Home / Inspirations / Mau Urus Passport di Imigrasi Batam? Jangan Pernah Lupakan Hal-Hal Ini
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Antrean pengurusan passport di Imigrasi Batam.

Mau Urus Passport di Imigrasi Batam? Jangan Pernah Lupakan Hal-Hal Ini

JIKA Anda berniat mengurus passport di Kantor Imigrasi Batam (letaknya di Batam Centre bersebelahan dengan Gedung Pemko Batam dan disebarang Gedung DPRD Batam), jangan lupakan hal-hal ini berdasarkan pengalaman suami saya yang mengurusnya pada Selasa (4/10/2016).

1. Siapkan berkas asli dan fotokopi rangkap 1: e-KTP (KTP siak atau jenis lain tidak diterima), KK, Akte lahir atau ijazah, putusan pengadilan bagi yang ganti nama, dan paspor lama bagi yang perpanjangan. Gak diperlukan lagi Surat rekomendasi dari tempat kerja. Jadi jangan capek-capek minta. Hehe…

2. Datang jam 7 pagi karena loket pendaftaran dibuka jam 7.30 wib agar bisa dapat barisan paling depan. Gak usah datang subuh-subuh seperti dulu karena sekarang ambil nomor antre sekaligus periksa berkas. Makanya pastikan berkas lengkap atau Anda akan bolak balik antre.

3. Pastikan Anda pakai sepatu dan kemeja atau kaus berkerah tanpa ada gambar dan tidak berwarna putih. Kalau Anda tidak memakai busana sesuai ketentuan, Anda tidak akan dibolehkan ikut antre alias harus pulang dulu ganti dandanan.

Persyaratan berbusana saat urus passport di Imigrasi Batam.
Persyaratan berbusana saat urus upassport di Imigrasi Batam.

4. Pastikan Anda sarapan sebelum antre karena antrean yang panjang dan berdiri bisa bikin mual ampe puyeng.

Antrean pengurusan passport di Imigrasi Batam.
Antrean pengurusan passport di Imigrasi Batam.

5. Setelah dandanan diterima, berkas diterima dan Anda mendapatkan nomor antrean nah sekarang bisa menunggu di ruang tunggu sampai nama Anda dipanggil.

6. Layanan pendaftaran berkas plus nomor antrean dibuka sampai pukul 10.00 Wib.

7. Jika sudah dipanggil, Anda tinggal mengikuti prosesnya mulai wawancara sampai pengambilan foto dan sidik jari

8. Setelah semua proses selesai Anda akan mendapatkan selembar bukti pengurusan paspor yg tertera biaya pengurusannya dan harus dibayarlah lewat bank. Bisa BNI, Mandiri, atau BRI. Untuk passport 48 halaman Rp355 ribu. Kalau yang 24 halaman lupa tanya biayanya. Hehe.

 

9. Pastikan Anda membayar uang pengurusan passport paling lambat 7hari dari hari Anda memasukkan berkas.

10. Kapanpassport nya jadi? Kata petugas Imigrasi sekitar empat hari setelah biaya pembuatan passport kita bayarkan.

11. Meski katanya sudah gak ada calo, ternyata para calo masih gentayangan disana. Dari cerita-cerita dengan calo disana, kalau mau diuruskan mereka bisa dengan tarif sekitar Rp500 ribu plus syaratnya harus lengkap. Kalau pakai KTP tembak, sekarang para calo tidak berani.

SEKIAN DAN HAPPY PASSPORT DAY!

20 comments

    • Redaksi MenixNews

      Iye mbak Sarah…. Semoga yang lain membaca so gak saat ke imigrasi penuh persiapan.

  1. Terima kasih infonya mbak…sangat membantu

  2. Mbak.. Mau nanya jd gk perlu subuh2 nungu antrian taruk brg seperti : botol,batu, helm ya .?

    • Hi Mbak Junita….. gak perlu mbak. Mbak kesana aja di jam buka dan bawa dokumen yang lengkap plus busana yang sesuai dengan yang saya tulis. semoga bermanfaat.

  3. Jd ktp siak ga bsa ya mbk? Ektp saya blum keluar juga ini. Puyeng jd nya. Apa2 jd terhambat

  4. Pengalaman kemarin, orang tetap antri subuh-subuh asal sewaktu petugas datang, helm-helm atau barang apapun yang ada di antrian harus sudah ada pemiliknya, kalo ngga, akan dibuang.

    Saya datang jam 7 udah ngga dapat antrian lagi di dalam gedung sekalipun lolos seleksi berkas di depan gerbang.

  5. kk sy mau buat pasport tpi ktp blom punya klo tembak bisa ka
    k pakai kk
    sy blom

  6. kk buat pasport tembak bisa

  7. Pake KTP Kampung bisa ??
    Apa perlu surat keterangan domisili ??

    Thx ..

  8. Kalau pake ktp kampung tp blm ektp bisa ga gan??

  9. Kalau dulu bberapa tahun yg lamu pki ktp tembak buat paspornya kemudian skrg udah ektp dan umur dipaspor itu gk sama mbak…apa adasolusinya biar bisa nikah dgn wna…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.