Resep Gampang Bikin Selai Kacang ala Mama Menix

Selai kacang kreasi Mama Menix. Foto by menixnews.com

HI MOMS…. bikin sajian apa nih untuk keluarga tercinta, terutama untuk para crucils di rumah? Pastinya tiap hari ada saja ya ide masak untuk dikreasikan.

Sepekan ini, Mama Menix gemar banget ya sharing tentang masak-memasak. Ehm…. orangnya sih gak jago-jago banget masak, tapi memang termasuk yang gemar uji coba resep untuk sajian keluarga tercinta. Saya itu memang lebih memilih masak sendiri ketimbang beli jadi. Selain lebih irit, tentunya lebih terjamin mutu dan kesehatannya karena diolah dari tangan Mama Menix sendiri.

Namun, bagi moms yang tidak punya banyak waktu, tentu saja ingin menyajikan masakan sehat dan praktis, ya kan? Nah saya punya resep untuk sajian sarapan pagi yang sekali bikin bisa untuk beberapa hari.

Resep tersebut adalah cara membuat selai kacang yang gampang alias praktis. Resep ini terinspirasi dari suami dan duo crucils saya yang hobi makan roti tawar dengan beberapa jenis selai.

Tahun-tahun sebelumnya, selai-selai kesukaan mereka memang selalu saya beli. Namun, sejak setahun terakhir, selai-selai itu sudah saya bikin sendiri, asalkan bahannya tersedia di pasar maupun supermarket.

Ternyata tidaklah sulit membuat selai roti loh Moms… Apalagi selai kacang, gambang banget!

Resep selai buatan saya ini juga saya dapat dari seorang tetangga yang biasa kami panggil bude. Suatu hari di tahun lalu, saya kebetulan bertemu dengan bude di supermarket. Ketika itu, saya hendak membeli selai kacang. Nah, si bude melihat saya sedang pilih-pilih selai kacang. Dia menyamperi saya dan langsung berkata,”Kenapa gak bikin sendiri aja selai kacangnya?”

Dengan polos saya pun menjawab,”Hehehe gak pandai Bude.”

Saat itu juga bude mengajari cara membuat selai kacang dan keesokan harinya saya mempraktikkannya di rumah. Namun, hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Bukan salah resepnya sih, tapi kata orang “lain tangan, lain rasa” yang didapat. Saya rasa itulah penyebabnya.

Saya tidak menyerah, saya coba-coba terus, dan akhirnya saya dapat resep sendiri sesuai dengan yang harapan. Resep ini juga cocok loh diterapkan bagi para singles untuk sarapan pagi sebelum beraktivitas.

Nah, inilah resep selai kacang ala Mama Menix:

Bahan

  • 500 gr kacang tanah (boleh yang sudah dikupas kulit arinya atau yang belum)
  • 170 gram mentega
  • 150 gram gula pasir  (boleh lebih kalau memang suka manis)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  • Cuci kacang tanah hingga bersih
  • Panaskan minyak dan goreng kacang hingga kekuningan (matang)
  • Haluskan kacang (blender atau digiling)
  • Tuang ke wadah stainless steel
  • Panaskan mentega sekaligus gula pasir beberapa saat sampai gula pasir mencair (jangan terlalu lama karena bisa menjadi karamel)
  • Siramkan cairan mentega (panas-panas) ke kacang dan aduk hingga menyatu
  • Diamkan hingga dingin, kemudian masukkan ke toples kaca
  • Selai kacang siap dinikmati dan bisa bertahan hingga lima hari. Jika disimpan di kulkas bisa lebih lama. (sri murni)

SELAMAT MEMBUAT SELAI MOMS INDONESIA!