• Home »
  • My travelling »
  • 20-30 Oktober Ini Ada Festival Bahari Kepri di Tanjungpinang. Apa Sih yang Bisa Dilihat? Baca Ulasannya Ya!

20-30 Oktober Ini Ada Festival Bahari Kepri di Tanjungpinang. Apa Sih yang Bisa Dilihat? Baca Ulasannya Ya!

baliho-fbk-colorlandscape-5x10m

KOTA TANJUNGPINANG akan menjadi pusat hajatan besar Festival Bahari Kepri (FBK) 2016 yang berlangsung selama 10 hari mulai 20-30 Oktober 2016.

Sebagai orang yang tinggal di Kepri, meskipun bukan lahir disini, rasanya sebuah kewajiban, tepatnya panggilan jiwa, untuk ikut menyukseskan acara tersebut.

Apalagi, acara ini merupakan bagian dari event nasional Sail Karimata 2016 yang sudah mendunia dan akan dihadiri Presiden Jokowi.

Penyelenggara telah merancang dengan kemasan yang ‘aduhai’ yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Sebagai warga Kepri, cara menyukseskan hajatan budaya bahari ini tidaklah sulit. Cukup datang ramai-ramai bawa anak, saudara, tetangga, dan teman sebanyak-banyaknya untuk menikmati beragam sajian yang telah disiapkan penyelenggara.

Menurut saya, tidak ada ruginya mendatangi event yang jarang-jarang digelar seperti ini.

Pertama, pastinya kita akan mendapatkan hiburan plus pengetahuan yang lebih dalam tentang kebudayaan negeri dimana kaki kita menginjaknya.

Kedua, waktu kita tidak terbuang sia-sia karena sambil kumpul-kumpul bersama teman dan saudara di area festival, kita bisa memanjakan mata dengan beragam tontonan yang menyegarkan.

Ketiga, yang suka eksis di media sosial, arena ini tentu saja menjadi ajang tepat untuk selfie dan wefie.

Agar tahu apa saja yang bisa dinikmati selama FBK berlangsung, mari kita bedah satu per satu agendanya:

  1. Pembukaan acara FBK akan dilaksanakan pada Kamis (20/10/2016) yang ditandai dengan Kegiatan Eco Heroes yakni kegiatan gotong royong massal melibatkan 1200 anggota kelompok sadar wisata dan aparat keamanan dari anggota TNI dan Polri.
  2. Tanggal 21-23 Oktober diselenggarakan Dragon Boat Race di kawasan jembatan Sungai Carang Tanjungpinang. Khusus kegiatan di Sungai Carang ini, memiliki nama sendiri yakni Festival Sungai Carang (FSC) yang menghadirkan parade drum band dan festival Gurindam 12. Dua kegiatan ini, selain dragon boat race tentunya, selalu hadir dan menjadi tontonan tak terpisahkan setiap event tahunan (FSC). Nah, tahun ini festival ini khusus digelar bersempena meramaikan Festival Bahari Kepri (FBK). Dua kegiatan ini akan diikuti kaula muda yang berasal dari sejumlah sekolah. Kedua event ini merupakan perpaduan kreativitas anak muda modern yang tidak melupakan akar budaya. Jika Anda ingin menikmati bagaimana Gurindam 12 itu disyairkan di tanah sang penciptanya, jangan lewatkan festival ini.

    Festival Sungai Carang, foto diambil dari www.tanjungpinangpos.co.id

    Festival Sungai Carang, foto diambil dari www.tanjungpinangpos.co.id

  3. Tanggal 26-30 Oktober dilaksanakan Wonderful Indonesia Sailing yang diikuti 100 kapal yacht asing yang akan melayari perairan Kepri dan finish di depan Pulau Penyengat.

    Yacht. Foto diambil dari sabkinatuna.blogspot.com

    Yacht. Foto diambil dari sabkinatuna.blogspot.com

  4. Pada tanggal yang sama bertempat di lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang juga dilaksanakan pameran Wonderful Kepri Expo yang menampilkan produk UKM, Pariwisata dan Maritim.
  5. Tanggal 28 Oktober dilaksanakan Seminar Nasional Wisata Bahari oleh Kementerian Pariwisata RI di Tanjungpinang.
  6. Sore harinya, di tanggal yang sama, akan digelar event Kepri Carnival dengan tema Kultur Bahari.
  7. Tanggal 29 Oktober adalah puncak acara FKB yang bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Puncak acara ini akan dipusatkan di Gedung TIC Kota Tanjungpinang Jalan Hang Tuah Tepi Laut. Mengingat secara historis kejayaan Kerajaan Riau Lingga terjadi di kawasan ini dan pemandangan sunset dari tempat ini juga sangat indah jelasnya.
  8. Tanggal 30 Oktober akan dilaksanakan Traditional & Modern Games yang akan melibatkan masyarakat serta wisatawan.

CANNOT WAIT TO JOINT THIS EXCITED EVENT