Nikmatnya Berbuka Puasa Ditemani Sunset yang Indah di Harris Resort Batam

Sunset di Harris Resort Batam. Foto by menixnews.com

WAKTU berbuka sudah hampir tiba saat saya dan duo crucils bersama keluaga Teh Cucum tiba di Harris Resort Waterfront, Marina, Batam.

Begitu turun dari mobil di areal parkir yang tidak jauh dari tepi pantai, kami terkagum-kagum dengan pesona sunset yang ada di hadapan kami.
“Ya Allah cantik kali sunsetnya, Teh Cucum,” kata saya dengan logat khas agak Batak.
“Iya ya cantik,” jawab Teh Cucum menimpali dengan logat Sundanya.
Dengan peralatan yang kami punya, saya pakai kamera HP 13 MP dan Teh Cucum kamera foto, kami mencoba mengabadikan keindahan sunset di sini. Karena takut kehilangan momen, kami langsung saja mengambilnya dari balik pohon-pohon rindang di sana. Hasilnya, memang jauh lebih indah jika melihatnya dengan mata secara langsung.
Matahari tampak bulat penuh berwarna oranye jauh di upuk barat, bersanding dengan latar langit yang mulai jingga. Pemandangan tampak lebih indah dengan panorama laut, pantai serta sejumlah yachts yang sedang parkir di marina yang ada di sebelah Harris Resort.
Setelah puas memandangi sunset yang hanya beberapa menit itu, kami langsung menuju tempat buka puasa.  Di sini, juga hadir beberapa keluarga blogger lainnya seperti Teh Lina Sasmita, Mbak Dian Radiata, dan Mas Arreza.

Sunset Ramadan di Harris Resort Batam. Foto by menixnews.com

Venue-nya berada di tapi pantai dan pemandangan sunset memang sangat indah dari sini, tanpa halangan pepohonan. Namun, ketika kami sampai di sini, matahari sudah tidak lagi bulat penuh karena mulai turun sebagian dan tertutup awan.
Sederet meja makan berbentuk bulat sudah tersusun rapi, lengkap dengan telapak meja putih yang di atasnya tersusun rapi pula peralatan makan: gelas, sendok-garpu, dan tisu.
Mbak Fadlilah Bachmid atau lebih akrab disapa Mbak Dilla selaku Marketing and Communication (Marcom) Harris Hotel menyambut kami.
“Welcome to The Sunset Ramadan,”begitu dia menyapa.
Ya, Sunset Ramadan, itulah tema buka puasa Ramadan yang diusung Harris Resort tahun ini. Tema itu memang cocok dengan venue dimana buka puasa digelar.
Di sini, belasan stall disusun sebagai tempat penyajian aneka makanan. Hampir semua makanan yang disajikan adalah menu nusantar, terkecuali salad dan dessert. Menurut Mbak Dilla, ada sekitar 50-an item makanan yang disajikan mulai dari takjil (kurma, aneka kue basah dan kering, kolak, cendol, es air mata pengantin, serta bubur), makanan pembuka berupa salad, rujak serut, dan selada otak-otak atau asinan Bogor, ditambah sup ikan asam pedas, makanan utama (nasi dengan beragam lauk pauk), aneka sambal dan lalapan, live stall (mie aceh, empek-empek Palembang dan gorengan), stall dessert (ice cream, fruit mountain berisi buah potong dibalur coklat lumer, dan aneka pudding), serta stall minuman (teh tarik, wedang ronde, jamu, laksamana mengamuk, es buah, cordial juice, kopi dan teh).
Sup Ikan Asam Pedas yang Mantab
Saking banyaknya item makanan, saya sendiri tidak bisa mencicipi satu per satu. Sebagai penggemar makanan berkuah, menu pertama yg saya coba adalah sup ikan asam pedas.
Yummy… rasanya segar dan tidak begitu pedas sehingga cocok disantap tanpa nasi. Sup ini dibuat dari potongan ikan kakap merah, ditambah kubis, tomat, dan nenas. Nah, nenas ini yang paling berperan untuk kesegaran rasa supnya.
“Jarang-jarang saya dapatkan nenas dijadikan bagian dari hidangan sup. Tapi ini sungguh enak dan segar,” kata saya kepada Teh Cucum. Dia pun berpendapat sama.
Menu berikutnya adalah empek-empek Palembang yang rasanya juga lezat banget. Teksturnya lembut, ikannya kerasa, dan cukanya juga pas pedas-manisnya.
Selain empek-empek, saya juga menyempatkan diri menikmati mie aceh yang dimasak di tempat (live cooking). Rasanya juga enak dan segar karena ada campuran daging, tauge, daun bawang, seledri, dan beberapa jenis sayuran lainnya.
Untuk makanan utama, saya mencoba lauk bacah daging, ayam merah Melayu, telur kalia, sambal goreng kentang, sayur gulai, dan lainnya, ditambah anek sambal yang tersedia di stall sendiri.
Sementara para crucils, menu yang paling dituju adalah ice cream, aneka kue, fruit mountain, dan empek-empek.
Anda yang juga ingin menikmati buka puasa lezat dengan suasana sunset yang indah bisa langsung reservasi. Untuk tarif, per orangnya Rp148 ribu all you can eat. Jika ada 10 orang, maka akan mendapatkan satu free. Setiap hari menu yang disediakan berbeda-beda sehingga tidak membosankan. (sri murni)
HARRIS Resort Waterfront
Waterfront City, Batam – 29422
Tel: +62 778 381 888
Fax: +62 778 381 142
E-mail:  sales-harris-batamwaterfront@tauzia.com