• Home »
  • Bisnis »
  • Pilih Tunik atau Gamis untuk Ramadan dan Lebaran Tahun Ini? Intip Dulu Trennya ya!

Pilih Tunik atau Gamis untuk Ramadan dan Lebaran Tahun Ini? Intip Dulu Trennya ya!

ALHAMDULILLAH! Para Moms dipertemukan lagi dengan Ramadan tahun ini dan semoga dipertemukan pula dengan Lebarannya.  Ramadan dan Lebaran memang momen religi tahunan yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim. 

Nah, bicara soal Ramadan dan Lebaran, para Moms pastinya sudah menyiapkan segala sesuatunya donk ya! Mulai dari kesiapan rohani maupun jasmani agar bisa menjalankan ibadah Ramadan sampai akhir dan turut dalam kegembiraan Lebaran tentunya.

Dari sekian banyak persiapan, perlengkapan pribadi selama Ramadan dan Lebaran jangan sampai dilupakan, termasuk persiapan busana muslimahnya.

Kok busana penting sih? Ya iyalah penting, kan beribadah kepada Yang Maha Kuasa kudu berbusana yang baik, bersih dan rapi. Masa kalau hendak bertemu teman saja yang harus berbusana rapi, beribadah kepada Sang Khalik mestinya jauh lebih rapi donk ya!.

Umumnya, para Moms yang muslim pasti punya koleksi gamis dan tunik kan ya sebagai busana hari-hari baik di rumah maupun di luar rumah. 

Busana mana sih yang paling disukai Moms antara tunik dan gamis? Kalau saya sih suka kedua-duanya karena memang nyaman dan tidak lekang oleh zaman. Lagipula, fungsinya pun berbeda-beda, sehingga waktu makainya juga disesuaikan dengan momen.

Nah, sebelum memutuskan hendak menambah koleksi baju tunik terbaru maupun gamis, ada baiknya Moms memahami terlebih dahulu perbedaan keduanya.

Tunik

Kata tunik yang berasal dari bahasa Inggris tunic berarti pakaian longgar menutupi dada, bahu, dan punggung. Gaya busana ini berasal dari bangsa Yunani dan Romawi Kuno. Awalnya, busana ini dikenal dengan nama tunica.

Meskipun sekarang tunik menjadi tren busana kaum hawa, ternyata dulunya adalah pakaian khusus pria dan anak laki-laki loh. Dari dulu tunik ini memang memiliki ciri-ciri berlengan panjang (ada juga yang tanpa lengan) dengan panjang melewati pinggul bahkan ada yang mendekati lutut. Untuk keperluan tertentu, ada kalangan yang memakai tunik yang panjangnya sampai pergelangan kaki.

Di zaman dulu, warna tunik yang dikenakan menandakan derajat atau strata di dalam masyarakat. Misalnya, prajurut mengenakan tunik warna putih, sementara para kaisar mengenakan warna ungu. Untuk warga biasa, memang sangat dilarang mengenakan tunik warna ungu karena warna itu hanya untuk sang kaisar.

Cara mengenakan tunik zaman dulu dan sekarang, ternyata tidak jauh berbeda yakni menambahkan hiasan di sekitar pinggang atau sabuk.

Lantas bagaimana dengan tren baju tunik terbaru untuk 2018 ini? Jika dilihat dari tunik yang didesain para fashion designer, gayanya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.  Beberapa di antaranya adalah:

1. Tunik Berkancing Depan

Foto: mataharimall

2. Tunik Floral

Foto: mataharimall

3. Tunic Blouse 

Foto: mataharimall

Kenapa saya suka tunik dan kapan mengenakannya?

Tunik, menurut saya adalah busana wanita yang multifungsi. Dipakai santai ayo, dipakai resmi juga OK. Bagi saya pribadi, mengenakan tunik sangat simpel dan tidak ribet. Apalagi saya yang memang tergolong orang yang sederhana dan tidak mau repot dalam  berbusana.

Dengan mengenakan baju tunik terbaru sebagai atasan dan celana panjang sebagai bawahannya, selalu ready dalam momen apapun, termasuk untuk ke kantor atau menghadiri acara yang formal, termasuk untuk berlebaran. Tampil tetap percaya diri meski dalam gaya busana yang simple.

Gamis

Berapa banyak koleksi gamis yang Moms miliki? Kalau saya sih tidak sebanyak baju tunik. Koleksi gamis saya yang tidak begitu banyak, umumnya saya kenakan pada acara-acara keagamaan dan di hari pertama Lebaran, tepatnya saat sholat Idul Fitri. Biasanya, gamis yang saya kenakan saat Lebaran selaras dengan suami dan duo crucils. 

Apa sih sebenarnya baju gamis itu? Dilihat dari sejarahnya, gamis memang berasal dari kebudayaan yang berbeda dengan tunik. Jika tunik dari bangsa Romawi dan Yunani kuno, gamis berasal dari bangsa Arab.

Di negari asalnya, gamis biasa disebut  Abaya yakni busana khusus wanita Muslim yang longgar dan tidak menampakkan bentuk tubuh, tidak transparan, dan tidak ketat. Umumnya, busana ini memang bewarna hitam. Warna hitam ini juga sekaligus sebagai upaya tidak menarik perhatian lawan jenis ketika keluar rumah. 

Namun, di Indonesia gamis sudah mengalami bertransformasi dari bentuk dasar, terutama soal warna dan corak. Gamis di tanah air sudah didesain dengan warna-warni dan corak yang beragam mengikuti tren yang berubah-ubah.

Untuk tren gamis 2018 ini, beberapa pilihannya adalah:

1.Gamis Khansa Dress

Foto: mataharimall

2. Gamis Sakura

Foto: mataharimall

3. Gamis Bridal

Foto: mataharimall

Nah Moms, cantik-cantik ya pilihannya! Satu hal yang perlu diingat Moms, apapun yang menjadi pilihan busana Ramadan dan Lebaran tahun ini, yang terpenting adalah tetap mengutamakan kenyamanan saat memakainya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya Moms! (sri murni)

SELAMAT BERIBADAH dengan KHUSUK!