Resep Bolu Pisang Barangan: Gampang dan Lekker !

Bolu Pisang Barangan Lekker sudah jadi dan siap disantap. Foto by menixnews.com

CERITANYA, Senin (31/7/2017) sekitar pukul 10 pagi, saya sudah tidak ada kerjaan. Urusan cuci piring, bersih-bersih rumah, dan masak sudah kelar. Saya pun bingung mau ngapai. Lihat list projek tulisan, semuanya done alias sudah kelar. Nah, kebetulan mata tertuju ke meja makan. Di sana teronggok pisang barangan yang sudah benar-benar matang.

Pisang itu saya beli beberapa hari lalu dan ternyata tidak habis dimakan. Rasanya sedih lihat makanan tersia-siakan dan saya termasuk orang yang sangat marah jika ada makanan mubazir (tidak heran jika ada acara bawa crucils, saya selalu jadi TPA alias tempat pembuangan akhir makanan mereka yang tidak habis). Bukannya rakus tapi memang hari saya sedih kalau ada makanan terbuang.

Awalnya saya bingung, ini pisang mau diapakan. Saya sendiri bukanlah orang yang jago masak tapi hobi ujicoba resep. Singkat cerita, saya mulai googling cari resep mengolah pisang barangan yang paling mudah diaplikasikan.

Ketemulah resep Bolu Pisang Barangan di cookpad yang diunggah Ahmad Syah. Saya pun mempraktikkannya dengan resep berikut ini :

Bahan-bahan

Bahan-bahan bolu pisang barangan. Foto by menixnews.com

  • 6 buah pisang barangan
  • 2 butir telur ayam
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 cangkir minyak goreng
  • 75 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • Optional tbm dan baking powder (saya pakai 1 sdt baking powder)

Cara Membuat

 1. Tumbuk kasar pisang barangan (agar nanti di bolunya masih ada texture pisang asli). Untuk menumbuknya bisa gunakan gelas kaca atau sendok nasi.
  1. Pisang barang yang sudah ditumbuk tidak terlalu halus. Foto by menixnews.com

    2. Mixer 2 butir telur bersama dengan gula + garam + (tbm Dan baking powder optional) hingga adonan telur mengembang / seperti foam lembut. Karena tidak punya mixer, saya pakai pengocok telur Listrik.

    Adonan telur dikocok pakai kocokan teluk listrik. Foto by menixnews.com

    3. Masukkan tepung terigu dengan mixer menyala bersamaan dengan minyak agar adonan tidak susah diaduk.  Lalu masukkan pisang. Mixer 1 menit. Lagi, karena tidak ada mixer saya gunakan sendok saja untuk mencampur adonan.

    Adonan yang sudah dicampur menggunakan sendok cabai. Foto by menixnews.com

    5. Tuang adonan ke wadah dan kukus sekitar 45 menit. Resep aslinya, harusnya dipanggang tetapi karena prosedurnya lama (nurunin oven dari lemari), saya mengukusnya saja dengan api sedang. Karena saya tidak punya loyang bolu, saya pakai saja tempat cetakan puding berukuran sedang.

6. Setelah 45 menit, tes denga cara memusukkan gagang sendok. Bila adonan masih menempel, tunggu kira2 5 sampai 10 menit lagi.
7. Bolu matang dan original pisang barangan tanpa pengawet. Hidangan siap disantap menemani teh atau kopi di rumah.
Gampangkan cara memanfaatkan pisang yang ada di rumah? Para suami juga bisa kok mempraktikkan resep ini tanpa harus menunggu istri turun ke dapur. Bolunya enak untuk sarapan dan kudapan di sore hari sambil nyantai sepulang kerja. Selamat mencoba! (sri murni)