Home / Hotel Reviews / Deretan Resort di Pesisir Barelang Batam yang Kudu Dicoba
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam
Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam

Deretan Resort di Pesisir Barelang Batam yang Kudu Dicoba

Gugusan pulau-pulau kecil yang dihubungkan enam Jembatan Barelang (Batam, Rempang, Galang) kini benar-benar menjadi destinasi utama wisata di Kota Batam.

Bagi warga lokal, kawasan Barelang menjadi destinasi utama untuk liburan akhir pekan. Bisa dibilang, Barelang ini sudah seperti Puncak yang menjadi destinasi utama wisata bagi warga Jakarta saat akhir pekan.

Sementara bagi pelancong, tidak lengkap rasanya jika menginjakkan kaki ke Batam tetapi tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Jembatan Barelang, minimal berfoto di Jembatan Satu Barelang.

Jembatan Satu Barelang
Jembatan Satu Barelang. Photo by menixnews.com

Melihat geliat wisata yang kian menggelora, pemerintah pun sudah membangun fasilitas jalan utama Trans Barelang menjadi lebih luas dan merapihkan bangunan-bangunan liar yang sebelumnya banyak berdiri di sisi kiri dan kanan jalan.

Sehingga, kini jalan-jalan ke Barelang terasa lebih nyaman dengan pemandangan yang lebih indah. Beberapa ruas jalan yang sebelumnya kerap macet di hari Sabtu dan Minggu, kini sudah lancar tanpa kemacetan.

Asyiknya lagi di pesisir Barelang ini, kini sudah banyak resort yang beroperasi dengan beragam fasilitas unggulan yang ditawarkan. Harganya pun cukup bervariasi.

Para wisatawan tinggal memilih sesuai dengan keinginan dan kondisi kantong masing-masing.

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang deretan resort yang sudah beroperasi di sepanjang Jalan Trans Barelang baik di sisi kanan maupun sisi kiri.

Deretan resort yang saya paparkan dimulai dari yang paling dekat sampai yang paling jauh.

1. Harris Resort Barelang

Barelang Harris Resort merupakan resort pertama yang akan kita jumpai begitu kita memasuki kawasan Barelang. Resort yang mulai beroperasi sejak 2017 lalu ini, terletak di sisi kanan Jembatan Satu Barelang (Jembatan Tengku Fisabilillah).

Harris Resort Barelang
Harris Resort Barelang. Photo by tripadvisor.

Desainnya modern tropis dengan pemandangan indah perpaduan birunya laut dan langit serta hijaunya pulau-pulau kecil yang ada di depan resort.

Ditambah lagi, ada pemandangan Jembatan Satu Barelang dari sisi kanan yang tampak cantik dan unik. Saat senja, paling indah dinikmati di sini seraya bersantai di tepi pantai yang putih, bersih, dan halus atau bermain ayunan di pantai.

Resort ini paling cocok untuk keluarga karena dilengkapi fasilitas tempat bermain anak-anak (kids club) dan kolam renang anak yang cukup luas dengan desain yang unik.

Ada tiga kolam renang yang bisa digunakan yang letaknya berbeda-beda. Satu kolam khusus untuk anak-anak dan dua kolam untuk anak dan dewasa.

Harris Resort Barelan
Harris Resort Barelang dengan tiga kolam renang. Photo by Batam Golf

Kolam renang khusus anak terletak di bagian tengah resort, berdekatan dengan kids club. Satu kolam renang anak dan dewasa, terletak di bawah kolam renang anak. Dan satu kolam renang lagi terletak di dekat pantai. Semua kolam renang di sini memiliki pemandangan langsung ke laut.

Dengan luas 10 hektare, resort ini menyediakan 173 kamar dengan kategori: kamar menghadap laut (sea view) sebanyak 68 kamar, swimming pool view (16 kamar), garden view (81 kamar), duite (6 kamar), dan villa (2 unit).

harris resort barelang batam
Dekorasi twin room 104 Garden View Harris Resort Barelang. Photo by menixnews.com

Di sini juga bisa menikmati beberapa olahraga seperti panahan, ATV, bersepeda, jogging, dan water sport di antaranya banana boat dan jetski.

Panahan di Harris Resort Barelang
Panahan di Harris Resort Barelang. Photo by menixnews.com

Lebih lengkap tetang ulasan Harris Resort Barelang bisa di baca di sini!

Short Holiday in Harris Resort Barelang Batam

2. Nipah Island Resort

Resort kedua adalah Nipah Island Resort yang terletak di Pulau Nipah, tepatnya sebelah kiri Jembatan Dua Barelang (Jembatan Nara Singa). Sebelumnya, resort ini bernama Golden Fish Resort.

Nipah Island Resort.
Nipah Island Resort. Photo by Danan Wahyu

Resort ini dibangun dengan orientasi utamanya adalah untuk keluarga. Sebab itu, kamar-kamar yang disediakan pun kebanyakan untuk keluarga. Beberapa tipe kamar keluarga yang bisa dipilih adalah: Family Superior dengan dua tempat tidur ukuran king. Luasnya 68 m2. Kedua adalah Grand Family Deluxe Room dengan luas 96 m2 dan menghadap laut. Dan terkhir adalah Family Suite dengan luas 96 m2.

Kamar family Nipah Island Resort.
Kamar family Nipah Island Resort, Barelang, Batam.

Selain itu, disediakan pula beberapa tipe kamar untuk non-keluarga yakni Standard Room (22 m2), Standard Double Room (22 m2), Standard Twin (22 m2), Deluxe Double Room (30 m2), Deluxe Twin Room (30 m2), Junior Suite Double (52 m2), dan Executive Suite Double (78 m2).

Beberapa keunggulan yang ditawarkan resort ini adalah adanya fasilitas mini zoo yang bisa menambah pengetahuan anak-anak yang dibawa ke sini. Ada pula kolam renang air asin yang dilengkapi dengan fasilitas mainan outdoor seperti seluncuran.

Kolam renang air asin Nipah Island Resort
Kolam renang air asin Nipah Island Resort, Barelang, Batam.
Kolam renang air asin Nipah Island Resort
Kolam renang air asin Nipah Island Resort, Barelang, Batam.

Keunggulan lainnya adalah adanya kapal mini pesiar dengan nama MV Sea View yang bida diikuti tamu untuk berkeliling perairan di sekitar Barelang. Di atas kapal yang berlayar kurang lebih tiga jam, selain bisa menikmati pemandangan sekitar Barelang, para pengunjung diajak menikmati pertunjukkan sulap dan sajian beragam makanan.

Kapal MV Sea View Nipah Island
Kapal MV Sea View Nipah Island Resort, Barelang, Batam.

3. SBS Beach & Resort

Jika resort pertama dan kedua berdesain modern tropis dengan bangunan beton, nah resort ketiga ini lebih bertema natural dengan bangunan yang terbuat dari kayu.

Namanya adalah SBS Beach and Resort yang berlokasi di Jembatan Lima Barelang (Jembatan Tuanku Tambusai). Tepatnya, sebelah kanan sebelum Jembatan Lima tersebut.

Resort ini sudah mulai beroperasi sejak 2012 lalu, namun namanya mulai terkenal beberapa tahun terakhir.

Teras belakang kamar di atas laut SBS Beach and Resort
Teras belakang kamar di atas laut SBS Beach and Resort. Photo: Tripadvisor

Dengan tema natural yang diusung, kamar-kamar yang dibangun berada di atas air. Tamu yang ingin menginap harus melewati pelantar kayu menuju ke kamar.

Menginap di sini, tentu saja memberikan pengalaman berbeda karena tidur dengan ditemani suara ombak laut yang berada di bawah kamar.

Jika merasa tidak nyaman bermalam di kamar yang ada di atas laut, kita bisa memilih menginap di glamping (tenda grlamor) yang letaknya di pinggir pantai.

Glamping dan tenda biasa di SBS Beach and Resort
Glamping dan tenda biasa di SBS Beach and Resort. Photo by tripadvisor.

Atau bisa pula memilih bermalam di tenda biasa agar dapat merasakan pengalaman kamping yang sesungguhnya.

SBS Beach and Resort.

SBS Beach and Resort. Photo by Zack

Areal kamping di SBS Beach and Resort
Areal kamping di SBS Beach and Resort. Photo: Modelux
Areal kamping di SBS Beach and Resort. Photo: Modelux

Semua fasilitas glamping dan tenda biasa telah disediakan oleh SBS Resort. Para tamu tinggal membawa badan dan perlengkapan pribadi.

Tarif untuk kamping biasa di sini tidak begitu mahal yakni Rp280.000 untuk dua orang yang sudah termasuk tiket masuk, tenda, dan penggunaan kamar mandi.

Tempat bersantai di SBS Beach and Resort
Tempat bersantai di SBS Beach and Resort. Photo: Tripadvisor

4. Glory Melur Beach and Resort

Resort terjauh saat ini yang ada di pesisir Barelang dan teranyar adalah Glory Melur Beach and Resort. Letaknya di sisi kanan setelah Jembatan Lima Barelang (Jembatan Tuanku Tambusai) dan tidak begitu jauh dari Kampung Vietnam, Galang.

Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam
Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam

Resort ini memang belum begitu terkenal seperti ketiga resort yang saya bahas sebelumnya. Namun, fasilitas dan kemolekan alam yang ditawarkan tidak kalah menarik.

Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam

Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.Dengan hamparan pantai putih yang halus dan air laut yang biru, tentu saja membuat betah para pengunjung di sini. Apalagi, sudah disediakan sea sport  yang bikin tidak jenuh, diantaranya adalah Banan Boat.

Pengunjung bisa bersantai menikmati pemandangan yang ada seraya mencoba beragam kuliner yang ditawarkan.

Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam
Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.

Untuk menginap, tamu bisa memilih tiga tipe penginapan yakni tenda glamping (Delmora Tent), Delmora Villa, dan Delmora Suite. Ketiga tipe ini memiliki standar kenyamanan layaknya hotel berbintang.

Tiga pilihan penginaman di Glory Melur Beach and Resort
Tiga pilihan penginaman di Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.

Letak ketiga tipe penginapan ini saling berdekatan dn tidak jauh dari pantai. Untuk tipe Delmora  Tent, memiliki satu tempat tidur besar lengkap dengan pendingin ruangan, TV, kamar mandi, sofa bed, meja kerja, dan compliment drink.

Tipe Delmora Tent di Glory Melur Beach
Tipe Delmora Tent di Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.
Tipe Delmora Tent di Glory Melur Beach and Resort
Tipe Delmora Tent di Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.

Sementara tipe villa, ruangannya lebih luas dari tipe glamping. Fasilitas di dalamnya tidak jauh berbeda. Namun, layar TV yang disediakan jauh lebih besar.

Tipe Delmora Villa di Glory Melur Beach and Resort
Tipe Delmora Villa di Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.
Tipe Delmora Villa di Glory Melur Beach and Resort
Tipe Delmora Villa di Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.

Dan, untuk tipe suite, kamarnya paling luas dibandingkan tipe sebelumnya. Terdapat satu set sofa tamu di dalamnya dan ukuran TV yang besar serta lemari pakaian.

Tipe Delmora Suit di Glory Melur Beach and Resort
Tipe Delmora Suit di Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.
Tipe Delmora Suit di Glory Melur Beach and Resort
Tipe Delmora Suit di Glory Melur Beach and Resort, Barelang, Batam.

Senangnya sekarang Batam makin ciamik dalam mengelola sumber keindahan alamnya dan menyajikannya menjadi destinasi wisata yang variatif.

Untuk menikmati kenyamanan di setiap resort yang ada, my blog readers bisa melakukan pemesanan kamarnya melalui Galang Bahari Indonesia sebagai penyelenggara wisata di Kota Batam. (sri murni)

Berikut adalah nomor yang dapat dihubungi:

Call: 0812 6711 1161
WA: +6281267111161

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.