Home / Bisnis / Cara Mudah Memasang Live Chat Support di WordPress
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia

Cara Mudah Memasang Live Chat Support di WordPress

PERUSAHAAN berskala besar biasanya mempunyai website yang korporat, pada umumnya pasti sudah memiliki fitur live chat guna berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggannya. Kabar baiknya, fitur tersebut juga bisa dipasang dengan mudah di website WordPress yang Anda miliki. Dalam pembahasan kali ini, kami akan mengulas tiap langkah bagaimana cara memasang live chat di WordPress dengan memakai plugin WP Live Chat Support.

Daftar Isi Artikel

  • Apa yang Anda Butuhkan?
  • Cara Membuat Fitur Live Chat di WordPress dengan 4 Langkah Mudah
    • Langkah 1: Cara Konfigurasi Plugin WP Live Chat Support
    • Langkah 2: Atur Live Chat Box
    • Langkah 3: Pantau dan Balas Pesan Live Chat
    • Langkah 4: Cek History Live Chat
  • Kesimpulan

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum anda memulai langkah demi langkah pada tutorial ini pastikan bahwa Anda harus memiliki akses ke dashboard Admin WordPress

Cara Membuat Fitur Live Chat di WordPress dengan 4 Langkah Mudah

idwebhost

Pada kesempatan yang baik ini, kami akan memakai plugin WP Live Chat Support, salah satu dari plugin chat wordpress terbaik. Sebenarnya ada banyak pilihan plugin lain untuk fitur live chat di WordPress. Kami memilih memakai plugin ini dikarenakan mudah digunakan serta memiliki fitur lengkap.

Hal pertama yang Anda perlukan yaitu melakukan instalasi dan mengaktifkan plugin WP Live Chat Support. Untuk menginstal plugin tersebut, silakan anda masuk ke dashboard WordPress kemudian anda pilih menu Plugins > Add New lalu tuliskan WP Live Chat Support pada kolom pencarian.

Untuk mulai menginstal plugin diatas, Anda bisa membaca dan mengikuti tutorial dalam tautan berikut. Kemudian, silakan anda lanjutkan ke langkah-langkah berikutnya di bawah ini.

Langkah 1: Konfigurasi Plugin WP Live Chat Support

idwebhost

Setelah anda menginstal plugin WP Live Chat Support, silakan anda pilih menu Live Chat > Settings. Kemudian Anda akan langsung diarahkan ke tab General Settings.

Di bagian halaman ini Anda bisa mengaktifkan serta menonaktifkan fitur chat sesuai yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengaktifkan fitur supaya user wajib memasukkan nama serta alamat email sebelum memulai chatting.

Jika terdapat user yang mungkin sudah melakukan login ke member area website sebelum mereka membuka chat, Anda bisa melakukan konfigurasi plugin langsung sehingga mereka tidak perlu lagi untuk memasukkan nama atau email sebelum mereka memulai chatting. Melalui pengaturan tersebut, Anda juga bisa mengaktifkan live chat di perangkat mobile, merekam alamat IP, dan mengaktifkan notifikasi suara ketika ada pesan yang masuk.

Dapat merekam alamat IP

Secara default bawaan, plugin ini dapat merekam alamat IP. Akan tetapi Anda bisa menonaktifkannya jika anda ingin menjaga privasi pengguna. Anda juga bisa menghubungkan fitur live chat tersebut dengan Google Analytics.

Fitur ini hanya bisa berfungsi jika website Anda sudah terpasang Google Analytics. Bagi Anda yang ingin buat web dan memerlukan data pengguna pada live chat di website, anda bisa mendapatkan data itu dengan cara mengintegrasikannya dengan Google Analytics sehingga memberikan bermanfaat banyak untuk anda.

Langkah 2: Atur Live Chat Box

Mengenai masalah pengalaman penggunaan plugin Live chat support, WP Live Chat Support memungkinkan bagi Anda untuk mengubah tampilan yang ada. Silakan anda pilih menu Live Chat > Settings kemudian anda pilih tab Chat Box.

Anda juga bisa mengatur posisi chat box. Meskipun demikian, kami merekomendasikan untuk menggunakan posisi default di sebelah kanan bawah pada website. fitur lainnya yaitu Terdapat pilihan pop up otomatis, Anda bisa mengaktifkannya dengan mencentang pada bagian Auto Pop-up.

Bisa menampilkan nama dan avatar user

Jika website anda ingin terlihat profesional, Anda juga bisa menampilkan nama serta avatar yang nantinya bisa dilihat oleh pengunjung yang melakukan chatting dengan Anda. Hal ini bersifat optional, Anda bisa mengaktifkannya jika anda menginginkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kemudian pada Bagian Only show the chat window to users that are logged in berfungsi untuk menampilkan chat yang hanya untuk user yang sudah melakukan login.

Kami menyarankan supaya fitur chat diaktifkan hanya bagi pengunjung yang sudah login. Apabila ada pengunjung yang ingin berkomunikasi langsung melalui live chat, mereka diwajibkan harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah Anda menyelesaikan pengaturan pada tampilan, selanjutnya Anda bisa mengatur warna pada chatbox. Silakan anda pilih menu Settings > Styling.

idwebhost

Silakan anda tentukan tema warna live chat box sesuai dengan keinginan Anda. Untuk memeriksa perubahan pada tema live chat box, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara langsung mengakses website Anda.

Langkah 3: Pantau dan Balas Pesan Live Chat

Secara defaultnya, plugin WP Live Chat Support akan terpasang otomatis pada website setelah Anda mengaktifkannya. Ini artinya, Anda bisa langsung menerima pesan dari para pengunjung.

Setiap kali pengunjung anda mengirimkan pesan melalui chat, Anda akan mendengar suara notifikasi chat ketika dashboard live chat dibuka dan mengaktifkan fitur suara tersebut. Untuk membalas pesan, silakan anda klik menu Live Chat, kemudian pilih chat di daftar yang sesuai, kemudian anda klik tombol Open Chat.

Setelah itu akan langsung keluar halaman pop-up chat yang bisa Anda pakai untuk membalas chat pengunjung website Anda. Jika percakapan dengan pengunjung sudah selesai, silakan anda klik tombol End chat lalu halaman chatting akan tertutup otomatis.

Langkah 4: Cek History Live Chat

Fitur lain dari plugin WP Live Chat Support bisa memungkinkan bagi Anda untuk melihat history chatting. Silakan anda pilih tab History untuk mengaksesnya.

Plugin ini juga mempunyai fitur untuk mengecek pesan di live chat ketika ada user yang mengirimkan pesan tapi live chat Anda offline. Untuk mengeceknya silakan anda pilih menu Offline Messages.

Kesimpulan

Sebuah Fitur live chat pada website sering dianggap sepele atau sebagai fitur yang tidak diperlukan. Hal ini tentu berkaitan dengan anggapan tidak bisa atau sulitnya pemasangan serta pengelolaan. Kabar baiknya, hal tersebut tidak terjadi pada WordPress.

CMS WordPress memudahkan bagi para pengguna untuk melakukan pengaturan live chat di blog yang menggunakan CMS tersebut. Dengan Aktifnya fitur live chat ini bisa memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Ini adalah termasuk cara terbaik untuk melayani konsumen. Apalagi kalau kamu serius menggunakan jasa webhost untuk lebih memaksimalkan website WordPress mu. Pilihan pada paket WordPress Hosting di IDwebhostcom bisa menjadi solusi.

Karenanya, cara membuat live chat di WordPress dengan memanfaatkan plugin adalah pilihan paling mudah, lengkap dengan berbagai macam fitur lain yang sangat menguntungkan untuk kemajuan bisnis Anda. (*)

 

3 comments

  1. Wah wordpress semakin unggul ya… Memudahkan para penjual online untuk bisa berinteraksi dengan pelanggannya. Mantul kak…

    Pengen beralih ke wordpress deh kak. Nanti mau lihat panduan ini deh

  2. Bagus juga nih kalo bisa live chat, pembaca web jadi bisa komunikasi langsung. Jadi pengen juga nih pasang hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.