#Ramadan: Kopdar Bareng Punky & Haykal Bikin Ngeblog Makin Maksimal

BULAN Ramadan itu memang penuh barokah. Di bulan ini saya dan teman-teman Blogger Kepri dapat berkah upgrade ilmu nge-blog dari bloger kondang Pungky Prayitno dan vblog (video blogger) tersohor Haykal Karim yang juga seorang artis, tepatnya aktor seni peran nasional. Wajahnya pasti tidak asing lagi karena sering muncul di layar TV, baik main sinetron maupun acara lainnya.

Pungky dan Haykal. Foto by menixnews.com

Berkah itu kami dapatkan bersempena dengan acara Kopdar Bloger alias Blogger Gathering yang ditaja JNE di Novotel Batam, Jumat (9/6), mulai pukul 16.00 WIB. Tema Acaranya Unpack Creative Content with JNE. Acara ini tidak berbayar alias gratis tetapi seat-nya sangat terbatas hanya untuk 35 orang. Kata panitianya, yang daftar banyak tetapi tidak bisa tertampung melainkan dipilihlah sejumlah bloger yang aktif.
Bagi saya, workshop, seminar, dan sharing season seperti ini merupakan satu cara ampuh untuk meng-upgrade ilmu sebagai seorang bloger. Nah, agar ilmunya sama-sama bisa dirasakan, disini saya share resume dari upgrading kemarin ya. Tujuannya, agar kita, para bloger bisa sama-sama memaksimalkan passion sehingga karya tulis dan video yang dihasilkan lebih baik lagi, lebih professional lagi, dan pastinya agar bisa tersohor seperti dua bintang tamu tersebut. AMIN! Jika blog kita sudah semakin baik, maka rezeki pun akan mengalir deras, benar atau benar sekali? Yuks!
BTW busway, baik Pungky maupun Haykal, ternyata tidak hanya jago nge-blog dan vlog loh, tapi juga lihai ngocol saat sharing ilmu. Hampir dua jam ngomong, bawaannya pengin ketawa aja, bikin suasana hidup, dan pastinya konten penyampaiannya tetap penuh ilmu.
Pungky, emak-emak yang tetap ingin dipanggil dedek
Saat bertemu bloger satu ini, saya  gak menyangka kalau doi sudah berstatus emak-emak. Abis badannya langsing dan gayanya gaul abis. Gak heran juga kalau dia itu minta dipanggil dedek tepatnya dedek gemes.

Pungky saat beraksi penuh banyolan. Foto by menixnews.com

Dia mulai nge-blog sejak 2008 dengan platform multiply. Katanya, dia dulu sempat habiskan uang jutaan rupiah hanya untuk bayar internet supaya bisa gonta-ganti glitter. Lepas dari multiply, dia berganti rumah ke kompasiana.com. Namun karena di kompasiana tidak bisa gonta ganti glitter sesuai keinginannya, maka dia mulai bangun rumah sendiri meskipun masih numpang di lahannya blogspot.
Kemudian, karena tuntutan passion agar makin profesional serta perhitungan prospek dan keekonomian, Pungky memberanikan diri beli lahan sendiri dan bangun “rumah” sendiri dengan nama pungkyprayitno.com
Ternyata “rumah” barunya itu lumayan Dijadikan sumber pendapatan. Dia pun ketagihan sehingga kini punya tiga “rumah”. Selain atas namanya sendiri, dia bikin “rumah” untuk suami dan anaknya. Tapi yang mengisi, ngeberesi dan mendandani ketiga rumah itu tetap seorang Pungky. Bahkan sekarang, dia mengaku, hidup dia dan keluarganya bergantung pada konten di blog-blog tersebut.
Bagaimana tips dia membangun blog yang berkualitas sehingga disukai banyak orang termasuk para klien yang mau meng-endorse dirinya?
1. Konten yang berkualitas
Konten di blog harus berkualitas, mulai dari tulisan dan foto-foto. Untuk tulisan, Pungky punya ciri khasnya sendiri yang penuh dengan banyolan-banyolan yang bisa membuat pembaca tertawa.
Sedangkan untuk foto, sebagai content creator, dia memang tidak mau sembarangan. Foto harus maksimal dan enak dipandang. Dia bercerita, sebenarnya di samping rumahnya itu adalah kandang kambing, jadi tidak mungkin mengandalkan foto yang lokasinya di sekitar rumah. Agar fotonya bagus, dia menyempatkan diri untuk sesi foto di hari dan tempat khusus, misalnya di taman kota yang indah dan tertata tapi.
Dia juga menggunakan jasa fotografer yakni suaminya sendiri yang memang jago fotografi. Dia juga tidak segan-segan menyewa kamera dan lensa bagus jika memang diperlukan untuk menghasilkan foto yang maksimal.
“Jadi, demi foto-foto bagus yang tampil blog aku itu, adalah hasil bawa koper kemana-mana (koper isi perlengkapan dan pernak-pernik untuk pengambilan foto),” katanya.
2. Tempatkan diri sebagai pembaca
Setelah menulis dan mengambil foto, sebelum diunggah ke blog, Pungky selalu membacanya kembali dengan gaya bertutur kepada seorang teman. Dia selalu menempatkan dirinya sebagai pembaca. Jika kira-kira isinya sesuai dengan keinginan pembaca, tulisan dan foto akan di-publish. Tapi jika ternyata kontennya tidak enak atau garing, Pungky tidak segan-segan membatalkan publish-nya.
“Aku itu hidup dari konten blog, jadi harus benar-benar menjaganya. Sampai-sampai, kalau isinya tidak sesuai, ya gak jadi aku publish. Jadi biar tulisan di blog banyak yang baca, tempatkanlah diri kita sebagai pembaca bukan egois sebagai penulis,” kata Pungky.
3. Jaga konsistesi dan karakter blog
Agar blog tidak menjadi sarang laba-laba dan tetap punya pembaca setia, perlu dijaga konsistensi pengisian blog. Ya, minimal empat kali sebulan atau seminggu sekali. Pungky pun posting sesuatu yang baru di blognya itu empat kali dalam sebulan. Walaupun dia mengaku isi blognya gado-gado (tidak taat pada niche-niche tertentu) bahkan bisa menulis apa aja yang penting jadi duit, tetapi tetap harus mempertahankan ciri khas dan karakter blog.
“Karena aku orangnya suka blak-blakan dan ketawa-ketiwi, ya di blogku juga begitu. Pasti tulisanku itu ada hwhwhwhw, kwkwkwkw, kikikiki, yang ketawanya itu A-Z,”ungkapnya lagi.
4. Jaga hubungan dengan relasi
Sebagai blogger tersohor yang sudah banyak menerima job-job review, endorsement, dan aktivitas offline berbayar, Pungky mengaku sangat menjaga hubungan baik dengan para relasi atau klien. Jika sudah “dipakai” suatu perusahaan, JNE misalnya, dia akan setia pada perusahaan itu. Termasuk tidak mau menggunakan layanan ekspedisi lain selain JNE. Begitu juga untuk produk lainnya.
5. Memastikan barang endorsement sempurna
Sudah tidak terhitung entah berapa banyak produk yang di-endorse Pungky. Ada satu hal yang kerap dia jaga yakni kualitas barang. Dia selalu memastikan barang endorsement  yang diterimanya dalam keadaan baik dan sempurna. Caranya,  setiap kali paket barang datang, dia pasti membuka terlebih dahulu paket itu di hadapan kurir ekspedisi (JNE) dan memastikan barang tidak ada cacat. Jika cacat, akan dia kembalikan.
“Gak mungkin yaaku mau foto produk sepatu, misalnya, tapi kotaknya sudah penyok. Pokoknya barang yang mau di-endorse harus sempurna. Aku memang cerewet, sampai-sampai si kurir selalu antar paket ke rumah aku itu pasti yang terakhir karena pasti lama nunggui aku buka paket. Sambil nunggu, aku selalu buatkan dia teh manis, sampai-sampai dia Mas Teh,” katanya.
6. Terakhir, karena sekarang zamannya sudah video-video-an dan gak mulu tulisan plus foto, tahun ini Pungky punya cita-cita akan menjadi youtuber selain tetap konsisten jadi bloger. Satu lagi, agar blog semakin dikenal, maka rajin-rajinlah bertandang ke blog orang lain atau blog walking.
Haykal Kamil, artis yang terjun jadi Vlog (Youtubers)

Haykal Kamil, artis yang terjun menjadi Vlog. Foto by menixnews.com

Haykal Kamil memutuskan untuk jadi Vlog atau Youtuber itu setelah dirinya merasa dunia seni peran atau tepatnya sinetron TV sudah banyak yang tidak mendidik, sehingga bertentangan dengan idealisme dan hati nuraninya.
Akhirnya, dia merasa perlu membuat konten sendiri (content creator) yang isinya bisa lebih edukatif. Sehingga, sebagai public figure, dia bisa memberikan pengaruh positif kepada banyak orang.
Haykal ini, pertama nge-vlog tidak menggunakan kamera video loh, melainkan hanya HP yang dia pinjam dari pacarnya. Kok bisa keren? Nah, ada beberapa tips jitu darinya untuk vlog :
1. Vlog ladang duit
Blog maupun youtube yang bagus tentunya bisa menjadi ladang penghasilan. Ada tiga sumber duit di sana yakni Google AdSense, endorsement, dan acara offline (diundang jadi pembicara atau hanya sekadar menghadiri acara tertentu).
2. Persiapkan bahan
Sebelum tampil di depan kamera, siapkan terlebih dahulu bahan atau materi yang akan diomongin. Sehingga, begitu kamera on sudah tahu harus ngoceh tentang apa. Sumber materi, pastinya bisa dari google dan melihat kondisi lingkungan sekitar yang unik-unik.
3. Libatkan orang lain saat nge-vlog
Agar isi videonya tidak wajah kita melulu, maka libatkanlah orang sekitar untuk ikut diajak bicara di depan kamera. Misalnya, saat bikin vlog Blogger Gathering di Batam, ya ajaklah beberapa peserta berbincang-bincang dalam video yang diambil. Praktiknya, saat Haykal bikin video tentang Kopdar Blogger JNE di Batam, dia asyik ngajak ngobrol beberapa bloger yang hadir.

Haykal Kamil saat ngajak ngobrol beberapa Bloger Kepri. Foto by menixnews.com

4. Tentukan tema per hari
Video yang dibuat haruslah sinkron dari awal hingga akhir. Makanya, perlu menentukan tema per hari. Misalnya, hari ini temanya “Jalan-Jalan Random ke Tempat Makan di Batam” maka isinya bisa beberapa tempat makan yang ada di sini.
5. Jangan ambil video terlalu panjang
Video yang di-upload itu isinya jangan terlalu panjang, maka mengambilnya juga tidak perlu panjang -panjang. Jika hasil yang ingin ditampilkan hanya sekitar 3-4 menit, maka ambil video mentahnya maksimal sekitar 10 menit. Jangan sampai satu jam karena akan lelah editing-nya.
6. Gunakan video editor 
Haykal, dalam pengambilan video memang sendiri, namun untuk urusan editing, dia menyerahkannya kepada video editor yang tidak lain adalah temannya sendiri. Tujuannya, agar hasilnya lebih memuaskan.
7. Jika dalam pembuatan video, ada kata-kata atau bicara yang belepotan, maka gunakan editing dengan menambalnya pakai gambar-gambar lain yang masih sesuai.
Nah, itulah sekelumit rangkuman tips dari sharing season Pungky dan Haykal. Selain mendengarkan Pungky dan Haykal, para bloger juga diberikan beberapa kuis berhadiah voucher. Ada juga lomba live twit dan Instagram untuk empat orang pemenang. Di akhir acara, sambil berbuka puasa dan makan malam, seperti biasa, baik Pungky, Haykal maupun para bloger dan panitia seru-seruan berfoto-foto ria.

Berdiri di depan peserta saat menjawab pertanyaan dari panitia dan diberi hadiah voucher. Alhamdulillah…

Di akhir tulisan ini, saya ingin mengungkapkan bahwa kegiatan apapun bisa kita lakukan jika kondisi tubuh senantiasa sehat dan bugar. Kalaupun tubuh sedang tidak fit, maka sangat diperlukan mengonsumsi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.
Satu di antara vitamin yang berkualitas adalah Theragran-M. Vitamin ini  juga berfungsi untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.  Vitamin ini sudah tersedia di apotek-apotek dan harganya tidak mahal. Satu strip berisi empat tablet hanya Rp 17 ribu (kalau di Batam). Cukup dikonsumsi satu tablet sehari atau sesuai dengan anjuran dokter, maka khasiat pemulihan kesehatan bisa didapat. (sri murni)
SELAMAT BERKARYA PARA BLOGER & VLOG INDONESIA
NB: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.