Tips Cerdas Saat Pertama Kali Menginap di Hotel Berbintang

Contoh kamar hotel.

KAMU yang baru pertama kali menginap di hotel berbintang tak perlu bingung ataupun kikuk. Dengan menyimak ulasan ini, staycation kamu di hotel berbintang akan semakin menyenangkan.

Selalu ada kali pertama, begitu pun saat menginap di hotel berbintang untuk liburan, pekerjaan, atau hal lainnya.

Berikut beberapa tips saat pertama kali menginap di hotel berbintang yang dikutip dari Kompas Travel.

Reservasi Online

Sebelum menginap, tentunya penting bagi kamu untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Ada baiknya reservasi dilakukan setidaknya dua hari sebelum menginap.

Kamu bisa menyesuaikan tipe kamar yang sesuai kebutuhan. Misalkan, Standard Room adalah kamar dengan fasilitas standard pada hotel tersebut. Satu tingkat di atasnya ada Deluxe Room. Kemudian, ada beberapa tipe premium seperti Family Room, One Bedroom Suite, dan Presidential Suite.

Selain menentukan tanggal dan lamanya menginap, pastikan kamu mendapatkan tipe kamar yang diinginkan. Cari hotel berbintang bisa dilakukan langsung dari situs hotel tersebut, atau lewat beberapa situs pemesanan hotel, seperti Reservasi.com

Waktu Check-in dan Check-out

Mayoritas hotel di Indonesia, termasuk hotel berbintang, punya jam check in dan check out yang sama.

Tamu biasanya boleh check in pukul 14.00, dan check out pukul 12.00 keesokan harinya.

Meski begitu, beberapa hotel menerapkan kebijakan early check in dan late check out.

Jika kamu tiba di kota tujuan lebih pagi, kamu bisa meminta pihak hotel untuk early check in sebelum pukul 14.00.

Sama halnya dengan late check out, biasanya tamu diberikan waktu tambahan hingga 1 jam untuk check out dari hotel. Namun tentu saja, kamu harus mengomunikasikannya terlebih dahulu kepada pihak hotel.

Deposit

Saat check in, kamu akan diminta kartu kredit untuk deposit atau jaminan. Besarnya uang deposit biasanya sesuai dengan nominal harga selama Kamu menginap.

Jika kamu menginap dalam rangka tugas kantor, pada saat check out resepsionis akan meminta kembali kartu kredit kamu untuk kemudian mengembalikan uangnya secara penuh.

Namun bagaimana jika kamu tidak punya kartu kredit? Kamu harus membawa uang tunai sebagai jaminan. Jumlah nominalnya pun tergantung masing-masing hotel.

Sama seperti kartu kredit, uangtunai yang jadi jaminan pun akan dikembalikan begitu kamu check out dari hotel.

Perlengkapan Mandi

Masuk ke dalam kamar mandi, perlengkapan mandi bisa kamu gunakan secara gratis. Sebut saja sabun, sampo, dan sikat gigi. Biasanya perlengkapan mandi tersebut diletakkan dalam wadah kecil, atau dalam kotak karton.

Namun, jangan sampai kamu membawa pulang handuk, keset, atau hair dryer. Beberapa barang tersebut tak boleh dibawa pulang, termasuk juga bantal dan semua barang lainnya di hotel.

Bedakan Keset dan Handuk Mandi

Bentuknya mirip dan warnanya biasanya sama. Keset yang terlipat diletakkan di dekat bathtub atau shower, sementara handuk terlipat di bagian atas. Bisa di toilet atau bagian atas bathtub.

Kunci Hotel

Di hotel-hotel berbintang, kunci kamar kamu tidak akan konvensional seperti kunci rumah. Kunci yang diberikan berbentuk kartu sensor. Tinggal tap kartu kamu di sensor yang ada di bagian luar pintu.

Kartu ini juga berfungsi untuk menyalakan listrik di dalam kamar. Jangan lupa membawa kunci setiap kamu keluar kamar. Jauhkan pula kartu dari benda-benda elektronik.

Jika kamu membawa barang-barang berharga, hotel berbintang biasanya punya safety deposit box. Simpanlah barang berharga kamu dalam kotak ini agar lebih aman.

Sarapan

Biaya menginap di hotel berbintang sudah termasuk sarapan, biasanya disajikan secara prasmanan. Tanyakan kepada pihak hotel, di mana sarapan disajikan.

Umumnya sarapan bisa dinikmati di restoran hotel tersebut.

Pastikan pula waktu sarapan yang berlaku di hotel tersebut. Biasanya, sarapan disajikan mulai pukul 07.00-10.00.

Fasilitas hotel

Jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas hotel mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia. Misalnya spa, fitness, kolam renang, atau bahkan ruang laundry.

Tanyakan apakah kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut secara gratis. Selain itu, jika kamu kurang mengerti soal cara mengoperasikan alat fitness yang mungkin baru pertama kali kamu temui, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada petugas hotel.

Internet

Biasanya hotel berbintang punya fasilitas internet gratis (WiFi), namun tidak disediakan secara gratis. Tanyakan terlebih dahulu fasilitas internet di hotel tersebut, terutama soal harganya.

Meski begitu, kini banyak hotel berbintang yang juga menyediakan WiFi gratis. Namun, kamu tetap harus memastikan, apakah WiFi tersebut tersedia di seluruh ruangan hotel atau hanya di bagian lobby.

Perhatikan Barang Bawaan

Sebelum meninggalkan hotel, lakukan pegecekan kembali semua barangbawaan kamu. Jika ada barang yang tertinggal di hotel berbintang, biasanya akan disimpan oleh pihak hotel tersebut.

Ini karena saat menemukan barang tamu di kamar, petugas kebersihan (cleaning service) akan menyerahkannya kepada pihak hotel. Namun ada baiknya kamu memeriksa seluruh bagian kamar, termasuk kamar mandi sebelum check out.

Nah, untuk kamu yang sedang cari hotel murah, temukan di Reservasi.com, diskonnya hingga Rp 1 juta lho. (*)