kali membuka aplikasi LangitMusik adalah explore. Begitu buka menu ini, kita langsung disapa dengan ucapan good morning, good day, good evening (sesuai dengan waktu saat kita membukanya).

Tampilan di layar utama aplikasi LangitMusik. Gambar dan judul lagunya selalu berganti.

Tampilan di layar utama aplikasi LangitMusik. Gambar dan judul lagunya selalu berganti.

Sebagai contoh: “Good morning enjoy free unlimited music access”.

Di menu ini juga langsung diberi dua pilihan musik yakni For You yang berisi rekomendasi lagu-lagu dari LangitMusik, dan Browse, yang berisi album-album terbaru atau New Releases baik Indonesia dan Internasional

Pilih Lagu Sesuai Mood

Salah satu kelebihan LangitMusik adalah memiliki fitur yang memudahkan penggunanya memilih lagu sesuai dengan mood kita- bahagia, semangat, sedih, mengantuk, cinta, melo, surprise, dan lain-lainnya. Pilih-pilih lagu sesuai mood ini bisa dilakukan di fitur Tag Station.

Di menu ini tersedia puluhan kumpulan lagu-lagu yang sesuai dengan kondisi hati dan lingkungan kita. Yang sedang bahagia misalnya, cukup klik kumpulan lagu “bahagia”, maka lagu-lagu bertema kebahagian baik dari dalam maupun mancanegara akan diputarkan secara langsung.

Tag Station ini bisa diibaratkan seperti kita mendengarkan lantunan musik di radio non-stop tanpa bisa request. Kita pun tidak mengetahui lagu-lagu apa yang akan diputar setelah lagu pertama diperdengarkan. Sehingga, lagu-lagu selanjutnya menjadi lagu kejutan bagi yang mendengarkan.

Saat mendengarkan lagu-lagu di fitur Taq Station, tersaji dengan lengkap judul lagu yang sedang diputar, nama penyanyi dan liriknya plus sebuah video monoton berupa lempengen VCD bergambar seorang penyanyi yang berputar-putar tiada henti.

Karena di menu ini ada teks yang tersedia, maka kita pun bisa ikut bernyanyi layaknya karaoke.

Di menu ini, kita juga bisa rewind dan forward untuk lagu-lagu yang ingin kita ulang dan kita lewati. Ikon rewind dan forward itu ada di bagian bawa layar lagu yang sedang diputar.

Namun, bagi pelanggan yang freemium, kita dibatasi untuk bisa menggunakan ikon forward yakni sebanyak 10 kali dalam satu jam. Forward bisa kembali digunakan setelah satu jam berikutnya.

WhatsApp Image 2017-02-13 at 09.37.03 (1)

Tampilan peringatan saat kita sudah skip lagu 10 kali pada aplikasi LangitMusik.

 

Lagu-Lagu Tren di Provinsi Kita

Fitur yang satu ini memang jarang-jarang saya tenemukan di aplikasi musik lainnya. Seringnya, saya dengar di radio tentang tangga lagu yang sedang nge-trend di provinsi dimana kita berada. Nah, LangitMusik punya fitur Trending yang menyuguhkan lagu-lagu yang sedang hit dan banyak didengarkan orang di masing-masing provinsi di seluruh Indonesia. Tentu saja setiap provinsi, tren lagunya berbeda-beda.

Saat membuka menu Trending, kita akan disuguhi peta Indonesia. Nah, kita tinggal sentuh provinsi yang kita mau.

Sebagai contoh, minggu pertama Februari lalu saya melihat tangga lagu paling trend di Kepulauan Riau (Kepri). Dari 10 lagu paling hits, lagu Anji berjudul “Dia” menduduki peringkat pertama dengan keterangan didengarkan sebanyak 4573 kali. Posisi tangga lagu ini terus berganti setiap harinya.

Kita tidak harus mendengarkan 10 lagu trending secara berurutan, jika tidak menginginkannya. Tetapi kita bisa memilih langsung lagu yang disukai.

Dari menu trending ini, kita bisa memilih menu turunannya untuk mendengarkan secara offline (listen offline) yakni dengan mengunduh lagu tersebut, save the song, at to queque, add to playlist, share ke teman-teman dan bisa via media sosial (facebook, twitter). Kita juga bisa mendapatkan copy link artisnya.

Pilihan sub-menu dari menu Tranding di aplikasi LangitMusik

Pilihan sub-menu dari menu Tranding di aplikasi LangitMusik

Jika ingin download lagu tersebut, kita harus upgrade membership dari freemium alias gratisan menjadi premium alias berbayar. Tarifnya Rp 6.600 per tujuh hari atau Rp 22 ribu per 30 hari. Tarif ini langsung dipotong pulsa di nomor Telkomsel kita. Cara upgrade-nya hanya perlu SMS dengan mengetik REG (spasi) NEWLM dan kirim ke 96161.

Pilihan upgrade membership dari freemium menjadi premium pada aplikasi LangitMusik.

Pilihan upgrade membership dari freemium menjadi premium pada aplikasi LangitMusik.

Jika sudah tidak ingin menjadi anggota premium, kita bisa berhenti dengan mudah pula dengan mengirimkan SMS  UNREG dan kirim ke 96161

Tampilan pemutaran MP3 di menu ini berbeda dengan menu Taq Station. Di Trending, hanya ditampilkan foto dari penyanyi tersebut tanpa ada lirik lagunya.

Bikin Album dan Playlist Sendiri

Para pecinta LangitMusik diberikan wadah khusus untuk membuat album dan play list sendiri. Wadah ini ada di menu My Music. Di menu ini ada tiga fitur yang disediakan yakni songs, album, dan playlist yang semuanya dapat digunakan sebagai wadah menyimpan lagu.

Di situ juga terpampang lagu-lagu yang baru saja kita dengarkan dan yang paling sering kita dengarkan.

Tampilan menu My Musik pada aplikasi LangitMusic.

Tampilan menu My Music pada aplikasi LangitMusik.

Bagaimana cara membuat songs, album, atau play list? Caranya sangat gampang, ketika kita mendengarkan lagu-lagu yang kita ambil dari Taq Station maupun Trending, kita hanya perlu memasukan lagu itu dengan menyentuh pilihan Save the Song (untuk memasukkan ke daftar Songs), Add to Queque (untuk memasukkan ke album) dan Add Play List (untuk memasukkan ke play list).

Dengan fasilitas ini, tentu saja kita memudahkan kita jika ingin mendengarkan lagu-lagu kesukaan. Tidak perlu mencari-cari di kolom searching tetapi langsung membuka menu My Music.

Follow Penyanyi Favorit

Satu lagi fitur yang tidak kalah keren tersedianya fasilitas follow dari penyanyi-penyanyi yang kita sukai. Kita hanya perlu search nama artis, kemudian akan muncul foto sang artis lengkap dengan lagu hitnya.  Ketika membuka lagu artis tersebut, di bagian bawah foto terpampang ikon follow. Di dan jumlah orang yang sudah mengikuti artis tersebut. Untuk mengikuti artis tersebut, kita hanya perlu menyentuh ikon follow.

Sultan, salah satu penyanyi bergenre Melayu slow rock.

Sultan, salah satu penyanyi bergenre Melayu slow rock.

Di sana juga tersedia kolom songs, about, dan similar artist. Kolom ini harusnya berisi informasi deretan judul lagu yang dinyanyikan sang artis, keterangan tentang artis tersebut, dan sejumlah artis yang kemungkinan bergenre sama dengan dia. Namun sayang, informasi tersebut tidak tersedia di sana.

Ke depan, kolom ini bisa dilengkapi sehingga para penikmat musik, khususnya tembang-tembang lawas, bisa mengingat kembali biografi singkat sang idola, termasuk lagu-lagu yang pernah dipopulerkannya.

Hal ini juga penting bagi generasi muda yang kemungkinan familiar dengan lagu-lagu lawas tetapi tidak mengetahui siapa sosok penyanyinya.

Saran untuk LangitMusik

Selain sejumlah kelebihan yang enak dinikmati, LangitMusik masih mempunya beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan itu sudah saya utarakan di atas. Selain itu, saya juga menyampaikan saran agar ke depan LangitMusik bisa menghadirkan video klip dari lagu-lagu yang diperdengarkan.

Jujur saja, kehadiran video klip ini sangat memorable, khususnya bagi pecinta tembang-tembang lawas, dimana video klip zaman dulu pastinya sudah sangat jarang ditayangkan dan agak susah untuk mencarinya kembali.

Jika nantinya lagu-lagu di LangitMusik dilengkapi dengan video klip, pastinya menjagi kelebihan tersendiri. Selain itu, para pecinta musik pun bisa bernostalgia dengan video-video klip kesayangan.

Video klip itu juga berguna sebagai bahan perbandingan yang bisa dijadikan media belajar untuk semua kalangan.

SELAMAT MENIKMATI LANGITMUSIK!

 

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger”

benner langit musik