Home / Bisnis / Reel Pancing Cocok Temani Suami Saat Family Time
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Ilustrasi memancing. (Shutterstock)

Reel Pancing Cocok Temani Suami Saat Family Time

MASIH masa pandemi COVID-19 sih ya, tapi kalau family time dengan piknik sekeluarga mancing ke laut atau kolam pemancingan rasanya masih aman nih ya? Kolam pemancingannya jangan cari yang terlalu ramai. Begitu juga dengan pantainya.

Kalau di Batam, banyak sekali tempat untuk memancing karena pulau kecil ini dikelilingi laut. Kalau kolam pemancingan memang jumlahnya sangat terbatas, tapi kalau laut, jangan ditanya. Cukup berkendara 15 menit dari rumah, sudah mendapati pantai dan bisa memancing sepuasnya di tepi laut.

Main ke pantai dan memancing memang menjadi hiburan paling menyenangkan bagi warga Batam, termasuk keluarga kecil kami. Biasanya nih, kalau sudah family time ke pantai, aktivitas yang selalu dilakukan adalah para crucils main pasir dan air laut di tepi pantai, si mama duduk bermalas-malasan di bawah pohon rindang atau pondok sambil mengawasi para crucils bermain, sementara si papa memancing.

Kadang memancing di tepi laut, tapi kadang memancing di jembatan. Sesekali pergi bersama teman-temannya menyewa pompong (sebutan warga lokal untuk sampan kayu bermesin) untuk memancing ke tengah laut.

Piknik sambil memancing memang asyik sih. Dapat refreshing, pulangnya juga bisa bawa ikan untuk dimasak. Atau ikannya justru bisa dibakar sembari santai di pantai. Family time-nya bisa makin seru loh!

Ayah, Pasti Seru Memancing Bersama Anak dan Rasakan 5 Manfaatnya |  BukaReview

Foto sebagai ilustrasi tulisan. (Shutterstock)

Ngomong-ngomong soal memancing, ternyata kudu punya alat memadai agar hasil pancingan juga memadai ya. Dan, salah satu alat yang kudu dimiliki adalah reel pancing atau disebut juga gulungan pancing. Fungsinya untuk menggulung dan menampung senar atau benang. Kalau tidak menggunakan reel pancing, terpaksa menggulung benangnya manual pakai tarik tangan, dan pastinya memakan waktu lama.

Nah, reel pancing ini juga banyak jenis dan keguaannya. Secara umum, kategorinya disesuaikan dengan lokasi dan teknik memancing yang akan digunakan.

Pertama, jika ingin memancing di laut dalam dengan target ikan-ikan besar, baiknya menggunakan reel pancing jenis real trolling yang dikhususkan untuk memancing dengan teknik trolling. Ini adalah teknik menyeret umpan dari atas kapal yang laju dengan kecepatan tertentu.

Kedua, jika ingin memancing di tempat biasa, maksudnya di kolam pemancingan atau di tepi laut, dan laut dangkal, bisa menggunakan reel pancing jenis spinning yang bisa digunakan dalam berbagai kondisi. Biasanya bagi para pemancing pemula, spinning reel ini paling banyak dipakai karena mudah dan murah.

Ketiga, jika ingin memancing dengan teknik casting, baiknya menggunakan casting reel yang memang dirancang khusus  untuk teknik casting. Teknik casting membutuhkan aktivitas melempar umpan terus menerus ke spot yang menjanjikan.

Soal merek dan harga reel pancing, tentu saja sangat banyak ragam dan variasinya yang bisa dibeli secara offline maupun online. Di blibli.com misalnya, tersedia banyak varian merek dan harga reel pancing. Beberapa merek yang sudah ternama di antaranya: Maguro, Kaizen, Daiwa, Ryobi Maturity, dan Golden Fish.

Reel pancing yang sedang didiskon besar-besaran di blibli.com

Harganya juga sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai satu jutaan rupiah. Soal tinggi rendahnya harga, sangat tergantung dengan jenis reel yang diinginkan. Di blibli.com juga sangat sering digelar promo reel pancing.

Jadi harganya bisa lebih murah dari tempat lain. Seperti saat ini, tersedia promo diskon 60 persen untuk produk 3T Debao DE150 Reel Gulungan Pancing Spinning. Dari harga normal Rp599 ribu, kini hanya Rp235 ribu.

Selain itu, tersedia pula pembayaran dengan cara cicilan tanpa bunga selama 12 bulan. Dengan begitu, sangat memudahkan calon pembeli yang ingin memiliki reel pancing impian namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli secara tunai. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.