Home / Bisnis / Jalan-Jalan ke Danau Toba Jadi Rutinitas Tahunan Keluarga Saya
Panorama Danau Toba

Jalan-Jalan ke Danau Toba Jadi Rutinitas Tahunan Keluarga Saya

Panorama Danau Toba. Foto by menixnews.com

DANAU TOBA menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat saya pulang kampung setiap tahunnya.

Setahun sekali saya dan my little family selalu mudik dari Batam ke Tebing Tinggi, Sumut, kota kecil yang jaraknya sekitar tiga jam dari Danau Toba.

Biasanya, selepas acara halal-bihalal di Lebaran pertama sampai ketiga, di hari keempat bersama keluarga besar, saya menyempatkan diri piknik ke Danau Toba. Rasanya memang ada sesuatu yang kurang jika pulang kampung tidak menginjakkan kaki ke salah satu danau vulkanik terbesar di dunia ini.

Walaupun setiap tahun tamasya ke sini, rasanya tidak pernah bosan. Pemandangan alamnya tetap tampak luar biasa bak sebuah lukisan. Panoramanya selalu membuat kangen. Apalagi udaranya yang sejuk, bikin adem hati dan pikiran.

Apa saja aktivitas kami saat piknik ke sini?

Pertama, pastinya berhenti di spot tinggi untuk melihat panorama Danau Toba dari kejauhan. Di sini tidak berlama-lama, paling 15 menit. Dalam waktu singkat itu, rasanya sudah cukup untuk menghirup udara segar dan menyegarkan mata dengan pemandangan alam yang ada.

Kedua, adalah duduk-duduk santai di pinggiran danau sambil menikmati cemilan yang sudah dipersiapkan dari rumah. Dan, makan makanan berat setelah tiga jam perjalanan. Namanya piknik keluarga, biasanya kami membawa perbekalan makanan yang cukup banyak mulai dari makanan utama (nasi lengkap dengan lauk-pauknya), cemilan dan buah-buahan. Bisa dikatakan, isi meja makan pindah ke Danau Toba. (hahahaha).

Karena sudah membawa makanan seabrek, sampai di sana kami hanya perlu menyewa tenda ataupun pondok-pondok yang ada di pinggir danau.

Ketiga, berenang. Ya, berenang di Danau Toba seperti ritual yang kudu dilakukan kalau kaki sudah sampai ke sini. Ya iyalah…. Sudah jauh-jauh perjalanan masa tidak nyebur, ya kan?

Untuk urusan berenang ini atau tepatnya disebut mandi danau, biasanya kami menyewa beberapa ban baik untuk dewasa maupun anak-anak. Saat berenang memang seru karena sambil bercanda gurau.

Memang patut disayangkan dengan adanya pencemaran air pada danau kebanggaan orang Sumut ini. Pencemaran air yang terjadi dikarenakan beberapa faktor utama yakni banyaknya keramba ikan, limbah rumah tangga dan buangan sampah wisatawan yang datang, transportasi di atas air, aktivitas industri, serta air sungai yang mengalir ke danau.

Untuk air bersih, Danau Toba harus diolah terlebih dahulu. Pengolahan air danau menjadi air bersih bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi penyaringan air atau biasa disebut ultra filtration water treatment.

Di sekitar danau, sudah ada dibangun penyaringan air tersebut di Tambun Raya. Dengan adanya fasilitas filter ini, tentu saja membantu masyarakat sekitar dalam ketersediaan air bersih. 

Keempat, berkeliling danau menggunakan feri. Naik feri, menjadi aktivitas menyenangkan terutama bagi duo crucils dan ponakan-ponakan saya yang masih kecil-kecil. Karena kampung saya adalah daratan dan tidak ada kapal, nah feri yang ada di Danau Toba merupakan salah satu sarana bagi mereka untuk menikmati bagaimana rasanya naik kapal.

Dengan kapal tersebut, kami pastinya mengunjungi Pulau Samosir yang sangat tersohor itu. Di pulau ini biasanya kami mengunjungi kuburan bersejarah bagi orang Batak dan belanja beberapa suvenir.

Anak-anak juga paling suka lihat atraksi mengejar koin yang dilakukan anak-anak Pulau Samosir. Mereka berenang di dalam air, kemudian anak-anak dari atas kapal maupun dermaga melemparkan koin-koin ke air. Lalu, koin-koin itu dikejar oleh para perenang cilik. Seru kan! (sri murni)

Baca juga tulisan traveling saya lainnya!

Seru-seruan Main Salju di Snow City Singapura

Cara Gampang dan Murah Jalan-jalan ke Thailand Bareng Keluarga

30 comments

  1. apakah ada tiket masuk untuk ke danau toba?

  2. Menyenangkan banget mba, piknik sambil memindahkan seisi meja makan. Santai sambil menikmati indahnya alam, dibelai lembut semilir angin.
    Destinasi wajib saat berkunjung ke Sumatera Utara nih, sayangnya belum sempat ke sana.

  3. Saya pernah ke Danau Toba juga. Sekalian ke Samosir. Asyik sih tempatnya, terutama saat di Samosir

  4. Danau toba emang bagus dan unik, kalo sudah pernah kesana pasti ingin datang lagi dan lagi

  5. Saya belum pernah ke Danau Toba.
    Tapi sering mendengar keindahan danau toba.

    Semoga pencemaran segera dapat teratasi ya bu.
    Sayang rasanya kalau danau seindah ini harus rusak 🙁

  6. Danau toba memang fenomenal, harus terus terjaga ya kakak.

  7. Danau Toba memiliki pesona yang luar biasa, baik untuk turis domestik atau international. Semoga terus terjaga dengan baik

  8. Danau Toba selalu mempesona, semoga tetap terjaga kondisi alamnya

  9. Dan aku belum kesampaian juga ke Danau Toba. Kayaknya seru banget ya piknik di tepian Danau Toba sambil mindahin seisi meja makan hehehe

    • Eh Mbak Dian belum ke sana ya… mainnya ke Lampung mulu and Jawa ni… hehehe… iya kebayang kan serunya piknik bawa isi meja makan…

  10. Destinasi yang belum pernah kesampaian buat dikunjungi.

  11. wah danau toba, kunjungan terakhir ke medan belum sempat ke danau ini

    pengen banget menjelajahi tempat ini, dan juga pulau samosir yang berada ditengah pulau nya

  12. Aku sudah pernah ke danau toba, dan kalo disuru kesana lagi aku mau!

  13. Wow, danau toba. Keren banget, dan emang salah satu kekayaan Indonesia banget nih danau!

  14. Asyik juga ya berenang di Danau Toba, baru tahu lho kalau di sana juga bisa berenang .. 😀

  15. Duh asik banget ya nih warga Sumut pulang kampung sekalian liburan di Danau Toba, semoga aku juga segera bisa main ke Danau Toba nih mba hehe

  16. Danau Toba emang warisan kekayaan alam Indonesia yang harus dilestarikan terus! Jalan-jalan kesana juga dijamin puas dah pokoknya!

  17. Pernah 2 kali ke Danau Toba dan rasanya masih kurang pengen balik lagi kesana, keren banget emang Danau ini

  18. ke danau tobanya bayar berapa kak, untuk tiket masuknya. penasaran juga nak ke sana kapan-kapan. apalagi ke pulau samosirnya.

  19. danau toba ini luas banget dan dari pengalamanku setiap sisinya indah banget

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.