Cara Gampang ke Tanjung Balai Karimun dari Pelabuhan Sekupang dan Harbour Bay Batam

TANJUNGBALAI KARIMUN kini menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi warga Kepri maupun pelancong yang datang ke Kepri.

Transportasi ke Karimun juga kian mudah baik dari Batam maupun dari ibukota Kepri, Tanjungpinang. Pada tulisan kali ini, saya akan mengulas detail cara ke Karimun dari Batam, berdasarkan pengalaman saya dan Tim #JelajahKonektivitasHati.

Ada dua pelabuhan yang menyediakan kapal rute Batam-Karimun yakni Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) dan Pelabuhan Harbour Bay, Jodoh, Batuampar.

Bagi pelancong yang datang ke Batam via Bandara Internasional Hang Nadim, Pelabuhan Harbour Bay menjadi pilihan paling strategis. Letaknya sangat dekat dengan pusat kota Nagoya. Ke Harbour Bay hanya sekitar lima menit naik mobil maupun motor.

Karimun sendiri memiliki tiga pulau besar yakni Pulau Karimun, Pulau Kundur dan Pulau Sugi (Moro), dan sekitar 200 pulau kecil yang ada di sekitarnya.

1. Kapal dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS)

Karimun adalah satu di antara Kabupaten yang ada di Kepri dengan ibukota Tanjungbalai Karimun.  Letaknya di sebelah barat Batam. Untuk ke sana, bisa ditempuh dengan menumpang feri dari Pelabuhan Sekupang atau Terminal Feri Domestik Sekupang.

Jadwalnya setiap jam tersedia, dari pagi jam tujuh hingga sore jam lima. Lama perjalanan kurang lebih satu jam 15 menit. Dari Sekupang ke Karimun, waktu tempuhnya lebih cepat daripada dari Harbour Bay. Tiketnya pun lebih murah yakni Rp 95 ribu sekali jalan dan 135 ribu untuk PP termasuk boarding pass sebesar Rp10.000.

Supaya lebih murah, ada baiknya Anda membeli tike PP karena tiket bisa digunakan dalam waktu cukup lama.

PDS ini memang cukup jauh dari pusat kota, Nagoya. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit menggunakan mobil ataupun motor. Jika naik taksi, biayanya sekitar Rp100 ribu.

2. Kapal dari Pelabuhan Harbour Bay, Jodoh

koper

Pelabuhan Harbour Bay

Pilihan lain selain dari PDS adalah dari Pelabuhan Harbour Bay, Jodoh. Harga tiketnya sekali jalan memang lebih mahal yakni Rp120.000, sudah termasuk boarding pass. Sementara dari Karimun ke Harbour Bay Rp115.000 termasuk boarding pass. 

Harga tiket dari Harbour Bay memang mahal, tetapi pelabuhannya sangat dekat dengan pusat kota Nagoya, sehingga bayak dipilih oleh penumpang.

Ada beberapa operator yang menyediakan kapal tujuan Tanjungbalai Karimun, seperti Mikonata, Dumai Express, Dumai Line, Batam Jet, Oceana, dan lainnya.

Kapal Mikonata rute Batam-Tanjungbalai Karimun. Foto by menixnews.

Untuk jadwal, rute Batam-Tanjungbalai Karimun via Harbour Bay memang lebih sedikit ketimbang via PDS. Namun, kapal beroperasi dari pagi sampai sore hari yakni dari pukul 7,9,11,13,15,17 WIB.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. SELAMAT JALAN-JALAN!

Baca juga

Panduan Lengkap Wisata Tanjung Balai Karimun-a Half Day Tour on the Wood Bus

 

Berwisata ke Pulau Kundur Karimun, Napak Tilas Kampung Para Tokoh Kepri