Menginap Murah di Dua Airyrooms Berbeda di Batam, Mana yang Paling ASYIK?

Duo crucils saya paling senang dengan Kotak Pandora yang ada di Airyrooms. Foto by menixnews.com

DUA pekan terakhir ini saya tergoda untuk memanfaatkan diskon yang diberikan Airyrooms. Bagaimana tidak, harga kamar setelah diskon di bawah Rp150 ribu.

Tujuannya, tentu saja untuk refreshing dan seru-seruan bareng famili kecilku di akhir pekan setelah enam hari lelah bekerja. Penginnya sih seru-seruan ke luar kota, apa daya libur cuma sehari dalam sepekan sementara cuti sudah tersandra untuk lebaran (curhat yeee).

Selain itu, tentunya saya mendapat bahan untuk menulis dan sharing pengalaman dengan membandingkan dua hotel berbeda dengan fasilitas Airyrooms.

Hotel pertama adalah Batam Star Hotel. Saya menginap pada Sabtu-Minggu (30/4). Hotel kedua adalah Marina Sentosa Hotel atau biasa disebut Sentosa Hotel, dan saya menginap di sini, Sabtu-Minggu (12/5).

Tulisan ini bukanlah tulisan pertama saya soal Airyrooms karena sebelumnya saya juga pernah menulis tentang Airyrooms Golden Gate ketika ada promo Airyrooms 80 persen dengan harga kamar hanya Rp57 ribu.

Sekarang saya ingin membandingkan Airy Batam Star Hotel dan Airy Sentosa Hotel. Semoga dengan tulisan ini bisa menginspirasi keluarga Indonesia yang hendak happy-happy bersama keluarga dengan biaya yang cukup murah.

1. Promo dan Harga

Saat menginap di Airy Batam Star maupun Sentosa, saya mendapatkan promo potongan harga berbeda. Di Airy Batam Star, Saya mendapatkan diakon kamar 15+40 persen. Setelah diskon, kamar double room (satu tempat tidur queen) yang saya pesan termasuk sarapan pagi, tarifnya hanya Rp 114 ribu.

Sementara di Airy Sentosa, saya memanfaatkan diskon dengan kode kupon TEMAN100. Saya memesan kamar twin bed (dua tempat tidur single) termasuk sarapan dengan tarif Rp135 ribu.

2. Lokasi

Kedua hotel berlokasi di tidak jauh dari Jalan Raja Ali Haji, Batam. Kalau dari Nagoya Hill, posisi Airy Batam Star memang lebih dekat sekitar 300 meter, sedangkan Airy Sentosa sekitar 400 meter.

Lokasi Airy Batam Star berada di Komplek Nagoya Square Blok C No. 64-68, di tengah-tengah keramaian dengan kanan dan kiri ruko. Di sini gampang mencari tempat makan dan kedai. Bisa dikatakan, ini adalah ruko yang dijadikan hotel.

Sedangkan Airy Sentosa berada di komplek sendiri yakni Kompleks Batam Sentosa dan sedikit sepi. Bangunannya memang dikhususkan untuk hotel.

3. Kamar

Secara umum, Airy Sentosa lebih besar ketimbang Airy Batam Star. Usia bangunan Airy Sentosa lebih lama karena sudah ada sejak 25 tahun lalu.

Secara dekorasi, kamar Airy memang sudah standard, bernuansa biru, lengkap dengan Kotak Pandora berisi cemilan dan toiletries, ada TV, sofa, dan meja kerja. Namun perabot di Airy Batam Star lebih jadul ketimbang Sentosa yang jauh lebih modern.

Selain perabot jadul, kamar mandi Batam Star juga hanya shower, sementara Airy Sentosa dilengkapi bath up yang bisa untuk beremdam duo crucils.

Kesamaan kamar di dua hotel ini adalah bau kamar yang tidak sedap seperti bau apek. Meskipun sudah diseprot pewangi ruangan tapi abau apek tercium.

4. WiFi

Satu fasilitas yang jadi standard Airyrooms adalah tersedianya internet gratis via WiFi. Namun, saya dan suami serta crucils, kecewa dengan Airy Batam Star karena tidak ada WiFi. Saat saya tanya ke pihak hotel, WiFi sedang bermasalah. Ehmm padahal yang disukai duo crucils dan my hubby saat nginap di hotel adalah internet tiada batas. Hehehe.

Sedangkan Airy Sentosa dilengkapi dengan WiFi super cepat wusss…wusss…. Saya pun bisa berselancar dan nge-blog puas. Begitu juga dengan duo crucils bisa menonton channel YouTube kesukaan mereka, sementara my hubby khusuk dengan game di HP-nya.

5. Kolam Renang

Beberapa kali menginap di Airyrooms dengan hotel yang berbeda-beda, baru Airy Sentosa yang dilengkapi dengan kolam renang. Ini adalah faktor pemikat paling menarik bagi saya dan keluarga.

Ya namanya seru-seruan bersama crucils di akhir pekan, memang paling asyik jika hotelnya dilengkapi dengan kolam Renang. Apalagi, kolamnya berukuran besar. Ada kolam anak dan dewasa. Untuk kolam dewasa luasnya sekitar 20×50 meter dengan kedalaman 1,2-2 meter.

Kolam ini dilengkapi dengan tempat bilas dan ganti yang standard. Namun tidak memiliki penjaga kolam, sehingga harus ekstra menjaga buah hari.

Dengan fasilitas kolam renang seperti itu, saya merasa berterima kasih karena tarif Rp135 ribu, hotelnya sudah berkolam renang.

Kolam renang di sini terbuka juga untuk umum dengan tarif Rp25 ribu dewasa dan Rp20 ribu anak-anak. Tarif ini berlaku tiap hari baik weekday maupun weekend.

6. Sarapan

Kedua hotel ini memberikan dua pilihan tarif kamar termasuk sarapan dan non-sarapan. Bedanya tidak begitu besar. Airy Batam Star misalnya, non sarapan tarifnya Rp105 ribu (setelah diskon) dan termasuk sarapan Rp114 ribu. Sedangkan Airy Sentosa non sarapan Rp118 ribu dan sarapan Rp135 ribu.

Di Batam Star Hotel, menu sarapannya berupa nasi putih, kari kayam campur kentang, dan mie gomak (mi lidi besar khas Medan) goreng, lengkap  dengan sambal merah dan kerupuk. Untuk minumnya, tersedia teh dan kopi yang dilengkapi dengan susu kental manis.

Sedangkan menu sarapan Airy Sentosa lebih variatif yakni nasi uduk, nasi goreng, mi goreng, kwitiau goreng, goreng ikan, sambal teri-kacang, sambal merah, kerupuk, bubur ayam, roti dan selai, teh-kopi, dan jus jeruk.

Ruang makan di Airy Sentosa juga lebih luas dengan kapasitas lebih besar ketimbang Batam Star. Plus pemandangan restoran yang mengahap kolam.

7. Fasilitas lain

Airy Sentosa memiliki fasilitas lobi yang cukup besar, lif, tangga, dan arena bermain billiard gratis. Di dekat lobi juga ada sofa yang nyaman. Di area ini juga ada Susana Salon dan layanan massage di sebelahnya.

Sementara Airy Batam Star memiliki lobi yang kecil dengan beberapa tempat duduk.

8. Drama Keributan yang Berbeda

Menginap di dua Airyrooms ini, saya mengalami dua drama keributan yang berbeda yang berlangsung malam hari. Di Airy Star Hotel, menjelang tengah malam, istirahat kami terganggu karena di depan hotel ada sejumlah orang yang bertengkar. Mereka gaduh sampai terjadi aksi pukul-pukulan, plus kata-kata kotor yang terlontar dari mulut ke dua pihak. Saya tidak tahu apa masalahnya. Saya dan suami menonton saja dari lantai tiga, dimana kamar kami berada. Kamar kami tepat di atas kegaduhan itu.

Sementara di Airy Sentosa Hotel, di malam hari, kami terganggu dengan suara bising  anak-anak sekolah asal Tanjungpinang yang sedang berdarma wisata di Batam dan menginap di hotel ini. Ya, bisa dibayangkan sendiri, anak-anak sekolah kalau sedang berada di hotel, pastinya heboh. Jerit-jerit, ketawa-ketiwi, saling ketuk pintu, saling telepon, termasuk telepon di kamar saya terus berdering karena pasti mereka iseng memencet nomor setiap kamar. EHM….

BTW, bagi saya dan keluarga, semua pengalaman itu menjadi sesuatu yang asyik aja dan tetap happpy menikmati weekend di Airyrooms.

Para traveler yang ingin menikmati kamar-kamar murah tapi gak murahan dari airyrooms bisa mendapatkan promo-promo khusus seperti saya. Caranya, download aplikasi airyrooms yang ada di play store. Nantinya akan dikirimkan info-info promo menarik dari airyrooms.

HAPPY TRAVELING KELUARGA INDONESIA!