Home / Inspirations / Cara Atasi Rambut Rontok dengan Cepat
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
rambut rontok
Ilustrasi rambut fotong. Photo: istimewa

Cara Atasi Rambut Rontok dengan Cepat

rambut rontok
Ilustrasi rambut rontok. Photo: istimewa

MOMS and DADS, tulisan kali ini saya ingin sharing pengalaman cara mengatasi rambut rontok dengan cepat.

Suatu pagi, sekitar tiga bula lalu, seperti biasa begitu bangun tidur saya langsung menyisir rambut. Nah, ada yang membuat saya terkejut begitu selesai bersisir. Jumlah rambut yang ada di sisir begitu banyak. Bahkan terasa banyak saat digenggam di tangan.

Padahal biasanya jumlah rambut yang tercabut itu hitungan jari. Saya pun kaget, kenapa tiba-tiba rambut saya rontok. “Ah mungkin karena rambutnya kusut saja makanya saat di sisir banyak yang rontok,”pikir saya ketika itu.

Saya pun tidak ambil pusing dan melanjutkan aktivitas seperti biasa. Nah, saat siang dan malam hari menyisir rambut, kejadian serupa berlangsung. Rambut saya rontok sangat banyak. Begitu juga hari-hari berikutnya.

Saya mulai cemas. Apa yang menyebabkan rambut saya rontok ya? Apakah karena sempat berketombe? Atau tidak cocok dengan samponya? Atau faktor usia yang tidak muda lagi? Atau sedang stress karena sedang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan?

Jujur saja, sampai usia menginjak kepala empat, tidak pernah mengalami rambut rontok. Bahkan ketika usai melahirkan, rambut saya tidak pernah rontok secara tidak normal. Saya juga tidak berganti-ganti sampo.

Sampai sekarang saya tidak tahu pasti apa penyebab kerontokan rambut saya. Kemungkinan adalah stress karena saat itu memang sedang banyak pekerjaan dan bekerjaran dengan tenggat waktu yang mepet.

Atasi dengan Cara Alami

Untuk mengatasi masalah ini, saya membaca beberapa referensi cara mengatasi rambut rontok secara alami. Beberapa yang harus dilakukan adalah:

  1. Makanan makanan yang menunjang untuk menyehatkan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut yakni makanan yang berprotein tinggi dan mengandung omega, seperti daging dan makanan laut.
  2. Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dua jam sebelum keramas. Karena di rumah saya menanam lidah buaya, jadi sangat mudah untuk melakukan hal ini.

Apakah cara alami ini manjur? Ehm…. cara alami ini tentu saja memerlukan waktu yang lama mungkin berbulan-bulan baru memperlihatkan dampaknya.

Dan, karena saya tidak sabar untuk menunggu lama dan ntah sampai kapan akan memberikan efek positif guna menghentikan kerontokan rambut, saya pun menambahkan cara yang lebih instan.

Malu ke Salon, Terpaksa Potong Rambut Sendiri

Saking parahya kerontokan rambut yang saya alami, menyebabkan jumlah rambut saya sangat sedikit. Bahkan saat ingin ke salon untuk memotong rambut agar lebih mudah dirawat, saya malu karena kulit kepala sudah menunjukkan kebotakan.

Alhasil saya meminta anak saya yang sulung untuk memotong rambut saya dengan teknik sederhana “potong rambut ala sendiri” dan mengikuti tutorial di YouTube.

Awalnya Pakai Hair Tonic Lidah Buaya Natur

Seraya terus melakoni cara alami mengatasi kerontokan rambut, saya juga mencoba cara instan yakni menggunakan hair tonic dan sampo anti rontok dan penumbuh rambut.

Saya sempat enggan menggunakan cara instan ini dan tetap memilih cara alami. Namun, setelah beberapa minggu menjalani 100 persen cara alami, tidak ada tanda-tanda kerontokan rambut berkurang. Dan, kepala saya mulai botak. Jumlah rambut saya pun sangat sedikit.

Dari bincang-bincang bersama beberapa teman yang pernah mengalami kerontokan rambut, mereka menyarankan saya untuk memakai produk Natur. Saya pun mencobanya.

Hair Tonic Natur
Hair Tonic Natur varian Aloe Vera Extract. Photo by menixnews.com

Awalnya saya mencoba menggunakan Natur Natural Extract Hair Tonic dengan varian Alue Vera Extract dalam bentuk spray atau semprot (bukan sampo). Saya pilih produk ini karena di kemasannya tertulis manfaatnya untuk menutrisi dan membantu menjaga kesuburan rambut.

Produk ini juga sejalan dengan perawatan alami yang sedang saya lakukan yakni mengoleskan gel lidah buaya.

Namun, setelah beberapa minggu memakainya, tidak ada efek positif. Justru rambut saya lebih rontok karena hair tonic yang digunakan pasca keramas membuat akar rambut saya terasa semakin rapuh dan mudah tercabut. Jangankan disisir, dibelai saja banyak yang tercabut.

Pilih Sampo Natur Ekstrak Gingseng

Atas rekomendasi teman, saya mengganti produk Natur yang saya gunakan yakni dengan Natur Natural Extract Shampoo varian Ginseng Extract untuk merawat kekuatan akar rambut.

Sampo Natur
Sampo Natur varian Ginseng Extract. Photo by menixnews.com

Saya menghentikan penggunakan hair tonic yang sebelumnya. Nah, Alhamdulillah setelah beberapa hari menggunakan sampo ini, kerontokan rambut sangat berkurang. Bahkan Setelah kurang lebih dua pekan menggunakannya, kerontokan rambut saya berhenti total.

Andaikan ada yang tercabut dari kulit kepala, jumlahnya hanya hitungan jari. Itu pun terjadi saat menyisir rambut.

Perlahan, anak-anak rambut mulai tumbuh di kulit kepala saya dan botak yang sempat terlihat jelas, kini mulai terutupi dengan rambut baru.

Setelah menggunakan sampo tersebut, saya memang menghentikan pengolesan gel lidah buaya karena kondisi rambut saya kembali normal. (sri murni)

NB: Tulisan ini bukanlah sponsor post, melainkan murni pengalaman saya. Bisa jadi produk yang saya ceritakan di sini, akan memberikan dampak positif atau negatif yang  berbeda jika digunakan orang lain. 

2 comments

  1. Rambutku pun rontok parah efek ketombe juga…dah pake sampoo anti ketombe pun masih tak ilang..begitu juga dng rontoknya rambut..cobalah kupakai natur dulu buat rontoknya ini biar berkurang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.