Cari Sop Kambing Enak di Batam? Ke Pak Kun Aja!

Nyammmmm

MENU olahan kambing sudah menjadi satu di antara deretan makanan favorit banyak orang. Tidak terkecuali bagi warga Batam.

Nah, bagi penggemar olahan kambing, khususnya sop kambing, kini sudah hadir tempat makan yang khusus menyediakan menu spesial tersebut.

Namanya adalah Sop Kambing Pak Kun, yang beralamat di Ruko
Greendland blok A No 11, Batam Center, Jl. Raja M Tahir, Tlk. Tering, Batam Kota. Tepatnya berada sederetan dengan Morning Bakery Greenland. Tempat kuliner ini dikelola oleh Pak Kun bersama putrinya Kak Susan.

Para blogger ditemani Mas Edi Sutrisno (samping kiri saya), penulis pariwisata paling wahid di Kepri.

Pada Sabtu (10/11/2018) malam, saya bersama dua teman dari Blogger Kepri (Kak Sarah dan Julie) diundang untuk menikmati sajian spesial Sop Kambing Pak Kun, yang baru buka 26 Oktober 2018 lalu.

Lokasinya sangat strategis karena mudah ditemukan. Areal parkir kendaraannya pun memadai.

Saat masuk ke dalam rukonya, saya merasa sangat nyaman. Desainnya modern dan bernuansa kuning yang menghangatkan. Perabotnya apik, serba kayu, dan tersusun rapi. Di dinding, menggantung beberapa poster bergambar sop kambing dan signature chicken yang menggiurkan.

Kak Susan dan Pak Kun. Foto by menixnews.com

Tak ingin menunggu lama, begitu duduk, kami langsung memesan sajian andalan Pak Kun yakni sop kambing dan signature chicken, lengkap dengan nasi putihnya ditambah tumisan taoge dan sambal.

Karena mengkhususkan diri pada menu sop kambing, memang tidak banyak menu yang bisa dipilih di sini. Menurut Kak Susan, pihaknya memang tidak menghadirkan banyak menu karena ingin fokus pada sop kambing.

Daftar Menu Sop Kambing Pak Kun. Foto by menixnews.com

“Jadi kami ingin orang datang ke sini memang makan sop kambing, bukan yang lain. Menu ayam tetap kami hadirkan sebagai pelengkap bagi tamu yang membawa anak-anak atau tamu yang kurang begitu suka kambing,”kata Kak Susan saat berbincang-bincang di meja kami.

Keistimewaan Sop Kambing Pak Kun

Jauh-jauh ke Sop Kambing Pak Kun, tentu saja ingin mendapatkan yang spesial dari masakan sop kambing di sini.

Di Batam, memang ada beberapa tempat makan yang menyajikan menu serupa. Namun, dari pengalaman bersantap di sini, Sop Kambing Pak Kun memiliki sederet keistimewaan:

1. Kaya sayuran dan tanpa MSG

Saat kali pertama menyeruput kuah sop kambing Pak Kun dari sendok pertama, saya merasa seperti tidak sedang makan di restoran, kafe, maupun warung, melainkan berada di rumah.

Sop Kambing Pak Kun

Rasa kuahnya segar, nikmat, dan tidak neg. Kaldunya berasa alami. Ada asin, manis, dan asamnya sedikit. Kuahnya tidak bening, melainkan agak kecoklatan. Potongan daging kambing lengkap dengan tulang sum-sumnya menyembul ke atas permukaan mangkok ditemani potongan kentang dan wartel.

Begitu disendok lebih dalam lagi, tampak remahan rempah-rempah dan sayur-sayuran.. Menurut Kak Susan, remahan itulah yang membuat kuah sop kambing tidak bening. Remahan itu bukan sembarang remahan melainkan berisi aneka sayuran dan rempah yang sudah dimasak menjadi sangat lembut. Remahan itu pula yang memberikan rasa segar dan tidak neg pada sop kambing.

Jadi, selain potongan sayur kentang dan wartel yang masih jelas bentuknya, saat mengolah sop, kambing direbus bersama banyak sayur seperti wartel, kentang, tomat, dan daun bawang serta rempah-rempah selama 5-6 jam. Daging dimasak dalam api kecil agar rempah terserap sampai ke dalam daging yang lembut.

Sop kambing, signature chicken, dan oseng tauge siap disantap. Foto by menixnews.comFoto by menixnews.com

Bahkan kata Kak Susan, komposisi sayur dan potongan kambingnya bisa dua kali lipat agar rasanya enak.

“Saya memang boros sayur saat masak sop ini. Saya bisa memakai sayuran dua kali lipat banyaknya dari berat kambingnya. Misalnya untuk 2 kg kambing, saya pakai wartel satu kg lebih. Kentang pun begitu. Belum tomat, daun bawang dan lainnya,”jelas Kak Susan.

Agar sop segar, satu hal yang harus dijaga adalah kesegaran daging kambingnya. “Kami hanya menggunakan daging kambing segar dan halal,”tambah Kak Susan.

2. Tidak berbau, tidak berminyak, dan tidak berlemak

Satu hal yang paling bikin malas orang makan olahan kambing adalah takut bau sehingga rasa dagingnya tidak enak. Bau dimaksud adalah bau prengus khas kambing. Bagi orang yang tidak pandai mengolah kambing, bau prengus itu bisa tetap menempel walaupun sudah menjadi masakan. Dan saya termasuk orang yang tidak pandai memasak kambing.

Selain itu, biasanya olahan kambing akan lebih berminyak dan berlemak. Dan, ternyata saat menyantap Sop Kambing Pak Kun, kekhawatiran itu lenyap. Saat dikunyah, dagingnya sangat lembut, tidak berbau, tidak berasa berminyak, dan tidak berasa berlemak.

Kak Susan dan sop kambingnya. Foto by menixnews.com

Kata Pak Kun, yang juga ikut berbincang menemani Kak Susan, karena potongan kambing dimasak dengan begitu banyak sayur, maka bau prengus itu hilang dengan sendirinya. Selain itu, sebelum kambing dimasak, lemaknya harus dibuang terlebih dahulu.

3. Harganya ramah kantong

Berapa Anda harus merogoh kantong untuk menikmati sop kambing berkualitas? Pengalaman saya, ya di atas Rp50.000 semangkok.

Di Sop Kambing Pak Kun ternyata tidak sampai segitu. Saat ini harganya dibandrol hanya Rp33.500 dan gratis teh O alias teh manis panas.

Bahkan, untuk tamu yang menghabiskan minimal Rp100 ribu di sini, akan diberikan voucher Rp25 ribu yang bisa digunakan untuk makan selanjutnya.

Signature chicken. Foto by menixnews.com

Sebagai pelengkap, tentu saja disediakan signature chicken yakni potongan daging ayam yang digoreng krispi. Kemudian, di atasya dibaluri saus asam manis dan ditaburi biji wijen. Rasanya gurih dan nikmat.

Aneka minuman juga tersedia di sini. Dan, minuman yang paling istimewa adalah kamquat yakni campuran perasan jeruk ditambah somboi jeruk. Ada pula teh tarik, teh o, teh obeng, dan lainnya.

Jika tidak sempat datang langsung untuk makan di tempat, sudah tersedia pesanan antar melalui ojek online, Gojek dan lain-lain dengan menelepon ke 081927100991. (sri murni)

——————————–

SOP KAMBING PAK KUN

Ruko Greendland blok A No 11, Batam Center, Jl. Raja M Tahir, Tlk. Tering, Batam Kota. Tepatnya berada sederetan dengan Morning Bakery Greenland.

Delivery: 08192710099

WA 085264097006

Jam Buka: Siang-Malam