Home / My travelling / Sambut Tahun Baru di Malaysia-Singapura, Gak Mahal dan Memuaskan
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Malaysia-Singapura
Malaysia-Singapura. Photo by discoverholidaysbd

Sambut Tahun Baru di Malaysia-Singapura, Gak Mahal dan Memuaskan

Karena masa pelarangan jalan-jalan sudah semakin longgar ya, jadi para traveller bisa sumringah nih untuk menjelajah dunia lagi. Termasuk kita-kita yang pengin liburan ke luar negeri tapi gak punya waktu dan biaya terlalu banyak.

Nah, bagi yang ingin jalan-jalan ke luar negeri, bisa memilih dua Negeri Jiran terdekat kita yakni Singapura dan Malaysia. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi info sebuah paket wisata yang ciamik. Gak mahal tapi memuaskan.

Malaysia-Singapura
Malaysia-Singapura. Photo by discoverholidaysbd

Paket tersebut adalah jalan-jalan ke Singapura dan Malaysia selama tiga hari dua malam (3D1N) yang diselenggarakan PT Galang Bahari Indonesia.

Biaya paketnya adalah Rp2.750.000 per orang. Harga ini sudah termasuk transportasi laut dari Batam dan transportasi darat selama program, penginapan, makan, serta pemandu wisata.

So, kita tinggal mengantongi uang untuk belanja-belanja dan aktivitas lain di luar program wisata.

Dari jadwal yang dirilis penyelenggara tour, kita bisa tanggal, mulai 25 November 2022 ini sampai awal Januari 2023. Bisa pula memilih menghabiskan malam tahun baru dan hari perdana 2023 di Negeri Jiran tersebut.

Berikut adalah pilihan tanggal jalan-jalannya:

jadwal tour Singapura-Malaysia
Jadwal tour Singapura-Malaysia yang diselenggarakan PT Galang Bahari Indonesia.

Dimulai dari Batam

Setelah lihat jadwal di atas, bagaimana nih sudah memutuskan ingin ikut rombongan di tanggal yang mana? Mana saja okay sih, sama-sama asyik. Apalagi kalau bisa berangkat mendekati tahun baru dan menghabiskan malam tahun baru serta hari perdana 2023 di sana ya! Bisa dapat mengalaman yang berbeda pastinya.

Paket tour tiga hari dua malam ini dimulai dari Batam ya. Jadi para peserta berkumpul di Pelabuhan Internasional Batam Center pada pagi hari, selepas Sholat Subuh.

peta batam center-stulang laut johor
Peta pelayaran dari Pelabuhan Internasional Batam Center ke Pelabuhan Stulang Laut, Johor.

Kemudian berangkat dari Batam dengan menumpang kapal pertama tujuan Pelabuhan Stulang, Johor. Waktu tempuhnya kurang lebih dua jam.

Johor-Malaka

Setelah sampai Johor, rombongan akan dijemput dan langsung diajak ke Malaka. Perjalanan darat Johor-Malaka memakan waktu antara 2-3 jam tergantung kelancaran lalulintas.

Sesampainya di Malaka, akan berkeliling di Kota Tua Malaka, sebagai salah satu tujuan utama wisata di kota bersejarah ini.

Kota tua Malaka dengan pemandangan Gereja Tua. Photo by Galang Bahari.

Di sini kita bisa menikmati beberapa spot sejarah peninggalan kerajaan Malaka, Gereja Merah atau Church of St. Francis Xavier, A Famosa, Small alleys, dan lainnya.

Kita juga akan dibawa ke Jonker Street, salah satu tempat paling ramai di Malaka yang menyediakan beragam kuliner enak khas masyarakat tempatan maupun dari manca negara.

Menginap di Kuala Lumpur

Menjelang sore, rombongan akan bergerak ke Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Perjalanan daratnya tidak begitu lama, hanya kisaran 1-2 jam, tergantung kelancaran lalulintas.

Begitu sampai di Kuala Lumpur, rombongan akan langsung menuju Dataran Merdeka, sebagai salah satu ikonik pariwisata negeri tersebut.

Dataran Merdeka, Kuala Lumpur
Dataran Merdeka, Kuala Lumpur. Photo by tripadvisor.

Dataran Mereka atau Merdeka Square ini terletak di pusat kota dan salah satu kawasan bersejarah di Kualalumpur. Tempatnya dikelilingi bangunan-bangunan bersejarah dan masjid serta gedung-gedung tinggi, di antaranya berhadapan dengan Abdul Samad Building.

Di sekitar Dataran Merdeka juga terdapat KLCC Gallery, Perpustakaan, dan teater.

Dari Dataran Merdeka, rombongan langsung dibawa jalan-jalan ke Sungai Wang  Shopping Centre untuk belanja dan menikmati ragam kuliner di khas di sini.

Sungai Wang, Kuala Lumpur
Sungai Wang, Kuala Lumpur. Photo by Galang Bahari

Setelah lelah jalan-jalan seharian, kita akan check-in di salah satu hotel yang ada di pusat kota. Bagi yang ingin beristirahat, bisa langsung tidur. Bagi yang ingin menikmati suasana malam di Kuala Lumpur, juga tidak dilarang asalkan tahu batasan dan tetap menjaga kesehatan karena keesokan harinya akan padat dengan jadwal jalan-jalan.

Mengunjungi Spot-Spot Mainstream

Hari kedua tour akan dihabiskan dengan  mengunjungi tempat-tempat wisata paling mainstream dan pastinya terkenal di Kuala Lumpur.  Jika bertandang ke Negeri Malaysia tapi tidak datang ke tempat-tempat ini rasanya tidaklah sah.

Istana Negara

Setelah sarapan di hotel dan check-out, kita akan melihat Istana Negara yang terletak di Jalan Duta. Istana ini merupakan tempat tinggal Yang Dipertuan Agong Raja dan Permaisuri Malaysia. Kompleks istana memiliki luas 97,65 hektare dengan 22 kubah. Di sini, kita akan berkeliling sebentar dan berfoto.

Istana Negara Malaysia.
Gerbang Istana Negara Malaysia di Jalan Duta, Kuala Lumpur. Photo by Galang Bahari.

Menara Kembar Petronas

Selanjutnya, rombongan dibawa ke Menara Kembar Petronas yang sangat terkenal. Twin tower yang memiliki 88 lantai ini sempat menjadi menara tertinggi di dunia pada 1998—2004, sebelum dilampaui menara Taipei 101, Cina.

Menara Petronas Malaysia
Menara Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia, saat malam hari. Photo by Galang Bahari.

Batu Caves

Spot mainstream selanjutnya adalah Batu Caves atau gua batu yang terletak di Gombak, Selangor. Batu Caves merupakan gua yang terletak di atas bukit kapur yang kini dijadian kuil umat Hindu, tempat pemujaan Dewa Murugan.

Batu Cave, Malaysia
Batu Cave, Malaysia. Photo by road affair.

Untuk sampai ke dalam mulut gua, kita harus mendaki anak tangga yang berjumlah 272 buah. Di dalam gua, banyak tempat-tempat pemujaan dewa-dewi Hindu. Tempat ini juga  menjadi titik fokus festival Hindu Thaipusam di Malaysia.

Genting Highland

Destinasi mainstream selanjutnya adalah Genting Highland atau Dataran Tinggi Genting. Ini merupakan tempat wisata hiburan yang berada di atas puncak guning dengan ketinggian antara 1.800-2.000 di atas permukaan laut.

Genting Highland, Malaysia.
Genting Highland, Malaysia. Photo by paketwisataliburan.

Tempat yang dibangun 1965 oleh orang terkaya di Malaysia, Lim Goh Tong, seperti negeri di atas awan. Fasilitas wisata di sana terbilang lengkap mulai dari hotel, theme park indoor dan outdoor, rumah salju, teater, kasino, pusat perbelanjaan dan banyak lagi.

Jaraknya sekitar 45 menit dari pusat kota Kuala Lumpur. Untuk naik ke puncak Genting Highland bisa menggunakan bus maupun cable car atau kereta gantung berkapasitas enam orang.

Putra Jaya

Jika di pagi hari kita telah mengunjungi Istana Negara, tempat berdiamnya Raja dan Permaisuri Malaysia, siang harinya kita akan mengunjungi pusat pemerintahan Malaysia yakni Putra Jaya.

Sejak 1995, ketika Perdana Menteri Mahathir Mohamad masih memerintah, pusat pemerintahan Malaysia tidak lagi berada di Kuala Lumpur melainkan dipindahkan ke Putra Jaya, yang menjadi bagian dari wilayah Selangor.

Halaman Putra Jaya, Malaysia
Halaman Putra Jaya, Malaysia, Photo by Galang Bahari.

Dari laporan BBC 2021, Putra Jaya yang memiliki luas sekitar 46 km persegi ini sempat menjadi kota di Malaysia yang terhijau di dunia. Sebab, komplek ini memiliki aman kota seluas 200 hektare ini terdiri dari kolam, rawa-rawa, dan hutan.

Beragam habitat fauna hidup di taman ini diantaranya 1.800 spesies serangga, 16 jenis amfibi, 22 spesies reptil, dan 16 jenis mamalia. Tempat ini juga merupakan ekosistem yang tenang bagi kera, flamingo, berang-berang, babi hutan, dan musang.

Johor Bahru – Singapura

Setelah bertandang ke Putra Jaya, kita akan langsung menuju Johor Baharu dan bermalam di sana. Bagi rombongan yang berangkat pada tanggal 30 Desember, maka akan berkesempatan menghabiskan malam tahun baru dan sarapan hari pertama 2023 di Johor Baharu.

Lego Land dan Premium Outlet

Setelah sarapan di hotel dan check-out,  kita akan langsung menuju destinasi wisata yang paling popular di Johor Baharu yakni Lego Land dan Johor Premium Outlet.

Lego Land, Johor Baharu
Lego Land, Johor Baharu. Photo by menixnews.com

Di Lego Land, kita akan melihat bagaimana suasana pusat permainan Lego Land yang termasyur itu. Setelah selesai, kita akan langsung dibawa ke pusat perbelanjaan Johor Premium Outlet.

Setelah mampir di kedua destinasi tersebut, kita akan langsung menuju Singapura melalui pintu keluar Johor.

Marlion Park

Begitu sampai di Singapura, destinasi pertama yang dituju adalah Taman Singa Marlion atau Marlion Park. Rasanya kalau ke Singapura dan tidak singgah ke sini serta berfoto bersama Singa Putih ini, rasanya tidak sah ya!

Marlion Park, Singapura.
Marlion Park, Singapura. Photo by Galang Bahari.

Satu keunikan dari patung ini adalah kepala singa sementara tubuhnya bersisik dan berekor ikan. Dari cerita yang ada, patung yang diresmikan pada 1972 ini dirancang dengan menggabungkan nama negara (dilambangkan dengan kepala singa) dan mata pencaharian asli penduduk Singapura sebagai nelayan (dilambangkan dengan badan bersisik dan berekor ikan).

Seraya berfose di sini, kita juga bisa menikmati pemandangan danau yang cernih dan gedung-dung pencakar langit yang mengelilinginya.

Gardens by The Bay

Singapura memang negeri dengan luas wilayah yang sangat kecil, hanya 728,6 km persegi. Namun negeri ini sangat peduli dengan kehijauan lingkungan. Mereka pun membuat banyak taman-taman terbuka.

Gardens by the Bay, Singapura.
Salah satu sisi Gardens by the Bay, Singapura. Photo by Galang Bahari.

Salah satu yang terbaru adalah Gardens by The Bay, sebuah taman kota dengan luas sekitar 110 hektare. Taman ini ada di distrik Marina Bay di Central Region Singapura, berdekatan dengan Marina Reservoir.

Taman ini terbagi menjadi tiga yang semuanya mengarah ke tepian laut yakni Bay South Garden, Bay East Garden dan Bay Central Garden.

Jewel Changi

Destinasi selanjutnya adalah yang terbaru dan paling fenomenal di Singapura. Dengan kecerdasan dan kecanggihan teknologi, mereka berhasil membuat air terjun warna warni setinggi 40 meter lengkap dengan hutan tropis yang luas.

ewel Changi
Jewel Changi. Photo by assets.hardwarezone

Berada di Jewel Changi memang serasa berada di tengah hutan tropis dengan air terjun yang ciamik. Padahal sebenarnya kita berada di area terminal keberangkatan Bandara Changi. Sejak dibuka 2019 lalu, setiap hari, destinasi ini ramai dikunjungi wisatawan manca negara.

Sentosa Island

Sentosa Island adalah destinasi wisata paling legendaris di Singapura. Pulau yang dirancang khusus untuk pariwisata dan mulai dibuka 1975 ini, memiliki beragam atraksi wisata mulai dari alam, budaya, theme park, resort, kebun binatang, kasino, pusat perbelanjaan, dan yang tidak ketinggalan adalah Universal Studio.

Universal Studio, Sentosa Island
Universal Studio, Sentosa Island

Sentosa Island menjadi destinasi penutup pada acara jalan-jalan kita ini. Setelah mengunjungi Pulau Sentosa, kita akan langsung kembali ke Batam melalui Pelabuhan Internasional Harbour Front, yang tidak jauh dari Sentosa Island, menuju Pelabuhan Internasional Batam Center.

Waktu tempuh tidaklah terlalu lama, sekitar 1-1,5 jam. Sesampainya di pelabuhan, tour pun berakhir dan kita bisa pulang ke rumah masing-masing.

Nah, bagaimana nih setelah membaca ulasan paket tour dua negara tersebut? Tertarik kan? Langsung saja pesan seat-nya ke Galang Bahari ya! (sri murni)

Call: 0812 6711 1161
WA: +6281267111161
Malaysia dan Singapura
Paket wisata 3 hari 2 malam ke Malaysia dan Singapura.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.