Staycation di Novotel Batam, Senyaman Apakah?

Taman median Novotel Batam. Foto by menixnews.com

SIAPA sih yang tidak kenal Novotel Hotel Batam? Saya yakin orang se-Kepri tahu hotel bintang empat yang dikelola Accor Group ini.
Hotel ini memang pernah “merajai” bisnis perhotelan di Batam beberapa tahun lalu.
Bahkan, jika ada tamu penting sekelas presiden ke Batam, paling sering menginap di hotel ini. Sebut saja Presiden keempat Megawati Soekarno Putri dan penggantinya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Saya sendiri bisa dikatakan saksi hidup tentang begitu pentingnya keberadaan Novotel bagi Batam di era 2010 ke bawah. Saat itu saya masih menjadi jurnalis yang aktif meliput.  Hampir setiap hari, saya bertandang ke hotel ini karena banyaknya acara-acara penting pemerintah dan swasta yang dihadiri orang-orang penting sebagai nara sumber.
Ketika itu, hotel berbintang di Batam masih bisa dihitung dengan jari dan tidaklah menjamur seperti sekarang.
Namun, nama Novotel beberapa tahun terakhir ini mulai meredup seiring dengan usianya yang semakin tua dan persaingan hotel-hotel berbintang yang kian banyak.
Di tengah nama Novotel yang meredup itu, pada weekend di akhir Maret 2017 lalu, saya bersama duo crucils (Azka and Kenzie) serta suami sempat menginap alias stay-cation di sini.
Saat masuk ke lobi hotel, suasananya memang berbeda dibanding tahun-tahun kejayaannya. Bukan dari sisi interior tapi dari keramaian. Dulu, lobi hotel ini bisa dikatakan seperti mal yang tidak pernah sepi baik hari kerja, apalagi weekend.
Namun saat Maret lalu, saya hanya menemukan hanya segelintir orang yang sedang duduk di lobi padahal weekend. Saya pun melihat ke areal parkir dan memang tampak lengang.
Saya jadi penasaran, saya bertanya kepada resepsionis, apakah hotel sedang sepi. Jawabnya memang sedang sepi. Hanya ada beberapa tamu.
Sambil duduk cantik di hotel dan menunggu proses check in, para tamu bisa menikmati welcome drink berupa jus (self service) yang disediakan di areal lobi.
Fasilitas Kamar Superior

Kamar Superior Novotel Batam. Foto by menixnews.com

Setelah urusan check in kelar, saya mendapatkan kamar Superior Double Bed di kamar 233. Angka depannya memang dua, tapi bukan berarti berada di lantai tiga , melainkan lantai dasar di areal bagian belakang. Letak kamarnya di belakang taman median, sehingga untuk ke kamar memang harus melewati taman ini.
Secara umum, kamar superior memang standard. Interior dan perabotnya dari kayu. Karena Novotel sudah berumur, interior kamarnya memang terkesan klasik.
Sebagai hiburan di kamar, tersedia TV yang tidak begitu besar, sekitar 19 inc. Plus jaringan internet WiFi yang ketika itu kualitasnya tidak begitu bagus.
Untuk kamar mandi, juga standard ada : shower, toilet duduk, dan washtafel, lengkap dengan handuk dan toiletries.
Satu hal yang saya temukan perbedaan kamar Novotel dengan hotel berbintang lainnya adalah keberadaan kitab suci Alquran dan Injil di dalam lemari.
Selain kamar superior, tentu saja di hotel ini tersedia kamar tipe lain yang lebih mahal seperti Deluxe, Suite, sampai President Suite yang jadi tempat bermalamnya beberapa mantan presiden Indonesia saat bertugas ke Batam.
Sebagai informasi, Novotel memiliki jumlah kamar yang cukup banyak yakni sekitar 244 kamar dengan berbagai tipe kamar.
Sarapan Pagi
Untuk sarapan pagi, sajian Novotel cukup banyak dan variatif selayaknya standar hotel bintang empat. Ada pilihan western food seperti salad, roti dengan aneka selai, pancake, omelet, dan lainnya.
Ada pula pilihan nusantara seperti nasi goreng, mi goreng, nasi uduk dengan berbagai lauk dan sayur, bubur ayam, aneka bubur manis, soto, dan banyak lagi.
Sebagai hidangan penutup, tersedia aneka buah potong serta kue-kue basah dan kering, plus kopi, teh, milo, dan jus.
Kolam Renang
Layaknya hotel berbintang empat, satu fasilitas yang wajib ada adalah kolam renang. Adanya fasilitas ini membuat Novotel cocok sebagai tempat stay-cation keluarga. Anak-anak, termasuk crucils saya, jadi tidak bosan saat berada di hotel karena bisa berenang ria.
Sayangnya, kolam renang di sini ukurannya tidak begitu besar. Untuk yang anak-anak, bentuknya agak bulat dengan diameter tidak sampai 10 meter. Sedangkan untuk dewasa, berbentuk persegi empat dengan ukuran sekitar 20×10 meter dan kedalaman 125 cm.
Enaknya kolam renang Novotel adalah indoor sehingga tidak panas meskipun berenang di tengah siang bolong. Selain kolam renang, di sini juga tersedia fasilitas gym & fitness. (sri murni)
SELAMAT BERLIBUR KELUARGA INDONESIA!