Home / Inspirations / Puding Leci Kental Manis untuk Camilan Keluarga
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Buah leci segar

Puding Leci Kental Manis untuk Camilan Keluarga

MOMS….. tidak terasa ya setahun sudah kita hidup di tengah pandemi Covid-19. Pastinya banyak cerita suka dan duka. Dan, selama pandemi ini banyak moms yang memiliki waktu luang bersama keluarga, termasuk menyediakan aneka sajian untuk mereka.

Sudah berapa banyak kreasi baru makanan yang dibuat? Ehmmmm kalau belum ada, kini saatnya mencoba kreasi baru camilan keluarga biar semakin betah di rumah!

Kali ini saya ingin mengajak moms bikin Puding Leci kental manis. Apalagi selama masa pandemi ini, bisa dibilang ada banyak waktu untuk memasak. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai kreasi makanan menggunakan kental manis, kan?

Banyak yang bisa kita lakukan untuk membangkitkan mood agar tetap bahagia di masa pandemik ini. Antara lain meditasi, olahraga, dan masak. Memulai tahun dengan belajar hidangan kesukaan, especially dengan menggunakan bahan kental manis bisa jadi langkah menarik untuk membuat suasana hati lebih baik.

Siapa sih yang tidak suka kental manis? Berkreasi mengolah hidangan kesukaan di awal tahun juga sekaligus bisa jadi sarana menambah keahlian kamu dalam meramu makanan kesukaan dengan bahan-bahan pilihan yang berkualitas.

Sebelum membahas lebih jauh soal masak, berikut ini ada resep Puding Leci Susu dengan kental manis yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan resep makanan menggunakan kental manis yang akan kamu masak nanti.

Buah leci segar
Buah leci. Foto: liputan6

Puding leci ini menawarkan kesegaran yang cocok sekali disantap sebagai dessert setelah makan siang atau jadi teman minum teh atau kopi di sore hari bersama keluarga untuk rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Puding Leci Kental Manis

Bahan-Bahan:

  • Agar-agar bubuk plain 11 gram
  • Agar-agar bubuk rasa leci 11 gram
  • Gula 150 gram
  • Air 700 ml
  • Sari leci 200 ml
  • kental manis 50 ml
  • Leci 180 gram

Cara Membuat:

  1.  Dalam membuat puding leci, siapkan panci untuk melarutkan bahan-bahan utamanya. Pertama tuang air, sari leci, agar-agar bubuk plain dan agar-agar bubuk rasa leci, serta kental manis. Aduk hingga seluruh bahan agar-agar bubuk dan air merata
  2. Larutkan bahan agar-agar bubuk dengan cara memanaskan panci tersebut di atas api kecil sambil tetap diaduk hingga mendidih. Pastikan titik didihnya jangan sampai mengeluarkan bubble yang besar. Lalu matikan api
  3. Siapkan cetakan atau wadah untuk membentuk puding leci kental manis ini Susun buah leci yang sudah dipotong kecil-kecil pada cetakan tersebut sesuai selera kamu
  4. Setelah berhasil menyusun buah leci, selanjutnya kamu bisa tuangkan adonan puding yang sudah mendidih tadi sedikit dulu sampai lecinya tertutup
  5. Biarkan puding leci kental manis mendingin sekitar sepuluh menit sampai pudingnya setengah terbentuk. Lalu, kembali masukan adonan puding kental manis yang belum dituang untuk menutup layer sebelumnya
  6. Masukan puding leci kental manis yang sudah dingin ke dalam kulkas agar bentuknya lebih sempurna.
  7. Puding Leci kental manis siap disantap untuk segarkan harimu!

Nah, puding leci menggunakan kental manis ini bisa kamu jadikan camilan di rumah untuk disantap bersama keluarga tersayang. Dengan tambahan kental manis ini, setiap kreasi masakanmu akan terasa lebih lezat!

Fakta Memasak di Era Pandemi

Kembali bahas soal masak sebagai metode menghilangkan stress. Yuk kita kupas satu per satu!

Terapi Paling Asyik dan Mudah

Buat kamu yang mudah terserang resah, memasak bisa menjadi sebuah terapi bagi kamu yang mudah dalam mengatasi itu. Pasalnya, memasak dikenal sebagai sebuah aktivitas yang mampu menghilangkan rasa cemas dan stress. Meskipun begitu, tidak serta merta dengan mulai memasak rasa khawatir yang kamu alami akan hilang.

Untuk menghilangkan rasa cemas dan stress dengan memasak, syaratnya kamu harus menikmati kegiatan ini. Ketika kamu menikmati kegiatan memasak ini, ada hormon yang dihasilkan yang dapat membuat suasan hati kamu bagus lagi baik saat maupun setelah memasak tersebut.

Bisa dibilang, syarat untuk menjadikan masak ini sebagai sebuah terapi adalah kamu memang hobi memasak, suka memasak, dan ingin mencoba memasak. Perlu diingat, untuk terapi memasak ini, tidak harus karena kamu jago masak. Tapi, dengan rutin memasak, kamu pasti akan lebih jago dari sebelumnya Psst, jangan lupa juga selalu sedia kental manis sebagai salah satu bahan masakan di rumah ya!

Men-Challenge Diri

Tidak sedikit orang yang berusaha menghilangkan kecemasannya dengan menantang dirinya. Termasuk dengan menantang diri melalui masak. Makanya, niat atau keinginan itu perlu. Namun, perlu kamu pahami, dalam menjadikan masak sebagai sebuah terapi bagi diri agar terbebas dari stress, challenge yang kamu lakukan untuk menantang diri ini tidak boleh diikuti dengan ekspektasi yang tinggi atas hasil dari masakan tersebut.

Kamu bisa gunakan saja bahan masakan yang ada di sekitar kamu dan didapatkan dengan mudah. Kamu bisa mencoba menantang diri dengan bahan-bahan sederhana tersebut jadi sebuah hidangan favorit dan juga lezat.

Akses internet dalam mencari resep yang mudah juga akan membantu kamu menyelesaikan tantangan yang kamu buat. Jika sudah berhasil, akan ada rasa puas dalam diri kamu sendiri. Selain itu, dalam memasak, kamu pun tidak perlu memuaskan  ekspektasi orang terhadap rasa masakan tersebut, karena kamu tahu segala usaha yang kamu tuangkan.

Menyibukan Diri

Kreatif dan produktif adalah cara menyibukan diri agar melupakan rasa stress dan cemas. Khusus memasak, kreatifitas dan produktifitas kamu disini akan dibawa dengan lebih asyik. Kamu sibuk tapi tidak harus membuat otak bekerja berat.

Justru semua masalah yang kamu simpan di kepala yang dirasa tidak perlu kamu pikirkan perlahan-lahan akan terlupakan. Seiring waktu yang kamu pakai untuk memasak waktu yang biasa kamu gunakan untuk memikirkan hal-hal yang tidak perlu tersebut jadi lebih berguna. Tentunya tidak membuat kepalamu pusing seperti sebelumnya.

Hubungan Harmonis di Rumah

Stress kamu juga bisa hilang seiring dengan semakin harmonisnya hubungan kamu dengan orang rumah. Daripada memelihara terus pikiran negatif dan hal-hal yang tidak perlu kamu pikirkan itu, lebih baik kamu berkumpul bersama anggota keluarga lain di dapur.

Masak-masak dan suruh sebagian lainnya makan. Tahu gak, salah satu rasa bahagia bagi yang suka masak adalah saat melihat orang yang memakan makanannya sambil tersenyum dengan lahapnya!

Kecemasan Higienitas Berlebih

Akibat pandemik ini, tidak jarang ada yang parno saat beli makan dari luar. Oleh karena itu, dengan memasak sendiri rasa cemas akibat hal tersebut bisa dikurangi. Kita lebih tenang saat makan ataupun saat melihat orang rumah makan makanan yang bisa kita pastikan sendiri higienitasnya.

Nah, kalau sudah tahu memasak bisa menjadi metode terapi yang paling mudah kamu lakukan, jangan ragu lagi untuk masuk dapur dan mencoba berbagai resep untuk mengolah makanan kesukaanmu di rumah. Kreasikan berbagai makanan menggunakan kental manis untuk mendukung kegiatan memasakmu.

Rasakan sensasi baru di saat kamu begitu fokus mulai dari menyiapkan bahan, memikirkan kira-kira akan dibuat apa bahan tersebut, berapa takaran yang kamu perlukan untuk setiap bumbunya, mengatur api agar tingkat kematangannya sesuai, sampai senyum bahagia yang kamu rasakan ketika mendapatkan rasa yang menurut kamu pas. Apalagi kental manis juga gampang buat dicari.

Dengan memikirkan hal positif ini, sedikit demi sedikit rasa cemas yang kamu miliki perlahan-lahan akan kamu lupakan. Yuk, berkreasi dengan berbagai menu camilan lezat menggunakan kental manis! (*)

SELAMAT MENCOBA!

 

 

4 comments

  1. Agar-agar itu masakan paling praktis buat leluarga dengan anak-anak kecil. Dan anak-anak selalu suka

  2. Berkreasi dirumah buat cemilan itu memang jauh lebih memuaskan karena kita sendiri yg atur berapa banyak yang nak dibuat trus lebih merasa aman aja kalo tangan sendiri yang buat

  3. Pas pandemi ini memang seru eksperimen masak di rumay

  4. Wah boleh nih dicoba buat cemilan krucils di rumah..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.