City Hotel Batam yang Paling Asyik untuk Keluarga dan Kids Friendly

Beberapa waktu lalu saya telah membuat ulasan dan rekomendasi tiga resort di Batam yang paling cocok untuk family dan kids friendly. Kali ini, saya menulis ulasan serupa namun untuk hotel kota atau city hotel di Batam yang paling cocok untuk keluarga dan kinds friendly.

Baca: Tiga Resort di Batam yang Kids Friendly

Tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman saya menginap di beberapa hotel berbintang dan saya merangkumkan hanya ada dua city hotel yang paling saya rekomendasikan untuk kenyanyanan tinggal keluarga serta anak-anak atau crucils.

Perlu dicatat bahwa, belum semua city hotel berbintang yang saya pernah inapi. Beberapa yang belum adalah Aston Hotel, Harmoni Hotel, Pacific Hotel, Harris Batam Centre, dan Harmoni One.

Indikator yang saya gunakan sebagai dasar ulasan tulisan ini sangatlah sederhana yakni :
1. Kenyamanan kamar untuk satu keluarga (ayah, ibu, dan dua anak)
2. Ketersediaan kolam renang baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.
3. Ketersediaan kids club yang sangat dibutuhkan crucils untuk mengisi aktivitas selama menginap di city hotel.
4. Fasilitas penunjang lain yang dapat digunakan bersama-sama satu keluarga.

Urutan hotel satu sampai tiga yang saya uraikan pada tulisan ini adalah berdasarkan empat indikator di atas, dan mulai yang teratas adalah:

1. Radisson Hotel

Hotel bintang 4.5 ini menempati urutan teratas, karena memiliki fasilitas kids club dan kolam renang paling luas dan lengkap.

Saat menginap di hotel ini pada November 2018 lalu, kami mendapatkan kamar dengan nomor 934.

Golf race di Hotel Radisson Golf and Convention Centre. Photo by menixnews.

Dari sisi lokasi, letak hotel sangat strategies karena berada di dekat pusat perbelanjaan Kepri Mall. Meskipun terletak di kota, hotel ini memiliki pemandangan yang indah karena terdapat hamparan golf racing dan landscape taman yang tertata rapi.

Kamarnya cukup legah dengan tempat tidur twin. Cukup untuk saya, suami, serta duo crucils. Desain kamarnya standard hotel berbintang empat dengan desain perpaduan minimalis dan klasik.

Kamar superior 934 Hotel Radisson Golf and Convention Centre. Photo by menixnews.

Namun, kamar ini memiliki minus yakni berada tepat di bawah arena fitness centre yang ada di lantai 10. Akibatnya, aktivitas fitnes, apalagi angkat berat selalu mengagetkan saya dan anak-anak. Begitu ada barbel yang dihentakkan ke lantai, rasanya seperti ada suara ledakan di atas kepala.

Terlepas dari minusnya, hotel ini memang memiliki fasilitas kolam renang dan kids club sangat memuaskan.

Ada tiga kolam renang. Dua kolam outdoor berada di lantai dasar, diperuntukka untuk dewasa dan anak yang dipisah dan ada pula satu kolam renang indoor khusus dewasa berada di lantai 10.

Kolam renang di lantai dasar lebih luas dengan view alam yang menyegarkan. Sementara kolam renang di lantai 10 lebih sejuk karena indoor dan lebih private karena khusus untuk tamu menginap.

Bagi duo crucils, kolam renang di lantai dasar tentu saja menjadi tempat favorit mereka bermain air.

Di sebelah kolam renang lantai dasar, terdapat kids club baik outdoor maupun indoor. Kids club outdoor nya terdiri dari rumah bermain, ayunan, mini futsal dan basket.

Sementara kids clup indoor-nya terdiri dari rumah bermain, seluncuran, ayunan, educative game, areal menonton TV, areal menggambar dan pewarnai, PC untuk bermain game, serta ruang khusus untuk istirahat batita.

Desainnya sangat greenly dengan tema jungle. Wall paper dan pernak pernik mainan yang ada di areal indoor ini mendukung aktivitas anak bermain sambil belajar. Duo crucils sendiri sangat betah berada di sini, sampai-sampai tidak mau pulang.

Penjaga kids club-nya juga sangat ramah dan mudah bergaul dengan anak-anak sehingga mereka nyaman berada di sana.

Ulasan lengkap serta tarif hotel Radisson Hotel bisa dibaca di sini!

Pengalaman Menginap di Radisson Batam, Hotel Bintang 4.5 dengan Fasilitas WOW!

2. Ibis Style Hotel

Bagi saya dan keluarga, Ibis Style ini merupakan hotel yang cocok untuk liburan keluarga, termasuk saat weekend. Lokasinya juga tidak jauh dari rumah yakni berada di Jl. Yos Sudarso, Bengkong Laut, Bengkong, atau tepat berada di depan Kodim 0316, jalan raya Batuampar.

Meskipun dari jalan raya hotel ini tampak biasa-biasa saja, tetapi ternyata di dalamnya memiliki fasilitas yang menyenangkan bagi para crucils alias anak-anak.

Kamarnya berdesain unik dan nyaman layaknya standar hotel bintang empat.

Kamar Superior Ibis Style Hotel Batam. Foto by menixnews.com

Masih berada di lantai dasar dan berada di sebelah restoran, terdapat dua kolam renang yakni satu untuk dewasa dan satu untuk anak-anak.

Kedua kolam ini ukurannya tidak terlalu besar, tetapi cukup nyaman untuk berenang dan bersenang-senang di kolam.

Pemandangan kolam renang dewasa dan anak dari rooftop Ibis Style Hotel Batam. Foto by menixnews.com

Pemandangan kolam renang dewasa dan anak dari rooftop Ibis Style Hotel Batam. Foto by menixnews.com

Kolam dewasa, bentuknya seperti labu atau angka delapan dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Sementara kolam anak, bentuknya bulat dengan diameter sekitar 10 meter.  Kolam outdoor ini memang sangat nyaman ketika digunakan saat pagi, sore dan malam hari.

Melengkapi fasilitas kolam, manajemen telah menyiapkan bebek-bebekan berukuran besar yang bisa dinaiki oleh anak-anak di atas kolam. Juga tersedia beberapa matras berisi udara atau air bed untuk bersantai di atas air.

Yang paling membuat para crucils excited adalah play ground yang ada di areal kolam renang. Play ground ini berbentuk kapal layar yang memiliki beberapa jenis rintangan di dalamnya yang melatih ketangkasan, seperti : terowongan, tangga-gangga, dan seluncuran.

Review lengkap tentang Ibis Style Batam dan tarif kamarnya dapat dibaca di sini!
Semoga ulasan ini bermanfaat dan selemat berlibur ya FAMILI INDONESIA! (sri murni)