Home / Bisnis / Ini Dia 8 Kiat Memilih Tempat Belanja Online
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia

Ini Dia 8 Kiat Memilih Tempat Belanja Online

Sumber gambar : unsplash.com

Ada banyak tempat belanja online yang bisa dipilih dengan produk dan juga pelayanan yang berbeda-beda. Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi membawa banyak perubahan dalam segi kehidupan manusia. Apapun aktivitas manusia sekarang jauh lebih mudah. Hanya dengan berbekal sebuah gawai, pekerjaan apapun bisa dilakukan secara online, tanpa terbatas ruang dan waktu. Termasuk berbelanja. Sehingga wajar saja jika saat ini, tempat belanja online menjadi yang terfavorit sebagai tujuan membeli beberapa kebutuhan.

Namun, ternyata memilih tempat untuk belanja online tidak mudah. Terlebih dengan semakin menjamurnya toko online di dunia maya, yang menjual beragam produk kebutuhan manusia. Bahkan tak jarang toko online tersebut memiliki produk yang sangat komplit, dengan harga dan kualitas tak jauh beda dengan toko offline.

Untuk itu maka perlu kiranya untuk bijak dalam memilih tempat untuk berbelanja online, agar aktivitas membeli barang kebutuhan ini, berujung pada kepuasan selaku konsumen.

Kiat Memilih Tempat Belanja Online

Ada hal-hal yang wajib diperhatikan ketika memutuskan, untuk membeli barang kebutuhan secara online. Pastinya bagaimana memilih tempat belanja online, yang membuat konsumen merasa aman dan nyaman.

  1. Terpercaya

Pastikan memilih tempat belanja online terpercaya, atau memiliki reputasi baik. Tentunya menjadi hal tak mudah dilakukan saat ini, di mana toko online sudah semakin bertebaran, yang masing-masing menjanjikan tersedianya barang berkualitas dengan harga terjangkau.

Maka penting sekali untuk mengecek reputasi sebuah toko online yang menjadi tujuan belanja tersebut secara jelas. Anda bisa mencari informasinya melalui situs berita, tentang rekomendasi tempat untuk belanja online terpercaya.

  1. Profesional

Demi memudahkan pembeli dan penjual bertemu dan melakukan jual beli, tempat belanja online biasanya menggunakan situs, untuk mempromosikan produk sekaligus bertransaksi. Toko online yang memiliki situs seperti ini, sudah bisa dipastikan profesional dalam pengelolaannya, sehingga pembeli dapat merasa nyaman ketika berbelanja.

Sebab situs ini akan menjelaskan tentang produk yang dijual, transparan dalam hal harga dan kualitas, jelas alur jual belinya, terarah sistem pembayarannya, serta terjamin dalam pengirimannya.

Sumber gambar : unsplash.com

 

  1. Pertimbangan Harga Barang

Mayoritas toko online menjual barang dengan harga yang cukup bersaing dengan toko offline. Banyak sekali ditemui tempat belanja online termurah, tapi dengan kualitas barang yang masih terjamin.

Maka meskipun harga barang murah, pembeli tak perlu ragu dengan kualitasnya. Jadi ketika berbelanja, pastikan juga untuk cek dan ricek harga dari beberapa took online, agar tetap mendapatkan barang berkualitas dengan harga terjangkau.

  1. Respon

Yang juga menjadi pertimbangan adalah, memeriksa kembali respon dari pihak penjual dan pembeli dari sebuah tempat berbelanja online. Periksa kembali apakah tempat tersebut memiliki admin atau customer service yang cepat respon, berperilaku baik kepada konsumen ataukah sebaliknya.

Cek pula review atau penilaian dari pembeli terhadap toko tersebut. Apakah pembeli selalu memberikan respon positif, serta bagaimana tingkat kepuasan pembeli setelah berbelanja.

Sumber gambar : unsplash.com

  1. Promo Menarik

Promo menarik seringkali menjadi solusi dari pihak pemilik toko online untuk menjual barangnya dengan cepat. Dan biasanya pembeli selalu tertarik dengan segala hal tentang promo seperti ini. Meskipun bukan menjadi hal mutlak ketika berbelanja, tak bisa dipungkiri banyak orang yang tertarik membeli barang, hanya karena tergiur dengan promo yang ditawarkan.

  1. Pembayaran Mudah

Berhubung transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli berlangsung secara online, maka hal penting yang wajib diperhatikan pula adalah, seberapa mudah sistem pembayaran yang disediakan oleh pihak toko online, untuk pembeli membayar barang yang dibelinya.

Berhubung saat ini semua hal bisa dilakukan hanya melalui gawai, maka alangkah baiknya jika memilih toko online yang menyediakan pembayaran lewat transfer bank atau dompet digital. Transaksi pun berjalan aman, karena pembayaran langsung tersampaikan kepada penjual. Penjual pun bisa segera mengirimkan produk pesanan pembeli.

  1. Ekspedisi

Jual beli yang terjadi secara online, membuat seorang pembeli membeli suatu produk di tempat yang jauh. Bisa dari luar kota, bahkan dari luar negeri. Sehingga otomatis toko online membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman barang, agar sampai ke tempat pembeli dengan selamat.

Maka penting bagi sebuah toko belanja online, untuk menyediakan pilihan ekspedisi pengiriman, yang bisa dipilih pembeli ketika bertransaksi. Ekspedisi yang tersedia haruslah terpercaya, memiliki syarat dan ketentuan secara jelas, agar pembeli dan penjual merasa sama-sama aman, dalam mempercayakan barang yang dikirimkan.

  1. Kebijakan Dan Peraturan

Toko online hendaknya juga memiliki kebijakan terkait transaksi jual beli. Seperti penggantian atau pengembalian barang jika diterima pembeli dalam kondisi rusak. Tentunya disertai dengan bukti yang akurat untuk membuktikan hal tersebut. Atau pembebasan biaya ongkos kirim, jika penjual mengirim barang yang ditukar akibat kerusakan.

Pihak toko online juga harus mempunyai peraturan yang jelas tentang hak dan kewajiban. Seperti pembeli yang harus membayar barang sebelum jangka waktu tertentu, serta dilarang komplain jika sudah menyetujui deskripsi barang pesanan dan memesannya. Penjual juga harus mengirim barangnya sebelum waktu yang ditetapkan, agar pembeli merasa nyaman berbelanja, dan penjual akan terjaga reputasinya.

Memilih tempat belanja online memang tak mudah. Terlebih dengan semakin banyaknya pilihan tempat belanja yang berlomba menyediakan fasilitas terbaik. Seperti ladara.id. Tempat belanja karya anak bangsa, yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari, sekaligus juga berfokus pada pengembangan UMKM.

Selain menyediakan berbagai produk, ladara.id juga sudah didukung dengan sistem pembayaran yang mudah, seperti dompet digital dan pembayaran transfer bank. Selain itu ladara.id juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak ekspedisi terpercaya, demi memastikan keamanan barang.

Apakah Anda tertarik untuk berbelanja online di ladara.id? Yuk, kunjungi situs belanja onlinenya sekarang juga. Dan rasakan kenyamanan berbelanja sekaligus dukungan membantu pengembangan UMKM hanya di ladara.id (*)

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.