Tips Hidup Murah di Luar Negeri: Belanjalah di Hari Jumat & Sabtu

HIDUP di luar negeri, gak semuanya serba mahal loh! Jika kita tahu tips dan triknya, hidup bisa jadi sangat murah.

Nah, kali ini saya ingin sharing pengalaman hidup murah di luar negeri, khususnya untuk belanja kebutuhan pangan.

Ada dua kota yang saya paparkan di sini yakni, Canberra, Australia dan Oslo, Norwegia.

1. Belanja Hemat Hari Jumat di Australia

Barang-barang kebutuhan pangan yang dijual di Aldi, Canberra

Rata-rata di Australia hari kerja itu adalah dari Senin sampai Jumat.

Kalau sudah hari Jumat, ada istilah Friday Night yakni Jumat malam yang menjadi malam banyak orang bersenang-senang, semisal hang out, kongkow di cafe dan ‘mabuk-mabukan’ sampai pagi karena esoknya libur kerja.

Friday juga menjadi hari surga belanja. Di hari ini, biasanya pusat perbelanjaan sangat ramai karena dipenuhi warga yang belanja segala kebutuhan.

Banyaknya warga yang belanja di hari Jumat karena kebanyakan shopping centre, khususnya yang menjual kebutuhan pangan, akan tutup di akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Para pekerja shopping centre juga ingin menikmati libur akhir pekan. Lagipula, jika mempekerjakan orang di akhir pekan, harus bayar dua kali lipat dari hari biasa.

How Are You Going ala Australia yang Bikin Bingung!

Belanja di hari Jumat banyak sekali keuntungannya terutama banyak diskon.

Karena rata-rata supermarket tutup di Sabtu dan Minggu, makanya di hari Jumat toko-toko buah, sayuran, susu, roti, dll banyak memberikan diskon sebagai upaya menghabiskan stok yang ada.

Diskon yang diberikan bisa sampai 80 persen. Anggur merah, misalnya, yang biasanya dijual 6 dolar per kg, kalau sudah hari Jumat jadi 2 dolar.

Begitu juga dengan roti, susu segar, bahkan telur ayam. Untuk tiga jenis pangan ini tentu saja terkait masa berlaku. Rata-rata expired-nya satu pekan.

Di hari Sabtu dan Minggu, tidak semua toko tutup karena ada beberapa yang tetap buka, terutama toko yang dikelola atau dimiliki oleh orang Asia.

2. Sabtu Murah di Oslo

Salah satu sudut pasar di Oslo. Foto by menixnews.com

Lain Canberra, lain pula Oslo. Di Oslo, hari belanja murah adalah hari Sabtu.

Hari ini menjadi hari yang sangat ramai di pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Oslo terutama di toko-toko yang menjual kebutuhan harian.

Hari Sabtu merupakan hari terakhir bagi masyarakat Oslo untuk berbelanja kebutuhan harian karena hampir semua toko akan tutup di hari Minggu.

Hari Sabtu juga menjadi hari diskon. Toko-toko sayuran dan buah-buahan menawarkan barang dengan harga sangat murah, bahkan bisa lebih dari 50 persen lebih murah ketimbang hari-hari sebelumnya.

Pengalaman Seru Berburu Barang Seken di Pasar Loak “Loppemarkeder” Oslo

“Hari Sabtu ditargetkan semua dagangan khususnya buah dan sayur serta ayam, ikan, dan daging bisa habis terjual karena kalau tidak makan akan busuk. Hari minggu kami tutup dan baru akan buka lagi hari Senin dengan barang-barang yang serba baru,”kata Like, seorang pemilik supermarket yang berlokasi di Gronland, salah satu pasar di Oslo.

Warga kelas menengah bawah dan yang berstatus mahasiswa, biasanya memanfaatkan hari Sabtu untuk belanja kebutuhan harian untuk satu pekan.

Semua yang dibeli bisa disimpan di dalam kulkas agar tetap segar.

(sri murni)