Rute Paling Dekat dari Batam ke Legoland dan Istana Hello Kitty Malaysia

LEGOLAND dan Istana Hello Kitty yang ada di Johor Bahru, Malaysia, menjadi destinasi wisata yang banyak digandrungi keluarga, baik dari lokal maupun turis luar, terutama jiran terdekat seperti Indonesia dan Singapura.

Legoland dan Istana Hello Kitty seolah menyihir banyak orang dan menjadi tempat yang kudu disinggahi saat pelesiran ke Malaysia.

Bagi yang ingin ke kedua tempat itu via Batam, sekarang tersedia rute transportasi paling dekat, gampang, dan lebih murah. Saya sendiri sudah mencoba rute baru tersebut.

Minggu (22/7/2018), saya bersama teman blogger dari Batam (Teh Lina, Mas Danan, dan Bang Uma) berangkat ke Johor guna memenuhi undangan relasi dari Johor untuk acara One Shot EduCity Fitness Challenge.

Karena acara utamanya berlangsung sore, kami pun menyempatkan diri singgah ke Legoland dan Istana Hello Kitty. Untuk menuju ke sana, kami mencoba rute baru yakni dari Harbour Bay ke Pelabuhan Puteri atau Puteri Harbour.

Pelabuhan Puteri ini memang kurang tenar ketimbang Stulang Laut yang sudah tersohor. Rute Harbour Bay ke Puteri Harbour juga baru dibuka beberapa bulan lalu.

Puteri Harbour, Johor, Malaysia. Foto by menixnews.com

Dari Batam, hanya ada satu operator yang melayani rute tersebut yaitu Oceana (satu group dengan Marine Hawk) via Harbour Bay. Untuk pelabuhan internasional lainnya belum tersedia.

Dari Harbour Bay, tersedia tiga jadwal pilihan yakni pukul 07.00, 13.00, dan 16.30. Sedangkan dari Puteri Harbour ada tiga pilihan juga yakni pukul 09.00, 14.40, dan 18.30. Jadi yang mau wisata satu hari penuh masih bisa pergi trip pertama dan pulang kapal terakhir.

Dengan memilih rute ini, ternyata banyak nilai plusnya:

1. Paling Dekat dengan Legoland dan Istana Hello Kitty

 

Di lokasi Legoland, Johor, Malaysia. Foto by Mas Danan

Bagi temen-temen yang ingin ke Legoland dan Istana Hello Kitty, via Putri Harbour ternyata rute yang paling dekat. Jarak tempuh antara Harbour Bay dengan Puteri Harbour juga lebih cepat yakni hanya 1,5 jam.

Sesampainya di Puteri Harbour, tersedia shuttle bus gratis bagi pemegang tiket Oceana atau Marine Hawk. Shuttle bus ini membawa penumpang langsung ke Legoland maupun ke terminal Larkin, jika hendak naik bus ke Kuala Lumpur, Malaka, atau kota lainnya di Malaysia.

Jadwal shuttle bus sekitar satu jam sekali dan disesuaikan dengan kedatangan kapal dari Batam. Begitu juga sebaliknya, tersedia shuttle bus gratis dari Legoland ke Puteri Harbour.

Supaya mendapatkan layanan gratis, kita kudu menunjukkan tiket kapal Oceana ya, kalau tidak punya tiket kapal nanti pasti diminta bayar sekitar 3-4 RM.

Untuk ke Istana Hello Kitty, bisa berjalan kaki karena tidak terlalu jauh dari pelabuhan. Lokasinya bersebelahan dengan Jen Hotel Puteri Harbour.

Di Istana Hello Kitty. Foto by Mas Danan

2. Tiket lebih murah dan fleksibel

Tiket kapal Oceana ke Putsri Harbour ini lebih murah dan fleksibel. Maksudnya tiket yang dibeli bisa dipakai kapan saja sampai 31 Desember. Tiketnya juga bisa digunakan via Puteri Harbour maupun pelabuhan Stulang Laut. Jadi kalau dari Batam, tujuannya bisa Puteri Harbour dan pulangnya bisa via Stulang Laut atau sebaliknya.

Harga tiket, untuk pulang pergi adalah Rp290 ribu di travel agen belum termasuk seaport tax Batam yang besarnya Rp70.000. Sementara jika beli langsung di konter Oceana di Harbour Bay harganya Rp390 ribu termasuk seaport tax Batam. Jadi kalau beli di agen bisa lebih hemat Rp30.000.

3. Seaport tax Puteri Harbour Lebih Murah

Jika seaport tax dari Batam sebesar Rp70.000 baik ke Putri Harbour maupun Stulang Laut, namun seaport tax dari Puteri Harbour tidaklah sama dibandingkan Stulang Laut.

Seaport tax dari Puteri Harbour lebih murah yakni RM16, sementara dari Stulang Laut RM20.

4. Kapal lebih lega
Penumpang Kapal tujuan Puteri Harbour memang tidak seramai Stulang Laut sehingga lebih lega. Pengalaman saya, saking leganya, saya bisa tidur berbaring di barisan bangku tengah baik pergi maupun pulangnya.  (sri murni)

HAPPY TRAVELING YA!