Home / Hotel Reviews / Inilah Empat Resort di Batam yang Paling Asyik untuk Keluarga dan Kids Friendly
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Dino Kids Club Harris Resort Batam. Foto by menixnews.com

Inilah Empat Resort di Batam yang Paling Asyik untuk Keluarga dan Kids Friendly

Duo crucils saat menikmati suasana Harris Resort Batam.

MOMS and Dads…. Sudah lama ya saya tidak memberikan ulasan tentang wisata keluarga, khususnya destinasi Kota Batam.

Iya sih, beberapa bulan ini, tepatnya setelah my oldest lady (Azka) sekolah full day, waktu piknik memang terbatas.

Mama-papanya juga akhir-akhir ini punya kesibukan lain sehingga waktu untuk bersantai bersama keluarga hanya bisa dinikmati di akhir pekan dengan destinasi tamasyah yang gak jauh-jauh. Ya, paling sekitaran pantai dan kolam renang.

Di sela waktu piknik yang terbatas ini, saya tetap ingin berbagi info tentang tempat menginap paling asyik di Batam, khususnya  untuk resort.

Prinsipnya, semua resort di Batam asyik-asyik dan nyaman baik untuk single maupun keluarga. Namun, jika berbicara resort yang kids friendly, saya punya tiga rekomendasi paling OK.

Rekomendasi yang saya berikan berdasarkan satu indikator yakni ketersediaan kids club.

Keberadaan kids club ini, merunut saya sangat penting saat kita liburan bersama anak-anak. Kolam renang saja memang tidak cukup karena yang namanya anak-anak biasanya cepat bosan.

Begitu mereka bosan dengan kolam renang, larinya ke kids club karena di sana mereka bisa melakukan banyak hal, mulai dari yang fisik atau motorik, sampai koknitif yang mengasah daya pikir. Mereka juga bisa nyantai sambil menonton film anak-anak.

Kalau bicara fasilitas resort secara umum, rata-rata memiliki standard yang sama yakni adanya kolam renang dan sejumlah permainan outdoor dan indoor dengan view yang cantik-cantik.

Tapi untuk yang kids friendly dengan ketersediaan fasilitas kids club, sepengetahuan saya hanya ada tiga, yang masing-masing akan saya uraikan di sini.

 

1.Harris Resort Waterfront Batam

Resort pertama yang saya bahas berada di Marina City, Tanjungriau, Batam. Dari pusat Kota Batam, Nagoya maupun Batam Centre, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit naik mobil. Tapi kalau dari Bandara Hang Nadim, waktu tempuhnya hampir satu jam.

Resort ini, selain memiliki pemandangan yang indah terutama untuk pecinta sunset dengan view laut dan dermaga yacht, juga dilengkapi dengan aneka permainan yang kids friendly.

Pertama, pastinya ketersediaan kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Kolam renangnya memang paling besar se-Kota Batam.

Kedalaman kolamnya pun terbagi-bagi, ada yang untuk bayi dan balita, ada pula untuk anak-anak. Sedangkan untuk dewasa, kedalamannya mulai 1-2,8 meter. Bahkan kolam dewasa ini sering dijadikan tempat latihan nyelam.

This slideshow requires JavaScript.

Enaknya lagi, tersedia kolam yang beratap, sehingga jika ingin menikmati berenang bersama keluarga siang hari pun, bisa terhindar dari teriknya matahari.

Kedua, tersedia kids club yang bernama Dino Club. Kids club ini memiliki fasilitas indoor yang di dalamnya terdiri dari beragam permainan edukatif dan motorik.

This slideshow requires JavaScript.

Tersedia set seluncuran, aneka puzzle, balok susun, peralatan menggambar dan mewarnai, televisi, dan lainnya.

Ketiga, di luar ruangan, tersedia pula trambolin sebagai arena outdoor untuk aktivitas fisik anak-anak.

Fasilitas trambolin di areal Kolam renang Harris Resort Waterfront Batam.

2. Holiday Inn

Letak resort kedua ini satu komplek dengan Harris Resort di Marina City. Bisa dikatakan, mereka tetanggaan dengan jarak sekitar 300 meter satu dengan lainnya.

Di komplek wisata Marina City ini, memang hanya tersedia dua resort yakni Harris Resort dan Holiday Inn.

Untuk fasilitas, saya katakan hampir sama, hanya saja ukuran kolam renangnya berbeda dan desain resortnya juga memiliki konsep yang berbeda.

Holiday Inn lebih mengadopsi desain Mediterania sementara Harris Resort berkonsep minimalis.

Untuk fasilitas kolamnya, khusus anak-anak tersedia seluncuran air.

Untuk kids club di Holiday Inn, namanya Panda Kids Club. Untuk fasilitas kids clubnya hampir sama dengan Harris Resort. Namun, area permainan indoornya lebih luas. Ragam permainannya juga tidak jauh berbeda.

3. Montigo

Montigo Resort berlokasi di Nongsa. Posisinya antara barat dan timur jika dibandingkan dengan Harris Resort maupun Holiday Inn.

Namun, dari Bandara Hang Nadim, Montigo lebih dekat dengan jarak tempuh sekitar 20 menit.

Jika dari pusat kota Nagoya maupun Batam Centre, jarak tempunya sekitar satu jam.

Montigo Resort ini termasuk resort baru di Batam yang beroperasi kurang lebih setahunan.

Resort ini, selain punya pemandangan laut yang indah, juga mempunyai kolam renang outdoor dengan nuansa yang menakjubkan.

Kolam renang di Montigo Resort Batam. Foto by Cheekiemonkies

Selain itu, resort ini juga dilengkapi kids club yang unik dengan nama Tilo Kids Club.

Kids club ini bisa dinikmati anak-anak dengan usia minimal tiga tahun.

Berbagai permainan disediakan mulai dari boneka, permainan pasir, educative games, seni kerajinan,  dan lainnya.

Tilo Kids Club Montigo Resort Batam. Foto by: The Wacky Duo

Tidak hanya itu, kids club didesain layaknya rumah tradisional yang ada di Indonesia.

Desain kids club Montigo ini memang paling berbeda dari dua resort sebelumnya karena memang sangat bercirikan alam.

Rangka bangunannya terbuat dari bambu, sedangkan dinding dan atabnya daun pelepah kelapa.

Tilo Kids Club juga menyediakan ruangan bermain untuk beberapa bacaan serta menyediakan PS3 hingga X-Box.

Beragam mainan dan aktivitas anak yang atraktif tersebut, pastinya tidak akan membuat anak-anak bosan.

4. Harris Resort Barelang

Resort terbaru di kota Batam adalah Harris Resort Barelang. Kami menginap di sini pada 15-18 Desember 2019 lalu. Resort ini sangat lengkap untuk liburan keluarga dan pastinya tidak akan membuat crucils bosan berada di sana. Sebab, di sini tersedia tiga kolam renang. Satu khusus untuk anak-anak dan dua dewasa. Lokasi kolamnya pun sangat dekat dengan pantai. Selain itu, di samping kolam renang anak-anak, tersedia kids club indoor.

Di bagian paling atas, terdapat kolam anak yang desainnya sangat artistik. Kolam berkedalaman 0,5 meter ini berdekatan dengan indoor kids club dan outdoor play ground yang berbentuk kapal. Juga bersebelahan dengan arena air pancur sehingga anak-anak bisa puas bermain.

Outdoor play ground Harris Resort Barelang. Photo by menixnews.com

Kolam kedua adalah khusus untuk dewasa dengan kedalaman 1,3 meter. Desain kolamnya juga artistik dan melingkar-lingkar yang memberikan tantangan tersendiri bagi yang ingin berenang dan mengelilinginya.

Kolam ketiga berada di areal yang sangat dekat dengan pantai dan berada di depan Salt Rock Bar. Di kolam ini, terdapat kolam khusus anak-anak dan kolam dewasa dengan kedalam hanya sekitar satu meter.

Kolam khusus anak di depan Salt Rock Bar Harris Resort Barelang. Photo by menixnews.com

Dari masing-masing kolam, terbentang pemandangan pantai yang bersih dan laut yang biru. Rasanya memang tidak ingin cepat-cepat beranjak dari kolam-kolam tersebut. Bahkan, duo crucils sangat sulit diajak pulang hingga hampir senja.

Kolam dewasa di depan Salt Rock Bar Harris Resort Barelang. Photo by menixnews.com

Kids Club dan Pantai Bikin Malas Pulang

Sebagai resor, keberadaan arena permainan untuk anak-anak memang mutlak harus ada. Selain kolam renang tentunya. Nah, di Harris Resort Barelang ini, tersedia kids club yang bikin betah para crucils dan susah mengajak mereka pulang.

Kids Club Harris Resort Barelang. Photo by menixnews.com

Di dalam bangunan yang bersebelahan berdekatan dengan kolam renang anak tersebut, terdapat beragam permainan yang mamacu kemampuan fisik, kecerdasan koknitif, motorik, artistik, dan interpersonal anak seperti permainan seluncuran, mandi bola, mewarnai, menyusun balok, tenda bermain, dan banyak lagi.

Dengan ragam bermain dan belajar ini, anak-anak menjadi sangat betah. Apalagi, kids club juga dijaga dan diasuh oleh karyawan resor yang mengerti  jiwa anak-anak. Begitu masuk di ruang kids club ini, duo crucils seakan lupa waktu. Jika tidak dipaksa pulang dan kids club harus tutup, akan susah meninggalkan arena bermain dan belajar tersebut.

Paket Renang dan Outdoor Activity

Selain aktivitas anak-anak, tersedia pula 18 permainan outdoor baru yang sudah dirilis Harris Resort Barelang. Berikut adalah beragam aktivitas tersebut, termasuk paket untuk berenang bagi tamu umum yang tidak menginap di resor ini.

So Moms and Dads, asyik kan jika menginap di resort yang dilengkapi dengan kids club? Anak-anak nyaman dan kita-kita pun bisa santai menikmati pemandangan yang ada.

BTW, Moms and dads yang ingin liburan ke Batam atau ke tempat lain, please plan your trip dengan cermat sehingga liburan benar-benar mengasikkan tanpa kendala. (sri murni)

HAPPY HOLIDAY ALL FAMILY!

Baca juga reviews saya tentang resort dan hotel lainnya di sini!

Happynya Liburan di Turi Beach Resort Batam

Ibis Style Hotel, Tempat Kece Liburan Keluarga di Tengah Kota Batam

39 comments

  1. keren kali … bisa ajak 2 baby kesini nih … thank you kak rekomendasi resort di batam, yang cocok untuk wisata keluarga di batam … yeahhh

  2. No 3 saya belum pernah pergi. Nice info

    • Karna saya perhatikan yg no 3 ada settingan yang cukup menarik. Hanya dengar2nya untuk masuk ke dalam agak mahal ya mbak? Apa benar atau hanya isu?

      • Tarif resort nya memang lumayan mengoyak kantong sih ya… Tapi kalau da nginap kan bisa merasakan fslitas semuanya….

      • Kata marketingnya bisa ambil paket swimm and dine ajah. Harganya 300rb per orang. Jadi paketnya udah bs berenang and dapat voucher 250rb untuk makan di restaurnt plus bisa main di kids club. kamar untuk weekday kt ada promo 3,2jt net untuk 4 org di two bed room hill side pool villa. kalo weekend tergantung based on best available rate dan bisa diskon 20 persen.

  3. Putri pamelia

    Kalo ga nginap bisa ke kids club nya ga ya???? Mupeng yg di montigo

    • Hehehe…. fasilitas kids club dan kolam kalau Montigo khusus untuk tamu resort aje Mbak Putri…..

    • Kata marketingnya bisa ambil paket swimm and dine ajah. Harganya 300rb per orang. Jadi paketnya udah bs berenang and dapat voucher 250rb untuk makan di restaurnt plus bisa main di kids club. kamar untuk weekday kt ada promo 3,2jt net untuk 4 org di two bed room hill side pool villa. kalo weekend tergantung based on best available rate dan bisa diskon 20 persen.

  4. Belom kesampaian juga ke Montigo. Jauuuhhh

  5. Jike Hariyaningsih

    Wah, mb Menik memang is the best kalo soal rekomendasi gini. Thank you mb Menik.
    Kapan ke Montigo ajakin yaa 😀

  6. Sudah berapa hotel dan resort ya yang mb Menik samperin. hihihi.

  7. dari 3 hotel yang disebutkan.
    belum pernah nyicip satupun.
    kwkwkwkwkkwkwkkwkwk.

    baru tauu ternyata hotel-hotel ini ramah anak..
    kece ya.
    cocok utk staycation

  8. Dari ketiga resort itu, cuma montigo yang belum pernah dijajal. Siapa tahu ada undangan ke sana jangan lupa ajak ajak aku yaa kak menix hehehe

    • Kata marketingnya bisa ambil paket swimm and dine ajah. Harganya 300rb per orang. Jadi paketnya udah bs berenang and dapat voucher 250rb untuk makan di restaurnt plus bisa main di kids club.

    • Kata marketingnya bisa ambil paket swimm and dine ajah. Harganya 300rb per orang. Jadi paketnya udah bs berenang and dapat voucher 250rb untuk makan di restaurnt plus bisa main di kids club. kamar untuk weekday kt ada promo 3,2jt net untuk 4 org di two bed room hill side pool villa. kalo weekend tergantung based on best available rate dan bisa diskon 20 persen.

  9. kalau udah punya anak perlu ya referensi tempat piknik kaya gini , aku sering banget dapat pertanyaan resort yang bagus untuk keluarga apa? kalau bawa anak anak apa. beosk langsung aku kasih link ini aja

  10. wahhhh.. holiday inn ternyata sekece ini yah untuk anak-anak…

    thanks infonya bang…

  11. Sekarang saya sedang menginap di Harris Waterfront Marina loh hehe. Gak ada yg nanya. 😂

  12. Penasaran banget sama Montigo ituuuu, hihihi

    • Kata marketingnya bisa ambil paket swimm and dine ajah. Harganya 300rb per orang. Jadi paketnya udah bs berenang and dapat voucher 250rb untuk makan di restaurnt plus bisa main di kids club.

  13. kena biaya tambahan gak kak untuk masuk kids clubnya?

  14. Jadi makin pengen ke montigo… 😍😍😍😍

  15. dari 3 hotel cuma montigo aja yang belum di coba, next nyobain kesini deh

  16. Waah, mupeng aku mba jadi pingin nginap di tiga hotel itu.. hihihi.. Semoga ada rezeki ke Batam lagi buat ajak anak-anak.. Kalo yang Harris itu rate per malamnya berapa ya mba?

    • Hi mbak…. Sy doakan rezeki nya banyak…. Harris Resort ratenya tergantung hari mbak… 800-1 jutaanlah…. Ntar kl kesini kabari biar dibantu dpt rate spasial ya….

  17. Kalau sekelas resort gini, untuk setiap kolam renang pasti ada life guardnya kan ya mbak Menix.
    Catet ah. ^^

  18. infonya keren mba menix dan paling tertarik sama yang no 3 , semoga bisa kesana secepatnya

  19. Mencoba kamar Harris Resort dan Holiday inn udah pernah sih mbak ya, waktu ada acara dari tempat kerja, tapi gak pernah nginap.hiks..hiks

  20. TFS mbak, keren2 banget mbak buat ajak anak main nih..

  21. Wah Montigo kece banget. Belum pernah dapat kesempatan nginap di sana, bahkan sekedar masuk melihat suasananya 🙂

  22. Belum pernah ke Montigo.. Penasaran ama view kecehnya..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.