Home / Inspirations / Deretan Restoran Keluarga yang Ramah Anak di Batam
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia

Deretan Restoran Keluarga yang Ramah Anak di Batam

MY BLOG READERS, apa pertimbangan kita yang memiliki batita (bayi di bawah lima tahun) ketika ingin mengajak keluarga makan di luar?

Yups benar sekali! Selain pertimbangan rasa masakan yang lezat, harga ramah di kantong, dan pastinya mencari restoran yang juga ramah anak.

Ramah anak maksudnya adalah tersedianya tempat bermain untuk anak-anak, sehingga katika kita  ingin bersantap dengan hikmat, anak-anak bisa bermain dengan nyaman.

Terbayang kan betapa repotnya punya anak yang sedang aktif-aktifnya, jangankan untuk makan dengan santai, duduk santai saja sulit. Sebab itu, mencari tempat makan yang dilengkapi dengan fasilitas bermain anak seperti mini play ground sangatlah penting.

Berdasarkan pengalaman saya yang punya toddler berusia tiga tahun, makan di restoran biasa tanpa ada fasilitas play ground sangat merepotkan, termasuk makan di mal.

Saya dan suami serta dua kakaknya musti bergantian makan karena harus menjadi si baby boy yang sibuk lari kesana-kemari. Bahkan lari ke luar restoran.

Nah, dalam tulisan kali ini, saya akan mengulas sejumlah tempat makan keluarga di Batam yang ramah anak karena dilengkapi dengan tempat bermain mini play ground.

1. KFC

Sebagai restoran cepat saji internasional, melengkpi restonya dengan play ground sepertinya sudah menjadi standart KFC di mana-mana.

Di Batam sendiri, rata-rata resto KFC yang memiliki luas yang cukup (terkecuali di outlet-outlet kecil), pasti memiliki play ground dengan kualitas baik.

Mini play ground di gerai KFC di Batam
Mini play ground di gerai KFC di Batam. Photo by menixnews.com

Di Batam, KFC memiliki puluhan resto yang tersebar di hampir semua kawasan keramain. Dan, tempat yang paling sering keluarga kami datangi adalah KFC Nagoya atau KFC Kampung Bule karena paling dekat dengan rumah. Letaknya di deretan Hotel Harmoni, Nagoya.

Di gerai KFC Nagoya, mini play ground-nya cukup luas dengan kualitas yang mumpuni. Ada seluncuran, monkey bar, dan lainnya. Lantainya juga empuk sehingga anak-anak aman main di sini sampai puas.

2. Mc Donald

Sama dengan standar yang diterapkan KFC, Mc Donald juga memiliki mini play ground di gerai-gerainya yang besar. Namun, dari pengalaman kami, mini play ground Mc Donald tidak seluas dan senyaman milik KFC.

Di Md Donald Nagoya misalnya, play ground-nya hanya memiliki satu mainan berukuran kecil. Mainan tersebut adalah satu set seluncuran.

Jika pengunjung sedang ramai dan anak-anak banyak yang bermain, maka play ground-nya cukup padat dan tidak jarang anak-anak jadi berebutan saat bermain.

3. Restoran Jepang Level Up

Selain resto jejaring internasional yang melengkapi tempat makannya dengan mini play ground, resto jejaring nasional juga melakukan hal yang sama.

Resto Jepang Level-Up Bengkong
Tampak depan Resto Jepang Level-Up Bengkong. Photo by menixnews.com

Restoran bercitarasa Jepang, Mie Ramen Level Up, misalnya. Resto di bawah naungan PT Jago Kuliner Indonesia ini melengkapi setiap restonya dengan mini play ground yang cukup nyaman untuk anak-anak bermain.

Walaupun play ground-nya sederhana, tetapi cukup luas untuk anak-anak bermain seraya orang tuanya menikmati kuliner ala Jepang yang mereka sajikan.

Mini play ground di  Resto Jepang Level-Up Bengkong
Mini play ground di Resto Jepang Level-Up Bengkong. Photo by menixnews.com

Di Batam, Level Up telah hadir di dua tempat yang di Bengkong yang mulai beroperasi sejak 2022 lalu dan di Tiban yang mulai buka sejak empat bulan lalu.

Resto Jepang Level-Up Bengkong
Nyantai bareng keluarga di Resto Jepang Level-Up Bengkong. Photo by menixnews.com

Harga di restoran ini cukup terjangkau. Dengan harga paket makanan Rp35.000 sudah mendapatkan ramen lengkap, goreng ayam atau udang, dan minuman teh dingin.

menu  di Resto Jepang Level-Up Bengkong
Beberapa menu yang kami pesan di Resto Jepang Level-Up Bengkong. Photo by menixnews.com

Untuk makan satu keluarga beranggotakan empat orang, budget Rp150.000 sudah mencukupi.

Asyiknya lagi, di sini disediakan kostum ala Jepng untuk berfoto bersama keluarga baik kimono anak maupun dewasa, untuk wanita maupun pria.

Berkostum dalam kimono Jepang di  Resto Jepang Level up
Berkostum dalam kimono Jepang di Resto Jepang Level-Up Bengkong. Resto ini menyediakan kostum tradisional Jepang gratis. Photo by menixnews.com

Jadi, seraya makan enak, bisa santai karena tidak terganggu si kecil, plus bisa foto keluarga ala-ala Jepang.

4. Resto Go Steak

Satu lagi resto jejaring nasional yang beroperasi di Batam dengan konsep family and kids friendly adalah Go Steak.

Resto Go Steak di Tiban
Tampak depan bangunan Resto Go Steak di Tiban, Batam. Photo by menixnews.com

Resto yang khusus menyediakan menu masakan barat-Indonesia (menu barat tetapi dimodifikasi dengan cita rasa Indonesia), menyediakan mini play ground yang hampir sama dengan Level-Up.

Ada dua cabang di Batam yakni Nagoya dan Tiban. Pengalaman kami bersantap di Go Steak Tiban, mini play ground berada di lantai dasar.

double chicken crispy steak di Go Steak Tiban
Menu double chicken crispy steak di Go Steak Tiban, Batam. Photo by menixnews.com
double chicken crispy steak
Menu double chicken crispy steak di Go Steak Tiban, Batam. Photo by menixnews.com

Pilihan menunya lumayan banyak dengan sajian utama adalah steak ayam dan daging. Jika ingin menyantapnya dengan nasi putih, resto juga menyediakannya.

chicken crispy steak dengan nasi putih di Go Steak Tiban
Menu chicken crispy steak dengan nasi putih di Go Steak Tiban, Batam. Photo by menixnews.com

5. Restoran Mie Meletup

Tidak mau kalah dengan restoran jejaring internasional dan nasional, pengusaha lokal Batam juga membuka restoran keluarga yang kids friendly alias ramah anak.

Namanya adalah Restoran Mie Meletup. Dikatakan mie meletup karena level kepedasannya yang bikin bibir ndower.

Kini, resto yang cabangnya udah tersebar di Batam dan Tanjungpinang kian popular karena tempatnya yang asyik untuk bersantap dan bersantai bareng keluarga.

Resto Mie Meletup, Bengkong
Beberapa menu di Resto Mie Meletup, Bengkong, Batam. Photo by menixnews.com

Makananya juga terbilang murah karena mulai dari Rp10.000 dan minumannya mulai dari Rp5.000. Mengantongi uang Rp100.000 sudah cukup untuk makan bersama keluarga dengan anggota 4-5 orang.

Mie Meletup level 3
Mie Meletup level 3 di Resto Mie Meletup, Bengkong Batam. Photo by menixnews.com

Jika ingin menikmati jalan-jalan dan ragam kuliner di Kepri tanpa ribet, bisa langsung menghubungi Galang Bahari Indonesia selaku penyelenggara wisata di Kepri. Langsung ke nomor:

Call: 0812 6711 1161
WA: +6281267111161
Selamat BERWISATA YA! (sri murni)

One comment

  1. Baru semalam dari Go Steak, cocok emang bawa anak2,dan harganya juga masih terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.