• Home »
  • Hotel Reviews »
  • Mengenal Tradisi ‘Yu Sheng’ dan Atraksi ‘Thousand Hands’ di Pesta Imlek Turi Beach Resort Batam

Mengenal Tradisi ‘Yu Sheng’ dan Atraksi ‘Thousand Hands’ di Pesta Imlek Turi Beach Resort Batam

Foto bersama peraga busana khas Tionghoa dengan wisatawan. Foto by turi beach resort.

PESTA Perayaan Imlek 2017 yang digelar selama tiga malam berturut-turut di Turi Beach Resort, Batam, mengajarkan tradisi warga Tionghoa bagi para tamu yang datang.

Para wisatawan baik lokal maupun manca negara mengikuti acara yang digelar mulai tanggal 27, 28, 29 Januari 2017 lalu, dengan pengenalan tradisi Yu Sheng dan atraksi Tari Seribu Tangan.

Malam pertama perayaan, memulai dengan makan malam reuni “Reunion Dinner” sebagai ungkapan keberuntungan yang diperoleh di tahun lalu dan harapan untuk kesejahteraan di tahun mendatang.

Dalam acara ini menyajikan menu hidangan makan malam prasmanan dan  hidangan khusus Yu Sheng.

Acara juga dimeriahkan dengan hiburan live band, persembahan tarian khusus budaya Cina termasuk pertunjukan tari tangan seribu atau di kenal dengan “Thousan Hands” oleh Young Star Group dari Batam.

Tari “Thousan Hands” oleh Young Star Group dari Batam. Foto by turi beach resort.

Tari “Thousan Hands” oleh Young Star Group dari Batam. Foto by turi beach resort.

Di akhir acara ditutup dengan pesta kembang api.

Di malam puncak perayaannya Imlek yang jatuh pada Sabtu (28/1/2017), digelar acara Gala Dinner yang berlangsung di lobi resort dan dipandu oleh dua MC dengan menggunakan lebih dari 2 bahasa yaitu Bahasa Mandarin oleh “Agus” dari Tamarin Santana Golf dan Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia oleh “Pinky” dari Turi Beach Resort.

Di malam itu, kembali dipersembahkan tarian otentik budaya Cina yaitu pertunjukan Tari Seribu Tangan yang telah sukses memeriahkan pembukaan acara pada malam pertama perayaan.

“Turi Beach telah mempersiapkan berbagai macam program yang tentunya akan membuat perayaan Imlek tahun ini menjadi lebih bermakna dan memberikan kesan yang berbeda setiap tahun kepada seluruh tamu yang hadir di Turi Beach Resort. Mewakili Tim Turi Beach Resort, Kami sangat berterimakasih kepada Wonderful Indonesia yang berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata Indonesia atas kesetiaannya dalam mendukung acara ini” Ungkap General Manager, Bapak Sumantri Endang pada pidato pembukaannya.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Pariwisata Indonesia.

Di malam puncak, Turi Beach Resort juga mempersiapkan “Yu Sheng”.

Acara berbagi hidangan Yu Sheng. Foto by turi beach resort.

Acara berbagi hidangan Yu Sheng. Foto by turi beach resort.

Dalam tradisi Imlek, Yu Sheng merupakan sajian khusus yang berisikan irisan sayuran dan ikan mentah.

Sajian ini dipercaya sebagai  hidangan keberuntungan yang dinikmati selama Tahun Baru Imlek. Selain itu hidangan ini juga dianggap sebagai simbol kelimpahan dan  kemakmuran bagi orang yang menyantapnya.

Perwakilan tim Turi Beach dan Wonderful Indonesia bersama sama dengan para tamu mengaduk Yu Sheng sebagai simbol kemakmuran saat puncak perayaan tahun baru Imlek.

Lion Dance. Foto by turi beach resort.

Lion Dance. Foto by turi beach resort.

Menambah kemeriahan acara, pertunjukan Tari Singa yang dikenal “Lion Dance” oleh tim Barongsai.

Juga ada pertunjukan fashion show dari koleksi desainer berbakat Batam yaitu Isa Utama.

Yang tak kalah menarik adalah acara berburu angpao dan games chopstick yang melibatkan para tamu yang membuat suasana acara menjadi lebih hidup.

Foto bersama peraga busana khas Tionghoa dengan wisatawan. Foto by turi beach resort.

Foto bersama peraga busana khas Tionghoa dengan wisatawan. Foto by turi beach resort.

Acara diakhiri dengan pesta kembang api.

Sebagai penutup dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek, Minggu (29/1/2017), Turi Beach menggelar acara “stilt walker” di area resort pada siang hari.

Malam harinya, acara dimulai dengan makan malam  prasmanan  yang menghadirkan masakan otentik khas Cina dilengkapi dengan stall live cooking.

Fose di spot Imlek Turi Beach Resort. Foto by Lina Sasmita.

Fose di spot Imlek Turi Beach Resort. Foto by Lina Sasmita.

Malam ketiga kembali ditampilkan Tari Seribu tangan “Thousand hands” oleh Young Star Group. Tidak ketinggalan juga pesta kembang api yang membuat acara makin meriah. (sri murni)

Tulisan ini juga sudah diterbitkan oleh Tribun Batam.