Mudahnya Beli Asuransi Kebakaran di happyOne.id

Ilustrasi kebakaran rumah. (rumah)

SUDAH sangat lama saya dan suami mempertimbangkan ingin membeli asuransi kebakaran sebagai bentuk perlindungan untuk rumah yang kami tempati. Walaupun selama kurang lebih 10 tahun tinggal di rumah ini aman-aman saja, tetapi musibah kebakaran bisa saja terjadi dan semoga dijauhkan Allah akan hal tersebut. AMIN!

Kendala yang kami hadapi selama ini untuk merealisasikan rencana pembelian premi asuransi kebakaran adalah keterbatasan waktu untuk mengurusnya secara manual. Manual dimaksud adalah pergi ke kantor asuransi dan menyerahkan dokumen yang diminta plus penandatanganan polis.

Saya dan suami masih terikat pekerjaan di hari kerja. Kami hanya punya waktu libur saat akhir pekan. Di akhir pekan pun, waktu sudah tersita untuk urusan keluarga mulai bermain dengan anak, mengerjakan pekerjaan rumah, belanja, sampai jalan-jalan alias refreshing.

Alhasil asuransi kebakaran untuk rumah kami tidak juga kami urus, sampai kami menemukan satu layanan asuransi yang dibuka secara online. Namanya adalah happyOne.id yang baru diluncurkan oleh Asuransi Astra pada Rabu, 17 Oktober 2018 lalu di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta.

Suasana konferensi pers peluncuran Happyone.id hari ini (17/10) di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat.

happyOne.id ini menyediakan empat produk utama asuransi yakni Asuransi Kecelakaan Diri (happyMe), Asuransi Pendidikan (happyEdu), Asuransi Kebakaran (happyHome), dan Asuransi Perjalanan (happyTrip). Harga preminya sangat terjangkau mulai dari Rp10.000.

Karena kami sedang membutuhkan asuransi kebakaran, saya pun langsung mengecek dan membaca dengan detail tentang happyHome-nya.

Begitu buka website happyOne.id, langsung tertera produk happyHome, dan klik menu info lengkapnya.

Untuk asuransi kebakaran ini, ternyata ada dua pilihan yakni happyHome Fit dan happyHome Plus. Keduanya punya harga premi berbeda dan nilai pertanggungan yang berbeda pula. Premi terendah adalah Rp 98.750. happyHome Fit lebih murah ketimbang happyHome Plus.

Meskipun berbeda, kedua produk tersebut memberikan perlindungan rumah tinggal maupun rumah yang disewakan apabila rumah mengalami FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke), berupa biaya penggantian risiko.

Selain itu, happyHome juga memberikan manfaat tambahan berupa:

  • Biaya tempat tinggal sementara.
  • Biaya pembersihan puing.
  • Biaya pemadam kebakaran.
  • Santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran.

Saya pun mencoba untuk membeli premi happyHome Fit dengan cara:

  1. Klik BELI SEKARANG yang ada di bagian atas laman happyHome.
  2. Pilih “Rumah Ditempati Sendiri”
  3. Masukkan “Harga Bangunan” rumah (Saya pilih Rp250.000.0000)
  4. Dan, tersajilah langsung pilihan paket happyHome Fit dan happyHome Plus lengkap dengan benefit yang akan diterima serta perkiraan biaya preminya. Karena happyHome Plus lebih mahal sekitar Rp85 ribu, benefit yang didapat pun lebih banyak. Untuk rumah saya, premi happyHome Fit setahun hanya Rp103.000 dan happyHome Plus Rp187.500. Detailnya bisa dilihat screen shoot di bawah ini:

    Tabel premi dan benefit happyHome.

  5. Setelah itu, isilah setiap pertanyaan tentang “Informasi Bangunan”.
  6. Langkah berikutnya adalah mengisi data diri serta mengunggah dokumen yang diperlukan.
  7. Untuk besaran uang yang dibayarkan, selain nominal polis, nantinya juga dikenakan biaya administrasi sebesar Rp50.000.
  8. Setelah semua proses selesai, bisa bayar langsung via virtual account bank yang tersedia. Bisa BCA KlikPay atau Bank Permata.
  9. Untuk klaim, karena saya belum pernah klaim jadi belum bisa berbagi secara detail. Tetapi di situs happyOne.id tertera layanan customer service Garda 1500112 akses yang bisa selama 24 jam. Layanan ini termasuk akan membantu urusan klaim. Prosedur klaim juga tertera dengan jelas di laman tersebut.

Membuat Akun

Sebelum membeli premi asuransi yang dibutuhkan di happyOne.id, kita harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya sangat gampang, tinggal pilih menu daftar di bagian sudut kanan atas.

Setelah klik, akan muncul form yang harus diisi seperti ini:

Form untuk membuat akun di happyOne.id.

Nantinya akan ada kiriman email sebagai verifikasi dan proses pembuatan akun pun selesai.

Pembuatan akun ini disebut dengan sistem OneID yang bermakna, satu akun di happyOne.id bisa digunakan untuk membeli produk asuransi apa saja yang tersedia di sana. Dengan cara ini, tentu saja lebih praktis dan memudahkan konsumsen. Ini sesuai dengan tagline happyOne.id yakni “My All in One Insurance”.

Pilihan Produk happyOne.id

Jika di atas saya sudah sampaikan secara detail pembelian asuransi kebakaran, nah di bagian ini saya berbagi informasi tentang produk lain dari happyOne.id yakni:

1. happyMe dan happyMicro

happyMe dan happyMicro merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan utama berupa santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan pada ahli waris akibat kecelakaan yang dialami tertanggung. Ada perbedaan kedua asuransi jiwa ini.

Tapi asyiknya, kita bisa menentukan sendiri biaya pertanggungan atau premi yang diinginkan pada masing-masing produk tersebut. Dengan demikian nilai perlindungan akan diberikan sesuai dengan premi yang dibayarkan.

Dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu:

  • Santunan rawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan (minimal 5 hari dirawat berturut-turut).
  • Tunjangan kehilangan pendapatan karena cacat tetap keseluruhan.
  • Santunan biaya pemakaman.

Syarat dan Ketentuan Umum:

  1. Berlaku 24 (dua puluh empat) jam sehari di manapun di seluruh wilayah teritorial Republik Indonesia atas risiko kecelakaan diri yang tidak dikecualikan dalam polis.
  2. Diperuntukkan bagi usia lebih dari 17 hingga 64 tahun
  3. Periode asuransi berlaku selama 1 tahun.

Untuk happyMicro yang merupakan asuransi mikro, juga memberikan perlindungan berupa santunan meninggal akibat kecelakaan, meninggal dunia karena sakit, dan juga santunan biaya pemakaman dengan premi yang sangat terjangkau. Asuransi mikro ini tidak memiliki manfaat tambahan seperti happyMe. Untuk syarat dan ketentuan umumnya tetap sama.

2. happyEdu

happyEdu adalah asuransi pendidikan yang memberikan perlindungan utama berupa santunan biaya pendidikan untuk anak apabila tertanggung utama meninggal dunia karena kecelakaan.

Kita juga menentukan sendiri biaya pertanggungan atau premi yang diinginkan dan manfaat yang diberikan akan disesuaikan dengan premi yang dibayarkan.

Hampir sama dengan happyMe, happyEdu memiliki dua pilihan yakni happyEdu dan happyEdu Micro. Bedanya, happyEdu Micro tidak memiliki manfaat tambahan seperti yang disematkan pada happyEdu berupa:

  • Santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan.
  • Santunan rawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan (minimal 5 hari dirawat berturut-turut).
  • Tunjangan kehilangan pendapatan karena cacat tetap keseluruhan.
  • Santunan biaya pemakaman

Untuk syarat dan ketentuan umumnya seperti berikut:

  1. Berlaku 24 (dua puluh empat) jam sehari di manapun di seluruh wilayah teritorial Republik Indonesia atas risiko kecelakaan diri yang tidak dikecualikan dalam polis
  2. Diperuntukkan bagi usia lebih dari 17 hingga 64 tahun.
  3. Periode asuransi berlaku selama 1 tahun.
  4. Memiliki anak kandung yang sah secara hukum usia 1 – 21 tahun.

3. happyTrip

Produk terkahir dari happyOne.id adalah happyTrip. Bagi para traveler termasuk saya yang suka boyong keluarga jalan kemana-mana, happyTrip ini sangat penting sebagai perlindungan selama traveling.

Ada dua pilihan yang disediakan yakni untuk perjalanan dalam negeri, happyTrip Domestik, dan perjalanan luar negeri, happyTrip Internsional.

Beberapa manfaat yang diberikan dengan membeli happyTrip adalah:

Memberikan perlindungan atas resiko sebelum dan selama perjalanan dalam negeri.
Beberapa keunggulan asuransi perjalanan happyTrip Domestik:

  1. Perlindungan Pembatalan Perjalanan
    Penggantian biaya perjalanan yang telah dibayar di muka bila adanya pembatalan perjalanan karena hal-hal di luar kuasa tertanggung.
  1. Perlindungan terhadap Bagasi dan Barang Pribadi
    Perlindungan atas kehilangan dan kerusakan bagasi termasuk barang-barang di dalamnya serta barang yang dipakai atau dibawa selama melakukan perjalanan
  1. Biaya Medis Akibat Kecelakaan
    Penggantian biaya medis yang diperlukan akibat kecelakaan selama perjalanan Anda.
  1. Perlindungan Keterlambatan Penerbangan
    Santunan untuk setiap 8 jam keterlambatan pada pesawat, kereta api atau kapal laut (sampai batas maksimum yang tertera dalam sertifikat polis) akibat kejadian di luar kuasa tertanggung serta pertanggungan atas biaya pembatalan, biaya akomodasi, dan biaya tambahan lainnya yang muncul akibat adanya perubahan jadwal.
  1. Evakuasi Medis Darurat dan Repatriasi
    Pengaturan dan pembiayaan evakuasi dan repatriasi apabila Tertanggung mengalami keadaan darurat medis akibat sakit ataupun kecelakaan yang dijamin dalam polis.

Perlu diingat, untuk happyTrip internasional, manfaat kelima berupa evakuasi medis dan repatriasi, tidak diberikan

Asyiknya membeli asuransi di happyOne.id ini, kita bisa langsung melakukan pembelian secara online dan tersedia fitur yang memaparkan informasi pengecekan riwayat polis kita. Jadi semuanya kita lakukan di dunia maya alias di depan laptop, PC, atau handphone, sehingga tidak perlu repot-repot harus pergi ke kantor asurasi. (sri murni)