Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak, Nyammm!

Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak. Foto by menixnews.com

PULANG kantor sudah pukul 16.00 WIB, bingung juga mau bikin makanan buka puasa untuk my oldest lady yang berpuasa full selama Ramadan.

Karena waktunya tidak banyak untuk masak makanan yang ribet-ribet, saya langsung berpikir mencari bahan makanan yang bisa diolah dengan cepat dan praktis.

Setelah menyempatkan diri singgah di supermarket yang tak jauh dari rumah, saya menjatuhkan pilihan untuk memasak nugget yang ready to cook.

Lihat-lihat produk yang tersedia, saya pun memilih Chicken Stick  Original dari So Good.

Selesai memilih produk, pikiran saya berputar lagi. Ini chicken stick enaknya dimasak apa ya? Yang pasti ya digoreng, tetapi penemannya saat disantap kira-kira apa ya?

Kalau hanya saus tomat atau sambal dan dicampur sedikit kecap supaya jadi saus pedas manis, rasanya kok sudah biasa.

Campuran saus tersebut memang kerap saya sajikan jika masak nugget maupun bentuk gorengan lainnya.

Namun, kali ini, saya tidak ingin menyajikan saus yang sama untuk my oldest lady di rumah, apalagi untuk menu buka puasanya. Saya ingin memberikan yang spesial sebagai peneman nugget kesukaannya.

Alhasil, kepikiran untuk membuat bumbu rujak sederhana karena my oldest lady adalah menyuka kacang tanah.

Nah, jadi deh satu menu spesial buka puasa saya dapatkan yakni Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak.  Kebayangkan, crispy-nya gorengan nugget dimakan dengan bumbu rujak dengan kacang tanah yang masih crunchy, nyammmm!

Cara bikinnya juga tidaklah sulit, bahkan bisa selesai hanya dalam waktu 15 menit di dapur. Dengan begitu, waktu sepulang kerja yang hanya dua jam menjelang azan Magrib bisa digunakan secara maksimal untuk masak makanan buka puasa, ditambah lauk pauk lain peneman sajian makanan utama, nasi.

Selain itu, saya pun masih sempat pula berberes rumah dan mengurus pekerjaan lainnya.

Resep

Bahan Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak. Foto by menixnews.com

Kembali ke Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak, untuk membuatnya diperlukan beberapa bahan yakni:

  1. Satu bungkus Nugget Chicken Stick So Good Original, bisa dibeli di supermarket terdekat dengan harga Rp 20-an ribu untuk berat 200 gram.
  2. Kacang tanah 100 gram
  3. Cabai rawit 5 biji
  4. Gula merah satu potong (kira-kira 2 ruas jari)
  5. Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Goreng kering Nugget Chicken Stick So Good dengan api sedang, angkat dan tiriskan.
  2. Goreng kacang tanah hingga matang, angkat dan tiriskan
  3. Ulek cabai rawit hingga halus
  4. Tambahkan kacang tanah dan ulek lagi hingga runyah-runyah
  5. Tambahkan gula merah dan garam secukupnya
  6. Tambahkan air secukupnya dan aduk bumbu hingga rata
  7. Sajikan Nugget Chicken Stick So Good dengan bumbu rujak

Awalnya, saya sempat khawatir my oldest lady bakal kurang suka karena saya menggunakan cabai rawit dan saya tahu dia tidak begitu suka dengan makanan pedas.

Ternyata, setelah dicicipinya, bumbu rujak tersebut tidak terlalu pedas dan justru terasa pedas manis karena menggunakan gula merah dari nira kelapa.

Setelah mencicipi potongan pertama, eh dia ketagihan dan menjadikannya sebagai lauk makan nasi. Satu piring Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak pun lenyap dalam beberapa menit.

Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak. Foto by menixnews.com

Kandungan Gizi

Meskipun olahan Nugget Chicken Stick So Good Cocol Bumbu Rujak sangat sederhana dan anti-ribet, tetapi kandungan gizinya tetap memadai.

Sumber gizi pertama berasal dari kacang tanah. Kacang tanah merupakan antioksidan yang dapat memproteksi tubuh dari penyakit jantung dan kanker serta melindungi otak anak, khususnya membran sel saraf.

Untuk anak-anak, kacang tanah merupakah salah satu makanan bagi otak karena kaya vitamin E. Menurut penelitian, segenggam kacang tanah mampu mencukupi kurang lebih 36 persen kebutuhan vitamin E bagi anak kita (parenting.co.id).

Vitamin E ini membantu sistem saraf saat memanfaatkan glukosa dalam membentuk energi yang diperlukan tubuh. Namun, perlu dicatat, bagi anak yang memiliki alergi kacang-kacangan, jangan memberikan makanan ini kepadanya.

Nilai gizi kedua, tentu saja datang dari nugget itu sendiri. Dari paparan kandungan yang tertulis dalam kemasan Nugget Chicken Stick So Good, tertera bahan pempuatnya adalah minyak nabati, protein kedelai, tepung pelapis, bumbu rasa ayam, bubuk bawang putih, bubuk bawang bombay, bubuk ketumbar, bubuk lada putih, gula, dan garam.

Jadi, sebenarnya walaupun cuma digoreng tanpa tambahan apapun, nugget ini enak disantap karena sudah lengkap bumbu di dalamnya.  SELAMAT MENCOBA! (sri murni)