Home / Bisnis / Cara Desain Kartu Nama yang Menarik dan Profesional Tanpa Ribet
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Ilustrasi mendesain kartu nama.

Cara Desain Kartu Nama yang Menarik dan Profesional Tanpa Ribet

KARTU nama umumnya digunakan sebagai salah satu alat kalangan profesional agar lebih mudah dijangkau klien atau mitra bisnis.

Dengan menambahkan beberapa desain grafis seperti desain logo profesional pada kartu nama tersebut, maka kartu nama akan menjadi alat yang kreatif dalam mendongkrak brand bisnis anda.

Dengan demikian, desain kartu nama yang kreatif akan memberikan keuntungan yang luar biasa bagi bisnis anda.

Selain itu, desain kartu nama yang kreatif akan memberikan banyak manfaat lainnya berupa menjadikan perusahaan anda berkesan profesional, mempertegas company profile,  membuka jaringan yang lebih luas, dan sebagai media mini promotion atas produk bisnis anda.

Maka dari itu, meskipun ukurannya kecil, desain kartu nama berdampak besar untuk marketing bisnis anda.

Berikut ini akan diberikan beberapa tips desain kartu nama, cara membuat desain kartu nama, dan beberapa rekomendasi jasa desain kartu nama yang cocok untuk anda.

Tips-Tips Membuat Desain Kartu Nama

Kartu nama harus dibuat dengan desain grafis yang tepat. Anda tidak bisa sembarangan memilih desain, atau hanya beranggapan asal jadi saja sudah cukup.

Dalam dunia bisnis kartu nama menjadi salah satu alat komunikasi perbisnisan.

Maka dari itu, anda harus jeli dalam menentukan desain kartu nama yang akan anda gunakan. Berikut ini adalah tips-tips dalam desain kartu nama khusus untuk anda.

1. Menyertakan Desain Logo Professional

Logo merupakan ciri khas dari produk bisnis yang anda kelola. Maka dari itu, logo harus memenuhi syarat desain logo profesional.

Dalam hal ini, desain logo profesional dapat dinilai dalam hal efisiensi, simpel, dan tidak rumit.

Logo merupakan hasil dari desain grafis yang tidak hanya dicantumkan dalam kartu nama saja. Logo perlu dicantumkan dalam berbagai benda yang berkaitan dengan produk bisnis anda seperti stempel, produk promosi, kerta berkop, kemasan produk, dan seragam karyawan anda.

Maka dari itu, dimulai dengan desain logo profesional maka selanjutnya anda baru akan bisa membuat desain kartu nama.

2. Menyertakan Informasi dalam Desain Kartu Nama

Kartu nama membutuhkan beberapa informasi, namun tidak sebanyak informasi dalam brosur atau company profile.

Anda cukup menyertakan informasi yang penting saja terkait pribadi anda, seperti nama lengkap, nomor kontak, jabatan, dan nama sekaligus desain logo profesional perusahaan anda.

Terlalu banyak informasi justru akan membuat kartu nama tampak membosankan dan kurang estetika.

3. Pemilihan Font untuk Desain Kartu Nama

Pemilihan font sangat menentukan apresiasi untuk desain kartu nama anda. Pemilihan font yang tidak tepat, akan membuat fungsi dari kartu nama menjadi berkurang.

Lebih baik tidak menggunakan banyak jenis font, cukup satu font utama dan satu font sebagai variasi saja. Selain jenis font, anda juga harus menyesuaikan ukuran font yang tepat untuk desain kartu nama anda. Ukuran font harus disesuaikan dengan ukuran kartu nama yang akan anda buat nanti.

Sebagai penyeimbang keindahaan desain kartu nama, anda bisa memanfaatkan fungsi artistik seperti bold (tebal), italic (miring), atau underline (garis bawah). Namun kembali pada inti kesederhanaan font anda, jangan menggunakan terlalu berlebihan.

4. Pemilihan Warna Tepat untuk Desain Kartu Nama

Warna merupakan unsur yang dapat memberikan keeleganan pada desain kartu nama anda. Ini adalah focal point penting untuk setiap elemen desain grafis.

Desain kartu nama yang elegan, sebaiknya menghindari warna-warna yang kontras dan mencolok. Sebab, akan membuat desain kartu nama anda terkesan amatir.

Kesan ini akan memberikan pencitraan yang negatif pada perusahaan anda. Langkah aman untuk pemilihan warna adalah standar warna gelap seperti hitam, abu-abu, atau biru tua.

5. Penata Layout Rapi pada Desain Kartu Nama

Kartu nama merupakan kelengkapan yang memiliki sifat formal, maka tatalah layout yang rapi dan teratur.

Buatlah variasi kata dengan aturan alinea, seperti center, rata kiri, atau rata kanan.

Anda juga harus memperhatikan penggunaan huruf kapital yang tepat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

6. Terapkan White Space untuk Desain Kartu Nama

Kartu nama membutuhkan ruang kosong yang berguna bagi pembaca agar dapat fokus pada beberapa titik informasi yang diberikan.

White space juga berfungsi untuk membuat desain kartu nama tampak profesional, kreatif, dan elegan.

7. Keserasian Dua Sisi pada Desain Kartu Nama

Kartu nama berfungsi sebagai alat promosi produk bisnis anda. Oleh karena itu, desain kartu nama harus dibuat unik dengan memperhatikan keserasian pada dua sisi.

Misalnya, anda menggunakan huruf timbul untuk desain kartu nama anda atau menyertakan tulisan kecil yang kreatif di sisi belakang kartu nama anda.

Dalam konteks keserasian dua sisi ini, anda harus memperhatikan pemilihan bahan yang tepat untuk menjadikan desain kartu nama anda lebih kreatif dan unik.

Cara Membuat Desain Kartu Nama

Perkembangan teknologi yang bergerak di bidang informasi dan digitalisasi saat ini, sangat memungkinakan bagi anda untuk membuat desain kartu nama sendiri.

Ilustrasi mendesain kartu nama.

Banyak layanan penyedia aplikasi dan software yang bergerak di bidang desain grafis.

Dengan adanya layanan seperti ini, anda dapat melakukan desain kartu nama yang kreatif dan desain logo profesional yang sesuai dengan selera anda.

Untuk membuat desain kartu nama, anda dapat memanfaatkan media desain grafis dalam bentuk software atau aplikasi berbasis android.

1. Membuat Desain Kartu Nama dengan Software

Software desain grafis untuk desain kartu nama anda digunakan jika anda hendak membuat desain grafis pada perangkat laptop atau komputer.

ada banyak penyedia software desain grafis yang bisa anda pilih, di antara ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, sebaiknya anda memperhatikan cara penggunaan, keamanan bagi perangkat anda, dan syarat-syarat yang diberikan oleh penyedia layanan software desain grafis.

Berikut ini beberapa rekomendasi software desain kartu nama yang bisa anda pilih.

Anda cukup mengunjungi website terkait untuk mengetahui cara menggunakannya. Software-software tersebut antara lain:

  • Card works, paling direkomendasikan bagi pemula yang belum terlalu menguasai coreldraw atau photoshop.
  • Clickable card, memiliki kelebihan dalam segi interface dan input informasi, dan ekspor berbagai tipe gambar.
  • Page wonder, yang memungkinkan anda membuat desain kartu nama dengan menyisipkan teks 3d.
  • Decadry business card software, sangat mudah digunakan karena hanya memberikan 4 langkah untuk membuat desain kartu kredit.
  • Easy card creator, cocok digunakan bagi anda yang ingin membuat desain kartu nama yang sederhana.

2. Membuat Desain Kartu Nama berbasis Web (Online)

Selain dengan software, anda juga bisa membuat desain kartu nama secara online dengan memanfaatkan jasa website desain grafis. Website-website yang bisa anda pilih antara lain:

  • Business card star, yang menyediakan lebih dari 100 template desain kartu nama untuk anda. Lakukan registrasi terlebih dahulu dan mulailah membuat desain kartu nama.
  • Template4cards, menyediakan beberapa template yang bisa dijadikan inspirasi untuk desain kartu nama
  • Business card line, selain menyediakan template desain kartu nama secara gratis, anda juga dapat ekspor kartu nama anda dengan berbagai pilihan tipe gambar.
  • Canva, website ini adalah yang paling populer dan canggih dari seluruh desain grafis untuk kartu nama berbasis web.

3. Membuat Desain Kartu Nama di Aplikasi

Tidak hanya untuk software dan website saja, desain grafis telah merambah seiring perkembangan penggunaan aplikasi berbasis android yang diprakarsai oleh google play store.

Aplikasi yang direkomendasikan untuk anda adalah business card maker, digital business card maker, benbo dan lain sebagainya.

Membuat desain kartu nama di smartphone jauh lebih mudah untuk anda lakukan. Anda hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi yang telah tersedia di google play store, melakukan registrasi dan mulai membuat desain kartu nama anda.

Gunakan Jasa Desain Grafis 

Ilustrasi mendesain kartu nama.

Jika anda mempunyai kemampuan dalam desain grafis dan dapat membuat desain kartu nama sendiri, maka sangat baik untuk anda membuatnya sendiri. Namun, jika anda tidak bisa, sebaiknya anda menggunakan jasa desain grafis. Anda cukup mengunjungi jasa desain grafis terdekat atau yang anda percaya dan melakukan beberapa diskusi mengenai desain kartu nama anda. Bahkan, anda bisa mendiskusikan terlebih dahulu desain logo profesional untuk kelengkapan desain kartu nama anda.

Dengan menggunakan jasa desain grafis, anda cukup menerima hasil kartu nama yang bisa segera anda gunakan sebagai alat marketing aset dan promosi produk bisnis anda. Namun, ini berlaku jika anda datang pada jasa desain grafis yang memiliki lokasi fisik usaha.

Namun, jika anda menggunakan layanan desain grafis secara online, maka anda harus membawa file yang telah dibuat dan mencetak sendiri atau mencetak di tempat percetakan digital dan printing.

Untuk mengetahui pilihan jasa desain grafis online yang bisa memberikan kebutuhan desain kartu nama dan desain logo profesional, Anda dapat memperolehnya di Sribu.

Platform  Sribu merupakan perusahaan digital yang bergerak di bidang jasa untuk melayani kebutuhan logo & identity, branding, bisnis & marketing, desain kemasan & label, desain website & aplikasi, dan sebagainya. Dapatkan beragam layanan desain logo profesional hanya di  Sribu.

Semoga ulasan ini bermanfaat ya my blog readers. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.