• Home »
  • Inspirations »
  • Cara Jitu Tingkatkan Traffic Blog Langsung dari Google Adsense dan Geniee agar Dolar Mengalir Deras

Cara Jitu Tingkatkan Traffic Blog Langsung dari Google Adsense dan Geniee agar Dolar Mengalir Deras

Para peserta pelatihan Maximize dan monetize blog.

NGELMU (menuntut ilmu) seputar SEO (search engine optimization) kembali saya dan kawan-kawan Blogger Kepri ikuti, Minggu (22/4/2018).

Kali ini ngelmu SEO kami adakan di auditorium Gedung Y, Universitas Putera Batam (UPB), Batuaji.

Tak tanggung-tanggung, yang datang sebagai mentor adalah Miss Tarn dari staf Google Singapura, Mas Febri dari Geniee yang menangani Google Adsense, Mas Yudha dari Geniee, dan Manager Geniee sendiri yakni Mas Patra.

Acara ini tidak hanya dihadiri awak Blogger Kepri tetapi juga perwakilan mahasiswa UPB dan Duta Adsense, Mas Dian.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi komunitas Blogger Kepri dengan Geniee dan Google serta bekerjasama dengan kampus UPB.

Even ini mengambil tema “Maximize your Traffic and Monetize” yang sangat diperlukan bagi para pemilik blog agar blog yang dikelola tidak sekadar menjadi media publikasi tulisan sendiri melainkan juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi para blogger.

7 Langkah Mudah Membuat Blog Kita Sendiri di WordPress

Dalam sambutannya, Manager Geniee, Patra, mengatakan, Geniee selaku Google Certified Publishing Partner merupakan mitra bagi para pemilik media massa online dan blogger.

Media massa online besar di Indonesia seperti Kompas Group, Tribunnews, Detik, dan lainnya telah bekerjasama dengan Geniee dalam hal monetize web site sehingga penghasilan perusahaan bisa meningkat dari pendapatan iklan online.

Ada banyak paket yang disediakan Geniee dalam pemasangan iklan di media massa dan blog dengan bagi hasil pendapatan yang sama-sama menguntungkan.

Sementara itu, secara teknis, para blogger diajarkan bagaimana agar performa blog bisa lebih baik sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar pula.

Beberapa tips jitu yang disampaikan para mentor, di antaranya:

1. Konten Unik dan Panjang

Febri dari Geniee yang menangani Google Adsense  memaparkan tentang SEO Practice atau praktik search engine optimization.

Dia menegaskan, kunci paling penting agar sebuah blog maupun web site mendapatkan revenue dari iklan online yang terpasang di blog melalui Google Adsense adalah harus meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan blog tersebut.

slide SEO dari Geniee

Agar blog banyak dikunjungi, tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan, diantaranya konten harus unik dan kreatif dengan jumlah kata dalam konten tersebut minimal 1.000-1.200 kata.

“Bahkan standar global itu harusnya 2.000-2.500 kata agar terindex dengan baik oleh Google dan masuk dalam laman pertama SEO Google,”katanya.

2. Harus Mobile Friendly

Selain itu, tampilan blog atau web juga kudu diperhatikan, terutama untuk tampilan pada handphone.

Sebab, saat ini warganet lebih banyak membuka web dari handphone ketimbang laptop maupun PC.

Jadi para blogger yang belum setting tampilannya menjadi mobile friendly, yuks cepat-cepat setting ya guys!

3. Selalu Berpijak pada Google Analytic

Pada kegiatan tersebut, hadir pula sebagai pemateri Miss Tarn selaku staf Google Singapura.

Dalam paparannya, dia menyarankan agar para blogger menyajikan konten sesuai dengan tren statistik yang terpampang pada Google Analytic.

Misalnya, jika pembaca blog kebanyakan dari Indonesia dan blognya seputar traveling, maka konten yang disajikan baiknya memang seputar tempat-tempat wisata yang menarik di Indonesia.

Jika memang audiensinya warga lokal, tidak perlu bersusah payah untuk menulis blog dalam bahasa asing.

Miss Tarn dari Google Singapura dan Mas Febri dan Geniee. Foto by menixnews.com

Namun, jika menargetkan pembacanya berasal dari luar, maka sangat perlu informasi dalam bahasa Inggris dan isinya tentang bagaimana orang luar bisa berwisata nyaman di Indonesia.

4. Agar bisa Di-monetize Google Adsense

Dalam kesempatan tersebut, Tarn berjanji, bagi blogger yang ingin webnya di-monetize untuk adsense, dirinya akan membantu secara maksimal.

Begitu juga bagi blogger yang sudah mengajukan Google Adsense tapi belum disetujui, maka dirinya akan membantu.

Soal approval Google Adsense ini memang sangat disambut antusias para peserta.

Baca juga ngelu SEO sebelumnya di sini ya!

Tingkatkan Traffic Blog, Saya NGELMU SEO Bareng Blogger Kepri di D’Merlion Hotel Batam

5. Agar Dolar Mengalir Deras

Beberapa peserta juga curhat tentang masalah yang mereka hadapi. Salah satunya Kak Rina yang curhat, mengapa sudah dua tahun penghasilan dari Google adsense hanya sekitar 8 dolar AS.

Menjawab pertanyaan tersebut, Miss Tarn, menyampaikan secara umum. Beberapa di antaranya, harus ada strategi agar pengunjung blog lebih ramai  dan penempatan iklan yang juga sesuai dengan standar Google Adsense.

Untuk ukuran dan penempatan iklan, tentunya bisa dipilih atau mengikuti saran dari Google Adsense yang sudah tersedia jika blogger sudah punya akun Google Adsense.

Satu hal lagi, jangan sering-sering ganti templet blog apalagi pakai template yang dianggap tidak familiar oleh Google Adsense. Akibatnya, iklan tidak akan muncul di blog kita.

Tips agar blog menghasilkan pundi-pundi, bisa dibaca di sini ya!

Lima Info Dasar yang Patut Dipahami Agar Blog Kita Menghasilkan Uang

Dia juga menjelaskan, bagi blog yang adsense-nya belum disetujui, kemungkinan karena ada beberapa yang kurang memenuhi syarat seperti, konten blog bukan karya original alias copy-paste atau template-nya kurang familiar dengan adsense.

Setelah mendengarkan materi para mentor, saatnya kami menikmati makan siang bersama dan sholat Zuhur.

Makan siang bersama

Setelahnya, acara dilanjurkan dengan tanya jawab, lebih tepatnya curhat kesulitan yang dihadapi para blogger terkait adsense dan SEO. Acara ini ditutup dengan foto bersama.

Bagi yang ingin tahu materi detail yang disampaikan manajemen Geniee, bisa membukanya link di bawah ini. Isinya adalah slide-slide yang mumpuni dan sangat berguna.

Materi SEO dari Geniee

Sebagian tulisan saya di sini juga sudah terbit di TRIBUNBATAM.id 

Semoga bermanfaat ya dan mari saling berbagi informasi untuk maju bersama ! (sri murni)