Home / Bisnis / Paket Internet Murah Kuota vs Unlimited, Pilih yang Mana?
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Foto by vibma

Paket Internet Murah Kuota vs Unlimited, Pilih yang Mana?

Foto by vibma

INTERNET memang memberikan banyak kontribusi menguntungkan bagi masyarakat, disamping ada juga dampak negatifnya.

Sebagai pengguna, Anda bisa mengakses informasi, hiburan bahkan menjalankan bisnis menjadi semakin mudah.

Untuk bisa akses internet maka masyarakat harus memiliki serangkaian sarana yang dipakai. Beberapa diantaranya adalah ponsel atau komputer.

Dan,  yang paling penting adalah biaya untuk akses internet, karena kebutuhan yang tinggi terkadang pengeluaran juga bisa terbilang begitu besar. Itulah mengapa beragam provider memberikan promo paket internet murah.

Memang tidak bisa dipungkiri jika dibandingkan dengan menggunakan pulsa secara langsung untuk internetan, maka akan jauh lebih hemat jika memakai kuota data.

Berapa besar perolehan dari kuota tersebut untuk dipakai sampai dengan masa actitifnya.

Di pasaran sendiri bahkan konsumen diberikan peluang untuk pilah-pilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Supaya tidak boros, maka carilah provider yang tepat dan harga paket datanya sesuai kebutuhan. Namun, juga tetap mempertimbangkan kelancaran jaringannya. Sehingga, walau paket internet murah, kualitas tetap OK.

Sebenarnya, sistem paket internet ini sendiri terbagi atas 2 jenis, yakni versi kuota dan versi unlimitd.

Lalu apa yang membedakan keduanya?

Berikut ini yang harus Anda ketahui:

Paket internet kuota:

  1. Paket internet berbasis kuota ini seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, yaitu dalam setiap pembelian dengan nilai tertentu maka akan diberikan kuota dengan nominal berapa GB atau MB, sesuai dengan pilihan yang diberikan oleh provider yang bersangkutan. Jenis yang satu ini memungkinkan konsumen untuk pilah-pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, sehingga nantinya bisa membeli yang tidak melebihi kebutuhan dan terbuang percuma, atau bahkan kekurangan. Harga atau tarifnya lebih murah dibandingkan versi paket unlimited.
  2. Sering kali dibatasi waktu pemakaiannya untuk jam-jam tertentu, jenis ini juga terkadang memiliki ketentuan khusus untuk pemakaiannya, contohnya sendiri adalah kuota internet pagi sampai dengan malam hari dengan nominal tertentu, namun juga ada beberapa GB yang dikhususkan untuk midnight sehingga pemakaiannya hanya bisa digunakan sesuai waktu yang telah ditentukan tersebut.
  3. Saat kuota habis maka tidak akan bisa digunakan lagi, meskipun masa aktif masih ada. Hal lain yang juga patut untuk Anda ketahui adalah jenis paket internet berbasis kuota ini terbatas oleh nilai yang sudah diberikan oleh provider, sehingga ketika kuotanya habis maka Anda tak akan bisa internetan lagi, meskipun masa aktif masih ada, begitu juga ketika masa aktif habis dan kuota masih ada tidak akan bisa dipakai internetan lagi.

Paket internet unlimited:

  1. Ini adalah paket internet kebalikan dari jenis kuota, dimana nantinya Anda yang sudah terdaftar bisa memakainya untuk internetan tanpa adanya batasan, hanya saja jika melihat harga atau tarifnya lebih mahal dibandingkan dengan jenis kuota.
  2. Tak jarang diantaranya yang mulai lemot setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu, atau digunakan download terlalu banyak, karena bagaimanapun agar tidak rugi biasanya provider tetap membatasi kebutuhan pemakaian kuotanya.

Setelah mengetahui bedanya, nanti Anda bisa banding-bandingkan paket internet murah yang ingin dipilih sesuai dengan kebutuhan, apalagi untuk Anda dengan kebutuhan internet super tinggi. (*)

 

 

9 comments

  1. Aku tetap pake yang quota sih kak..biar ada budget tiap bulannya 🙂

  2. jaman now harus pinter2 ya kalau mauhemat salah satunya beli tempat yang ada promo dan bbonus

  3. Dulu seringnya beli kartu paket sih ya mba, habis, buang. Tapi sekarang satu kartu diisi ulang aja. Capek register terus.

  4. saya masih setia dengan yg paket si merah
    baik yg pra bayar dan pasca bayar
    karena bagi saya yg penting nyaman dan cepat
    beli yg murah bikin sakit hati
    apalagi ada yg ikut kondisi cuaca dan mati lampu
    duh…makin memble lah tu klu lagi hujan dan mati lampu

  5. Aku pilih pake kuota yang promo.. Lebih hemat hehehe

  6. Nyari yang nyaman dan cocok ini kdg susah juga ya, Mbak. Sejauh ini aku msh nyaman sama XL sih, di rumah full wifi, jd paket beli yg murah aja, pakenya kalau keluar rumah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.