• Home »
  • Bisnis »
  • Cari Seafood Enak di Batam? Ke P3 Aja! Ada Rahasia Kelezatan di Setiap Menunya

Cari Seafood Enak di Batam? Ke P3 Aja! Ada Rahasia Kelezatan di Setiap Menunya

Pemilik P3 Live Seafood, Jenny Zhang, menunjukan menu-menu seafood. foto by menixnews.com

KOTA Batam ini memang identik dengan makanan laut atau seafood. Di setiap kawasan pasti sangat mudah ditemukan tempat makan yang menghadirkan seafood sebagai menu andalannya. Mulai dari yang skala pinggir jalan (warung tenda) dan rumahan, food court atau pujasera, kafe, sampai restoran dan hotel-hotel.

Meski banyak tempat makan seafood, pastinya setiap tempat menawarkan kekhasan masing-masing. Seperti yang ada di P3 Live Seafood yang berlokasi di Food Court Pasar Pasir Putih, Batam Centre.

Nah, Sabtu (21/10/2017) lalu, saya bersama suami dan duo crucils (Azka and Kenzie) serta teman-teman blogger lainnya (Mbak Dian and family, Cahaya, dan Ko Aji), diundang untuk menyantap beragam menu seafood di sini.

suguhannya macam-macam mulai dari ikan, kepiting, sayur tauge, mi goreng, cakue, pisang coklat, sate, kwitiau, tiram, dan lainnya.

Kelezatan Kari Kepala Ikan

Satu di antara menu yang sangat berkesan bagi saya adalah Kari Kepala Ikan Kakap Merah.

Bagi banyak orang menikmati masakan kari yang di dalamnya ada daging, ayam, dan kentang mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika isi karinya kepala ikan? Sepertinya memang tidak biasa.

Menu Kari Kepala Ikan Kakap Merah (mangkuk tengah) berada di antara menu-menu seafood lainnya. foto by menixnews.com

Menu kari kepala ikan merupakan satu di antara menu andalan yang disiapkan bagi para pengunjung.

Menurut Cece Jenny Zhang, pemilik P3 Live Seafood, keistimewaan kari kepala ikan ini adalah bahan utama kepala ikan yang digunakan yakni kakap merah segar.

Karinya pun tidak dimasak dengan santan seperti pada umumnya, melainkan menggunakan susu segar atau fresh milk.

Sebagai pelengkap, di dalam masakan tersebut diberikan sayuran berupa kacang panjang, kacang lender atau oprak, dan terong ungu, serta daun kari yang membuat masakan semakin wangi dan mengugah selerah.

“Yang pasti menggunakan bumbu yang segar dan teknik masak yang berbeda dari yang lain, sehingga kuah karinya begitu kental dan terasa lezat,” kata Jenny ketika saya ajak mengobrol.

Karena menggunakan teknik masak yang berbeda, tidak heran jika kari kepala ikan ini begitu gurih dan tidak ada bau maupun rasa amisnya.

Daging ikan pun begitu empuk, padat, dan kenyal. Menurut Jenny, untuk mendapatkan cita rasa daging ikan yang seperti itu, maka sebelum dicampurkan ke kuah kari, kepala ikan harus di-steam atau direbus terlebih dahulu.

“Ikannya juga harus yang segar agar rasanya benar-benar lezat,” tambahnya. Menu kari kepala ikan ini memang menjadi favorit para tamu yang datang.

“Biasanya tamu memesan satu porsi kari kepala ikan untuk empat orang. Harganya Rp 150 ribu seporsi,” katanya lagi.

Kepiting Telur Asin dan Lada Hitam

Selain itu, ada sederet menu istimewa lainnya yang patut dicoba karena cita rasanya tidak kalah lezat.

Dua di antaranya adalah kepiting telur asin dan kepiting lada hitam.

Untuk dua menu kepiting ini, rasanya sangat gurih dan renyah. Bahkan, kulit kepitingngnya pun terasa lunak sehingga mudah membuka daging kepiting yang tersembunyi di dalamnya.

Bawal Emas Asam Manis

Ikan Bawal Emas Asam Manis. Foto by menixnews.com

Selama ini saya seringnya mendengar ikan bawal putih atau hitam. Nah, ternyata ada ikan bawal emas loh. Dan, ikan ini masuk kategori menu favorit di P3 Live Seafood.

Lihat foto di atas, warnanya sungguh menggoda apalagi rasanya. Potongan nenas dan tomat segar membuat perut semakin kriuk-kriuk.

Rasa ikan ini juga gurih dan lembut. Sangat cocok untuk makan anak-anak karena rasanya yang tidak terlalu pedas.

Untuk sayur, yang paling diminati di sini adalah tumis tauge ikan asin, jamur tumis, brokoli, dan kangkung tumis.

Cakue Isi Seafood

Cakue isi seafood. Foto by menixnews.com

Satu lagi menu yang sayang untuk dilewatkan adalah cemilian cakue.

Cakue di sini memang paling istimewa karena berbeda dari biasanya. Jika cakue kebanyakan hanyalah berupa roti goreng tanpa isi, di sini justru cakue berisi seafood dengan pilihan udang, cumi, dan ikan.

Saat disajikan, cakue yang sudah digoreng dan dipotong-potong diberikan toping mayonnaise dan saus sambal. Teksturnya begitu empuk dengan rasa yang gurih.

Selain menu-menu andalan, di sini juga tersedia menu paket hemat dengan harga mulai Rp 50 ribu untuk tiga orang.

Menurut Cece Jenny, nama P3 Live Seafood ini merupakan kependekan dari Pasar Pasir Putih. P3 Live Seafood yang sudah mulai beroperasi sejak 26 September 2016, buka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 24.00 WIB.

Cece Jenny juga menerima pesanan nasi kotak, katering, dan lainnya

Di pujasera ini juga tersedia gerobak-gerobak yang menyediakan beragam pilihan makanan lainnya seperti tiram goreng, kwitiau ekonomi, sate tambak, pisang keju, ketoprak, dan banyak lagi.

Kami pun mencicipi aneka makanan tersebut dan meminta Cece Jenny menjadi foto model sejumlah menu dari lapak-lapak tersebut.

Ingin langsung menikmati sajian istimewa P3 Live Seafood? Cuss ke Pujasera Pasar Pasir Putih yang lokasi nya tidak jauh dari Simpang Ocarina Batam Centre.

Atau bisa langsung hubungi yang empunya tempat makan Cece  Jenny Zhang 081277921988.

Happy Culinary Keluarga Indonesia!

NB : Sebagian isi tulisan ini sudah diteribitkan harian Tribun Batam edisi Senin (23/10/2017)