Home / Bisnis / Honda City Terbaru Makin Menawan, Bermesin Hybrid Ramah Lingkungan
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Honda City. Photo by autofun

Honda City Terbaru Makin Menawan, Bermesin Hybrid Ramah Lingkungan

Honda City. Photo by autofun

Meskipun kini minat terhadap mobil sedan tidak begitu tinggi karena digerus pasar mobil keluarga, namun pecintanya tetap akan eksis. Dan, produsen mobilnya pun tetap menyajikan produk-produk baru di tengah masyarakat dunia.

Salah satu produsen yang konsisten memproduksi sedan adalah Honda. Melalui produk popularnya Honda City, Honda kali pertama memproduksinya pada tahun 1981 dengan bentuk yang mungil. Generasi kedua diproduksi tahun 1986 dengan body yang lebih panjang. Untuk generasi ketiga diluncurkan pada 1996 dengan berbagi pembaruan yang membuat para pemakainya semakin nyaman.

Honda City generasi pertama
Honda City generasi pertama yang diluncurkan pada 1981. Photo by infomobilbekas

Honda City terus diperbarui dari generasi ke generasi baik dari sisi eksterior, interior, maupun kepasitas mesinnya. Dan yang terbaru adalah generasi ketujuh yang secara resmi diluncurkan di Thailand pada November 2019 lalu. Di Malaysia sudah diluncurkan pada Agustus 2020 lalu. Rencananya, generasi teranyar ini baru akan mengaspal di Indonesia tahun depan.

Untuk spesifikasi Honday City yang akan diluncurkan, dikabarkan hampir sama dengan yang ada di Malaysia. Kemungkinan Honda City terbaru ditawarkan dengan versi hibrida Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) yang cocok dengan mesin 1,5 liter.

Honda juga memberikan pilihan mesin yang ramah lingkungan yakni Hybrid i-MMD dengan mesin 1.5-liter LEB-H5 empat silinder Atkinson Cycle yang biasa dipasangkan motor listrik.

Honda City Sedan 2022 Tertangkap Kamera di Jalanan Jakarta, Pertanda Sebentar Lagi Launching 06

Mesin Hybrid i-MMD milik Honda

 

Kelebihan Honda City

Sejak diluncurkan generasi terbaru Honday City, mobil sedan ini memiliki dua varian yakni Honda City E MT dan Honda City E CVT.  Harga Honda City kisaran Rp337 juta sampai Rp356 juta.

Beberapa kelebihan utama varian terbaru ini diantaranya:

Eksterior Canggih dan Sporty

Tampilan sedan satu ini memang sporty dan canggih. Sproty-nya dapat dilihat dari keseluruhan bentuknya yang dinamis dan elegan tetapi berkesan tegas dan tajam. Bagian grille depannya lebar dan diberikan aksen chrome.

Untuk bagian samping, produsen mendesainnya dengan lekukan memanjang. Tampilan samping makin menawan dengan adanya door handle chrome. Sementara bagian belakangnya dilengkapi High Mount Stop lamp dan juga Shark Fin Antenna.

Untuk teknologi eksteriornya, produsennya sudah menggunakan teknologi LED untuk meningkatkan ketajaman daya lihat para pengendara. Teknologi LED disematkan pada bagian headlamp, fog lamp, dan Daytime Running Light (DRL).

Untuk memuaskan pecinta sedan, Honda City terbaru hadir dengan variasi warna yaitu White Orchid Pearl, Lunar Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, dan Nocturne Night Metallic.

Interior Mewah dan Modern

Mengimbangi eksteriornya yag hadir dengan kesan sproty, maka interior Honda City ini modern dan mewah. Kesan modern dan mewah dihadirkan melalui bahan berkualitas tinggi pada setiap bagian interiornya termasuk penggunaan Gun Metal Garnish yang terlihat mewah pada panel dashboarnya.Tempat duduk yang berkapasitas lima orang dilapisi dengan bahan yang berkualitas tinggi dan tebal. Bahkan demi kenyamanan penumpang, jok belakang dilengkapi dengan ventilasi  rear AC dan rear armrest dengan cup holder.

Pada bagian pengemudi, meter cluster-nya tampak modern dengan warna white illumination. Juga disiapkan LCD display yang menampilkan segala informasi saat berkendara yang sangat membantu pengemudi. Fitur Audio Steering Switch juga disiapkan bagian setir yang memudahkan pengemudi mengatur suara sound system mobil.

Untuk keselamatan, sedan ini pastinya memiliki fitur standar, seperti Vehicle Stability Control (VSC), pengereman ABS, EBD, BA, Wave Key, alarm system, auto lock door by speed, dan immobilizer. Yang tidak ketinggalan adalah Dual SRS Airbags di bagian kursi pengemudi dan penumpang barisan depan.Untuk keamanan penumpang anak-anak, sudah disiapkan fitur pengaturan kursi ISOFIX dan Tether. Secara keseluruhan rangka body sedan ini adalah versi G-CON dan ACE TM yang kokoh dan mampu meredam dampak benturan. Untuk keamanan penumpang anak-anak, pada mobil ini juga disematkan pengaturan kursi ISOFIX dan Tether.

Kemudahan pengemudi juga sangat diperhatikan. Karena itu, Honda City dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch yang terdapat di bagian setirnya. Dengan fitur ini, pengemudi dapat dengan mudah melakukan pengaturan audio dan fungsi berkendara lainnya.

Bagaimana para pecinta sedan? Tidak sabar menunggu varian terbaru Honda City kan? (sri murni)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.