Resep Paling Gampang Bikin Cemilan Tradisional “Ondol-ondol” alias “Klenyem”

Ondol-ondol alias Klenyem siap disantap. Foto by menixnews.com

NAMA cemilan kampung ondol-ondol mungkin tidak popular bagi masyarakat umum.

Tapi bagi warga Sumatera Utara, bisa dipastikan mengenal jenis makanan yang sering dijadikan menu sarapan, cemilan sore, atau makanan pendamping saat acara-acara pesta ini.

Meskipun namanya tidak popular, tapi sebenarnya jenis makanan serupa ada hampir di setiap daerah di Indonesia.

Ondol-ondol ini terbuat dari ulenan ubi dan tepung, kemudian dibentuk bola dan dalamnya diisi gula merah. Lalu digoreng kering. Rasanya gurih, lembut, dan manis.

Nah, seorang teman asal Boyolali mengenali makanan kampung ini dengan nama klenyem.

Sementara teman dari Sunda mengetahui cemilan sejenis ini dengan  nama Misro yang merupakan singkatan dari amis di njero.

Lah kok amis? Awalnya saya juga heran, kok amis padahal gak pakai ikan. Eh ternyata amis dalam bahasa Sunda berarti manis.

Jadi amis di njero (Misro) artinya manis di dalam (di njero artinya di dalam). Hahahaha… Lain lubuk lain belalang, lain daerah lain pula sebutannya meskipun bahan dasar makanannya sama.

Ondol-ondol, umumnya dibuat dari bahan dasar ubi kayu tanpa campuran. Ini merupakan kreasi sederhana warga kampung di Sumatera Utara karena bosan dengan olahan ubi yang jika hanya direbus, dibakar, dan digoreng.

Nah, kali ini saya mengkreasikan ondol-ondol tidak dari ubi kayu melainkan ubi jalar. Ini juga kreasi paling gampang untuk memanfaatkan bahan yang ada di rumah.

Jadi ceritanya, saat beberapa hari lalu belanja ke pasar, saya membeli ubi jalar berkulit ungu tapi dalamnya warna kuning.

Ketika itu, maksud hati hendak bikin cemilan bola-bola ubi bertopping keju dan ceres. Resepnya saya baca di media massa.

Karena takut gagal, sampai rumah, ubi yang saya olah jadi bola-bola ubi hanya setengah kg, sehingga masih ada sisanya.

Setelah praktik, eh ternyata kreasi membuat bola-bola ubi benar-benar gagal. Alhasil adonannya saya jadikan donat mini yang kata anak saya,” Enak juga kok Ma.” Hehehe

Ya sudahlah! Karena masih ada sisa 1/2 kg ubi jalarnya, hari ini, Jumat (13/10/2017) saya pun membuat kreasi cemilan lainnya yang pasti anti-gagal.

Kali ini, tanpa lihat resep apapun hanya berdasarkan ingatan yang pernah diajarkan orangtua dahulu, saya percaya diri untuk membuat ondol-ondol dari ubi jalar.

Nah, resepnya adalah :

1/2 kg ubi jalar (boleh jenis apapun)

1/4 tepung terigu (saya pakai cakra kembar premium)

1/4 gula merah

Garam secukupnya

Minyak goreng

Cara Membuat

Ubi jalar kulit ungu isi kuning. Foto by menixnews.com

1. Rebus atau kukus ubi jalar hingga matang, kupas, dan sisihkan.

2. Adon ubi jalar dengan tepung dan garam. Gunakan sendok nasi atau tangan saja karena ubinya lembut dan mudah dihancurkan.

3. Bantuk bola-bola kecil, kemudian pipihkan dan masukkan gula merah sesuai selera di dalamnya, lalu rapatkan dan bentuk jadi bola kembali. Jangan sampai gula merahnya keluar dari tepung ya karena nanti sulit digoreng.

4. Goreng bola-bola alias ondol-ondol dalam minyak di atas api yang kecil.

Ondol-ondol alias Klenyem siap disantap (kanan) dan yang belum digoreng.. Foto by menixnews.com

5. Angkat ondol-ondol setelah matang atau berwarna kuning keemasan, dan tiriskan.

6. Sajikan sebagai cemilan anak-anak di rumah. Bisa juga sebagai peneman minum teh dan kopi di sore hari. Gampang bangets kan! (sri murni)

Selamat Berkreasi!

Baca juga resep anti-gagal lainnya :

Resep Bikin Brownis Coklat-Putih Paling Gampang & Anti-Gagal

 

Nikmatnya Bakso Kuah So Good Bersanding Sambal Tuktuk

 

Resep Bikin Nugget Ayam Lada Hitam Paling Gampang & Yummy