Tiga Aktivitas Ini Bisa Bikin Ramadan Kita jadi Ramadan Ekstra

Ilustrasi Ramadan. Foto by time of india.

ALHAMDULILLAH dan INSYAALLAH kita dipertemukan lagi dengan Bulan Suci Ramadan, bulan penuh hikmah dan barokah bagi umat Islam yang beriman.

Ngomongi soal Ramadan, bagi para Moms tentu saja rutinitas jadi bertambah kan ya karena harus bangun lebih pagi menyiapkan sajian saur, dan masak sore untuk menyiapkan buka puasa.

Tapi, ingat ya Moms, meskipun aktivitas Ramadan menuntut kerja ekstra di rumah, menjalankan ibadah tetap yang utama.

Ibadah utama yang dimaksud adalah sholat lima waktu jangan sampai tertinggal, puasa jangan sampai batal (kecuali memang tidak dibolehkan puasa karena sedang datang bulan atau sakit), shotal tarawih, dan juga baca Al-Quran ya!

Agar Ramadannya lebih kerasa amal ibadahnya, bagaimana jika para Moms membuat program “Ramadan Ekstra” sendiri.

Apa itu Ramadan Ekstra? Bagi saya Ramadan Ekstra itu adalah Ramadan yang dibarengi dengan kegiatan ekstra, di luar yang wajib-wajib. Jika dianalogikan, sama halnya kegiatan ekstra-kurikuler saat kita masih sekolah dulu.

Apa saja kegiatan Ramadan Ekstra yang bisa kita lakukan?

1. Membuat buka puasa ekstra untuk kaum duafa 

Selama Ramadan, setiap hari para Moms biasanya membuat sendiri buka puasa untuk suami dan para crucils (anak-anak). Nah, tidak ada salahnya jika makanan dan minuman buka puasanya dilebihkan agar kita bisa berbagi dengan kaum duafa atau kita bisa bagikan ke masjid di dekat rumah.

Dari referensi yang saya baca, membagikan makanan buka puasa kepada orang yang berpuasa itu ternyata pahalanya sama dengan orang yang berpuasa.

Berikut hadist-nya yang saya ambil dari rumaysho.com:

Inilah janji pahala yang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

Andaikan para Moms tidak punya waktu untuk menyiapkannya sendiri, bisa melakukannya dengan cara yang lebih praktis yakni memesan atau membeli makanan jadi.

Mengenal Minuman Tradisional Melayu “Laksamana Mengamuk” dan Filosofinya

2. Menyiapkan makanan sahur ekstra 

Sama halnya dengan menyiapkan makanan buka puasa ekstra untuk kaum duafa, makanan sahur ekstra juga bisa kita siapkan.

Makanan sahur tersebut bisa dibagikan ke kaum duafa, misalnya anak-anak jalanan maupun warga kurang mampu yang ada di sekitar kita.

Menyiapkan makanan sahur ekstra sendiri, pastinya memberikan pengalaman yang mengesankan karena para Moms kudu bangun lebih dini hari agar makana bisa siap tepat waktu dan dibagikan tepat waktu pula sebelum waktu imsak tiba.

3. Berbagi baju baru ekstra 

Meskipun perbuatan baik, sebaiknya tidak hanya dilakukan pada Bulan Suci Ramadan, melainkan setiap hari sepanjang hayat, namun karena Ramadan memberikan barokah lebih, tidak ada salahnya kita berbagi lebih pula di bulan ini.

Selain berbagi makanan buka puasa dan sahur, alangkah bahagianya jika bisa berbagi baju baru kepada anak-anak yatim-piatu maupun warga kurang mampu.

Baju baru yang diberikan, bisa sekaligus dipakai untuk berlebaran bagi mereka. 

Nah, Moms untuk aktivitas Ramadan Ekstra tersebut, kini bisa dilakukan lebih mudah dan menghemat waktu serta biaya. Sebab, hampir semua kebutuhan yang diperlukan bisa didapatkan secara online, kecuali yang sifatnya bahan pangan basah atau segar.

Moms hanya perlu membuka toko-toko online dan melihat barang apa yang dibutuhkan.

Sebelum Moms berbelanja via online, misalnya di Tokopedia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar belanja tepat sasaran dan tepat juga harganya.

1. Cek dan Jangan Malas Bandingkan Harga 

Karena Tokopedia memiliki banyak sekali toko, sangat perlu membanding harga yang dibanderol setiap toko untuk masing-masing produk. Dengan begitu, para Moms bakal mendapatkan harga terbaik.

Cari membandingkannya tidaklah sulit. Cukup cari produk yang dibutuhkan dengan mengetik nama produk di kolom search, maka ribuan produk dengan berbagai harga akan muncul dan siap dipilih. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

2. Baiknya Pilih Produk dari Lokal

Agar Ramadan para Moms menjadi Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Di Tokopedia, e-commerce telah menyediakan berbagai koleksi dari hasil kreasi para kreator lokal.

Nah, beli produk dari kreator lokal ini bisa sangat berguna jika ingin berbagi baju baru untuk anak-anak yatim-piatu dan warga duafa. Tidak harus branded jika memang kualitas lokal mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau. Para Moms tentunya bisa berhemat dan bisa lebih banyak memberikannya kepada yang membutuhkan.

3. Pilih Toko Daring Terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Agar tidak tekor di ongkir, caranya adalah pilih toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi para Moms. Di Tokopedia, kita bisa mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

4. Gunakan Cara Bayar Paling Pas

Berbagai metode pembayaran sudah disediakan di Tokopedia. Mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket, semuanya ada. Jadi, para Moms kudu memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan. Kalau saya memang lebih suka dengan transfer bank karena tidak dikenakan biaya administrasi. Dengan begitu, saya bisa menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

5. Pakai Cara Kirim Barang Paling Efisien

Karena belanja online, metode pengiriman adalah komponen yang harus dipikirkan. Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, para Moms bisa membandingkan lebih dulu mana biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada agar bisa menghemat.

6. Jangan Lupakan Promo dan Diskon

Tips terakhir adalah paling disukai para Moms, ya kan? Sebelum memutuskan barang yang akan dibeli, jangan melupakan promo atau diskon dari barang tersebut, termasuk program cash back dari Tokopedia.

Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa digunakan agar program Ramadan Ekstra yang sudah tersusun bisa mendatangkan keuntungan ekstra pula untuk kita.

Nah, khusus tanggal 25 Mei ini, akan ada kejutan ekstra dari Tokopedia karena akan dibuat program khusus Ramadan Ekstra.

Program ini layaknya festival belanja online “Black Friday”. Kejutan seperti apa? Yang pasti akan membuat belanja kita lebih hemat dengan produk-produk yang lebih beragam.

Dari pengalaman saya, biasanya kejutan dari Tokopedia yang paling menarik hati adalah cash back dan gratis ongkos kirim (ongkir), selain tetap ada diskon di sana-sini. (Sri Murni)

SEMOGA RAMADAN KITA MAKIN EKSTRA dan BAROKAH! 

Baca juga tulisan menarik berikut ini!

Tips Cerdas Ajarkan Puasa Ramadan pada Anak ala Mama Menix