Home / Inspirations / Kirim Paket ke Luar Negeri Pakai Post Indonesia Ternyata Gak Ribet dan Murah

Kirim Paket ke Luar Negeri Pakai Post Indonesia Ternyata Gak Ribet dan Murah

images

Ceritanya, seorang teman baik saya alias very best friend-lah akan melangsungkan pesta pernikan pertengahan Oktober 2016 atau tepatnya pekan depan di Canberra, Australia.

Karena alasan pekerjaan dan keluarga, saya tidak bisa menghadiri langsung pesta itu.

Saya pun pastinya ingin memberikan kado spesial yang saya kirimkan langsung dari Batam.

Setelah berfikir panjang, ide saya adalah memberikan katikatur dia dan calon suaminya. Karikatur itu kemudian saya print canvas berukuran 70×100 cm ditambah print A3 di kertas foto.

Kado ini saya harapkan bisa menjadi pajangan di rumah mereka. Setelah semua material kado sudah kelar, kemudian yang perlu dipikirkan adalah bagaimana mengirimkannya kesana.

Jujur saja, ini pengalaman saya pertama kirim barang ke luar negeri, khususnya Australia. Kalau dari Australia ke tanah air, dulu waktu kuliah di Canberra (2011-2012), sering saya lakukan .

Ada dua cara yang coba saya tempu untuk mengirimkan paket itu.

Pertama, menitip dengan teman yang akan ke Australia. Saya pun mencoba mencari informasi teman-teman itu dengan posting di group Facebook Bursa update. Ini group fb bagi WNI yang sedang atau pernah tinggal di Australia. Dari postingan itu, saya mendapat respon dari seorang teman yang pada akhir Oktober nanti akan ke Aussie. Ehhmmm kabar yang baik, tapi waktunya terlalu lama. Sebab, saya ingin kado itu sampai di tujuan pertengahan Oktober. Setidaknya di hari pernikahan.

Pilihan kedua, saya harus menggunakan jasa ekspedisi. Saya pun searching sana sini dan tanya sana sini juga. Akhirnya mendapat informasi pengiman ke LN pakai PT Post Indonesia lebih cepat dan murah plus tidak ribet. Saya pun membuktikannya.

1. Tidak ribet. Dibandingkan dengan ekspedisi swasta, jasa pengiriman plat merah ini memang tidak ribet. Sebelumnya saya sempat tanya ke ekspedisi lain (maaf gak etis sebutkan nama) dan mereka meminta persyaratan ada invoice barang yang dikirim. Lah namanya kado, invoice darimana? Tapi pakai Post, saya tidak diminta apa-apa. Cukup membawa barang dan uang.

2. Lebih murah. Ya, biaya pengiriman memang jadi pertimbangan. Dari hasil tanya-tanya ke ekspedisi lain, biaya yang harus saya keluarkan hampir Rp 1 juta (wow…. Mahalnya). Sementara pakai PT Post saya hanya dikenakan Rp 384 ribu.

3. 72 Jam Sampai. Berapa lama barang saya akan sampai ke tujuan? Petugas Kantor Pos mengatakan paket saya akan sampai dalam waktu 72 jam. Wow… Cepat juga ya…

4. Hanya ada dua. Cabang Kantor Pos di Batam yang bisa menerima kiriman paket ke luar negeri hanya ada dua yakni di Batam Centre dan Pelita (ada di belakang Plasa Telkom Pelita). Saya sempat coba ke Kantor Pos Bengkong, tapi ditolak karena mereka tidak bisa memerosesnya.

5. Kemasan aman. Karena paket saya berupa karikatur print out canvas dan kertas, saya mengemasnya dengan menggulung semuanya menjadi satu hingga diameter 5cm. Setelah itu saya bungkus plastik bening kemudian saya masukkan ke pipa PVC ringan yang berdiameter sama. Lalu, saya bungkus pakai kertas kado dan plastik hitam agar lebih aman. Untuk barang yang tidak panjang dan bisa dilipat, baiknya menggunakan kotak sepatu atau lainnya yang tidak berat. Paket saya sendiri beratnya hanya 8 ons.

Kemasan paket kiriman karikatur.
Kemasan paket kiriman karikatur.

6. Anda yang punya pengalaman kirim paket ke luar negeri, silakan berbagi dalam kolom comment di bawah tulisan ini agar siapapun yang membutuhkan referensi bisa membacanya. (Sri Murni)

38 comments

  1. Hmmmm…..mau ngirim apa ya hehehehe
    Btw…makasih infonya mbak….good share!

    • Hehehe kalau ada pengalaman pengiriman paket ke LN share juga ya Om…. Thanks loh sudah singgah

  2. Beberapa kali ngirim ke LN, selalu memakai jasa kantor pos. Selain gak ribet dan lebih murah, juga gampang di deteksi keberadaan barang kiriman melalui websitenya.

    • Terimakasih Fitri Zandra informasinya. Setidaknya meyakinkan orang lain yang ingin kirim paket ke luar negeri dan bingung pilih ekspedisinya.

  3. Pikiran saya juga dulu sangat mahal mengirim apa-apa dari indonesia pake layanan jasa pengiriman swasta maupun pos. Ternyata pos lebih murah ya!

  4. sama mbak, aku juga dimintain invoice, halah, tape deh, emangnya perusahaan, walau dibilang kado tetap aja ga boleh ngga ada invoice

  5. Tapi kok saya ngerasa sebaliknya ya waktu coba ngirim barang ke pulau lain pake jasa Kantor Pos? Padahal cuma beda provinsi aja..

  6. UmmuMishary Ayucinthyahadi

    Minggu lalu mau kirim baju dan jaket musim dingin ke Jepang dan tarifnya 350rb-an per 1000 gram nya. Berhubung ada 2 kilo jadi akhirnya tetap usaha nyari tebengan yang mau jalan kesono. Yang disono
    keberatan soalnya bayar 700rb-an ongkirnya doang.. 😆😆😆

  7. Mbak saya mau tanya, klo kita kirim LN pke pos, itu langsung diantarkan langsung ke alamat si penerima di LN? Saya baru akan memcoba kirim barang ke australia Sydney mbak.. Mohon info nya. Salam kenal.Thx 😊

  8. Kalo kirim berupa cairan bisa gak yaa pake pos? Mohon info nya soalnya sy mau kirim skincare ada berupa cairan(toner dn sabun)

  9. mohon infonya,aku jahit baju d Indonesia ,aku tinggal di Australia jumlah baju 20 biji,itu brp ya..? aku ty ke satu jasa pengirmn swasta /kg 1.250 ribu..mahaal…kal pos bgmn ya..?

  10. Muhammad Habibi

    Terima kasih infonya, kebetulan sy mau da pengiriman perdana ke LN…

  11. Lilik ariyanto

    Saya sedang mau kirim barang ke amerika berat 7kilo.saya tanya ke pos biayanya hampir 2juta tapi biaya yg menanggung org amerika nya.tapi gak taulah butuh invoice apa gak nya blm saya kirim.mungkin minggu ini saya akan kirimkan

    • Mas kalau ke AS, coba cari perbandingan kayak Fedex dan DHL, karena kan mereka banyak kirim barang ke sana. Siapa tahu bisa lebih murah mas… Kalau soal invoice itu wajib deh..

  12. Mas mohon infonya dong , saya baru mau kirim ke sidney kaos 1 lusin dan jumper 1 lusin . itu bagusnya pake. Ekspedisi apa yahh , slny msih bingung cari2 yg termurah dan gak ribet
    Baru mau perdana nih kirim ke sidney australia.

  13. Mas mau banyak nanya nih,, saya ada niat kirim ke Jepang(iwate) berupa baju, lilin aromatheraphy, multivitamin,, apakah di pos indonesia paket yang sudah kita packing akan di bongkar lagi? dan untuk perhitungannya jika saya kirim pake kardus dihitung perkilo atau pervolume? mau tanya detail nih sebelum saya memutuskan kirim, thanks before mas

    • Hi Mbak… Maaf ya baru Balas, soalnya mudik n jarang buka blog. Hehehe… Kl utk kirim baju baiknya gak usah di bungkus kardus besar krn akn diitung volume. Dibungkus aja dgn plastic kemudian kertas Coklat, dan bungkus plastic wrapping lagi. Boleh email ke menix.riyadi@gmail.com atau WA 085264558817

  14. Maaf sebelumnya, saya mau tanya nih. Untuk ngirim anggrek ke Aussie apa juga bisa ya?

    • Untuk tumbuhan kayaknya gak bisa deh Mas. Tapi cobalah tanya ke kantor pos, karena harus melalui pemeriksaan karentina di Indonesia dan di Singapura. Rasanya repot sekali. Dan sepengetahuan saya, tumbuhan sulit masuk ke Australia.

  15. Mau nanya mas, soalnya saya Coba online utk cek harga kirim melalui post Indonesia ke Great Britain/Inggris kok GA bisa ya? Di kolom online itu paling terakhir ditanya kode keamanan. Waduh mana saya tau.

    • Kl pengiriman Internasional memang disarankan langsung ke ktr Pos mas… Ktr Pos pusat yg ada di daerah masing2, soalnya kl cabang pun mrk gak tahu

  16. Kak, saya punya uang kuno malaysia ma thailand, ada yg minat kolektor uang d luar negeri. kalau kirim ke luar negeri bisa gak ya??

  17. Halloo kak… Klu ngirim barang dri Australia ke Indo.. bgusnya pake apa ya ?

  18. Halo kak, jadi aku punya shbt pena gitu di bbrp negara(Turkey, AS, Aussie, Ukraine), jadi kalau ngirim surat biasanaya tarifnya gimana dan berapa ya kak? Soalnya ada rencana mau ngirim surat, tapi ntar tarifnya kemahalan…Mohon sarannya kak…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.