One Shot EduCity Fitness Challenge, Kompetisi Kekinian Para Pecinta Olahraga

Peserta WOD putri sedang mengangkat besi. Foto by menixnews.com

MINGGU (22/7/2018), menjadi pengalaman pertama saya menonton langsung even olahraga yang sedang nge-hits di kalangan para pecinta fitnes yakni workout of the day (WOD).

Kali ini ditaja oleh pusat pendidikan EduCity Johor Bahru, Malaysia dengan tema One Shot EduCity  Fitness Challenge,  bertempat di EduCity Sport Complex, Iskandar Puteri, Johor. Even dilangsungkan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (21 dan 22 Juli 2018).

WOD ini cukup sering digelar di banyak negara termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunai Darusalam. Di EduCity sendiri, even WOD ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan.

Pesertanya ada 36 tim dari Malaysia, Singapura, dan Brunai dengan rotal hadiah sekitar RM10.000 atau kurang lebih Rp36.500.000 (kurs Rp3.650). Hadiah tersebut diberikan oleh beberapa sponsor seperti  Iskandar Investment Berhad (IIB), Reebok, Scitec Nutrition, Aviron and Conceptz 2.

Satu tim terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan latar belakang bebas, yang penting pecinta olahraga dan siap mengikuti setiap tantangan yang diberikan.

Secara singkat saya gambarkan, WOD merupakan tantangan olahraga fitnes yang mencakup beberapa set latihan dalam waktu yang telah ditentukan. Waktunya sangat tergantung dari kategori yang dilipih.

Pada even ini, ada dua kategori yang dilombakan:

Pertama, Rx’d atau workout designed for skillful or experienced participant. Sesuai dengan namanya, Rx’d hanya bisa diikuti oleh peserta yang sudah mahir dan profesional. Untuk satu kali putaran, para peserta diberikan waktu 20 menit (babak penyisihan) dan 15 menit (final) dan harus menyelesaikan lima set latihan mulai dari sit up bersama, cycling, sampai angkat besi.

Peserta WOD putri dan putri sedang sit up bersama. Foto by menixnews.com

Kedua, Scaled yakni tantangan yang lebih mudah dengan peserta yang memiliki kemampuan menengah. Waktu yang diberikan sama dengan kategori Rx’d, namun beban dikurangai disesuaikan dengan kemanpuan para pemula.

Peserta WOD putri sedang mengangkat besi sementara peserta putra sedang cycling. Foto by menixnews.com

Semua tantangan harus dilakukan secara bergantian oleh masing-masing anggota tim, terkecuali sesi sit up yang wajib dilakukan secara bersama dengan kompak.

Komentar Pemenang

Pemenang kategori Rx’d dari Brunai Darusalam, Darren Chai (putra) dan Stephanie Liew. Foto by menixnews.com

Setelah melewati babak penyisihan dan final, keluar sebagai juara pertama kategori Rx’d adalah tim dari Brunai Darusalam yakni Darren Chai (putra) dan Stephanie Liew. Keduanya berusia 29 dan 21 tahun dengan latar belakang olahraga yang berbeda-beda. Darren adalah atlet bola basket sementara Stephanie adalah seorang atlet petenis meja.

Saat diajak berbincang, Darren dan Stephanie mengaku sudah sangat sering mengikuti even WOD, baik di negaranya maupun di luar negeri termasuk di Indonesia, tepatnya di Jakarta bulan lalu.

Bagi keduanya, WOD merupakan tantangan yang mengasyikkan dan bisa diikuti oleh pecinta olahraga apa saja, tidak harus yang hobi fitnes.

“WOD ini adalah olahraga normal dan bisa diikuti siapa saja selama mencintai olahraga dan mampu menerima tantangan,”kata Darren.

Karena WOD merupakan aktivitas olahraga biasa, dirinya pun mengaku tidak melakukan persiapan khusus. Yang penting adalah latihan fisik normal saja.

“Tidak ada persiapan khusus karena semuanya olahraga normal, yang penting stamina terjaga. Lagipula, jenis tantangannya baru diberitahu di hari pertama lomba, jadi memang tidak bisa melakukan persiapan spesial apapun,”tambah Stephanie.

Saat ditanya, sesi mana yang paling berat dari WOD ini, keduanya kompak menjawab set terakhir adalah yang terberat, yakni saat kombinasi gerakan angkat besi.

“Kelihatannya memang biasa dan tampak hanya satu gerakan, padahal itu dua gerakan dalam satu sesi. Sesi yang terakhir memang paling berat,”kata Darren.

Berikut nama-nama pemenang kedua kategori tersebut:

Foto bersama para pemenang dengan Mr Sugu Maran Kailasan, Chief Operating Officer EdyCity Iskandar Malaysia (tengah belakang) dan para peserta serta panitia. Foto by menixnews.com

1. RX’d

I : Darren Chai dan Stephanie Liew (Slow Burn, Hybrid Movement Gym, Brunai)

II: Aziz Mohamed dan Amira Ayob (Aggressively Average, Crossfit GN and Fuel Prime Gym, Malaysia)

III: Krys Lim Kang Yin dan Whitney Yeo (Team Rookie, Crossfit Hub Gym, Singapura)

2. Scaled

I: Siow Jian Yang and Megan Foo (Miow, FITREK Gym, Malaysia)

II: Raymond Deou and Emily Ooi (Grit Penang Kia, Grit Nation Subang Gym, Malaysia)

III: Javen Yeoh and Koay Jin May (Worth Every Donut, Malaysia)

Pemberian hadiah kepada para pemenang dilakukan oleh Mr Sugu Maran Kailasan, Chief Operating
Officer of EduCity Iskandar Malaysia Sdn Bhd, bersama Tuan Haji ‘On Jabbar@Jaafar,
Chief Executive Officer of SUKMA Johor 2020.

Catatan dari saya

Saya selalu antusias dan salut melihat orang-orang yang menjadikan olahraga sebagai profesi mereka. Selain itu juga selalu membuat saya iri, karena saya tidak pernah bisa olahraga seperti mereka.

Melihat mereka begitu semangat berolahraga, rasanya sangat ingin mengikuti jejak mereka. Apalagi melihat bodi-bodi mereka yang padat dan anti-lemak, rasanya keirian itu memuncak. Ah, semoga semangat untuk berolahraga tidak hanya membara tetapi juga terealisasi secepatnya.

Selamat para pemenang ya! (pemenangnya di atas ya, yang di bawah ini perlu ikut WOD terutama yang paling kanan dan dua dari kiri). (sri murni)

Pemenang dari Indonesia (kidding)

Baca juga tulisan saya lainnya tentang liburan di Malaysia!

Tips Hemat dan Cerdas Saat Backpacker-an Bawa Family ke Malaysia

#Rentak Selangor-6 : Belajar Seni dan Budaya dari Indigenous People Suku Mah Meri